×
×

Search in Mata Mata Musik

Kanye West Rilis ‘Wash Us in the Blood’, Single Barunya Fitur Travis Scott

Posted on: 07/1/20 at 6:30 am

Kanye West dan Travis Scott.
Kanye West dan Travis Scott.

Masa penantian telah usai, kini Kanye West telah kembali dengan musik baru. Bos Yeezy ini merilis ‘Wash Us in the Blood’, single pertama dari album mendatangnya yang secara tentatif berjudul God’s Country. Lagu ini menampilkan rapper Travis Scott dan di-mixing oleh produser musik legendaris Dr. Dre.

Baca juga: Kanye West Donasi Rp 28 Miliar Untuk Biaya Pendidikan Anak Mendiang George Floyd

‘Wash Us in the Blood’ adalah musik baru pertama yang telah dirilis Kanye West sejak dua album rap gospel tahun 2019-nya, Jesus Is King dan Jesus Is Born. Jelas, dia berpegang teguh pada janjinya tahun lalu untuk sepenuhnya berhenti membuat musik non-religi, karena judul lagu baru ini dan album mendatangnya berakar pada citra yang religius.

Dalam sebuah profil Kanye West dari majalah GQ awal tahun ini, sang reporter Will Welch menyaksikan musisi itu mengerjakan lagu ‘Wash Us in the Blood’ di studio dan menggambarkan lagu itu sebagai “mirip era (album) Yeezus” yang tentu saja masih bertahan. Lagu ini memiliki sound hip-hop industrial yang melekat dengannya yang jelas lebih rusuh dan agresif daripada musik tahun 2019-nya yang penuh perasaan dan album minimalis tahun 2018-nya yang introspektif, ye.

Dalam hal materi subyeknya, meskipun penuh dengan tema dan motif yang religius, dan tetap setia pada janji Kanye West sebelumnya untuk tidak berkata kasar dalam liriknya, lagu ini juga membahas topik penindasan ras kulit hitam, penahanan massal, dan perbudakan. Tampaknya ada juga sejumlah referensi mengenai perjuangan masa kini Kanye West dengan kesehatan mentalnya (“They don’t want me to be Kanye/ They don’t want Kanye to be Kanye/ They wanna sign a fake Kanye, they tryna sign a calm Ye”), yang telah sering dibicarakannya dalam beberapa tahun terakhir.

Video yang menemani single ini disutradarai oleh kolaborator langganan Kanye West, Arthur Jafa, yang juga merupakan orang pertama yang mengumumkan album God’s Country. Ini adalah karya visual yang kuat yang menampilkan cuplikan dari berbagai protes Black Lives Matter baru-baru ini dan cuplikan Saint Pablo Tour milik Kanye West sendiri. Ada juga klip singkat dari Ahmaud Arbery, tepat sebelum dia dibunuh oleh petugas polisi karena hanya sedang jogging di lingkungannya. Semuanya berakhir dengan video putri Kanye West, North West, saat dia menari di sesi latihan kelompok paduan suara Sunday Service ketika bagian chorus lagunya mengulangi kata-kata: “Rain, rain down on us/ Holy spirit, come down/ Holy spirit, come down/ We need you now“.

Baca juga: John Legend Sempat Nasihati Kanye West Karena Mendukung Donald Trump

Tonton dan dengarkan single terbaru Kanye West bersama Travis Scott ‘Wash Us in the Blood’ di bawah ini.

Sejauh ini, belum ada daftar lagu atau tanggal rilis untuk God’s Country, dan seperti semua peluncuran album Kanye West, tidak mungkin untuk memprediksi kapan album full-length itu akan benar-benar tiba dan bagaimana bentuknya nanti.

Kanye West belakangan ini juga sedang sangat sibuk di luar musik. Awal bulan ini, dia meluncurkan dana kuliah untuk putri dari George Floyd, seorang pria kulit hitam yang menjadi korban pembunuhan polisi rasis. Selain itu, Kanye West mengumumkan minggu lalu bahwa dia telah bekerja sama dengan brand pakaian Gap untuk menciptakan brand pakaian yang diproduksi secara massal yang harganya terjangkau. Dia sejak itu merayakan kemitraan fesyen baru itu dengan memasang mural raksasa di atas toko Gap di daerah kampung halamannya di Chicago, AS yang dulu sering dia kunjungi.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lil Nas X

    Lil Nas X Akhirnya Merilis "Montero", Sebuah Album Terapi Bagi Dirinya

    Foto: Rich Fury/Getty Images. Lil Nas X akhirnya merilis album full length debutnya yang telah lama diantisipasi, Montero. Tidak terasa album tersebut diril

    on Sep 18, 2021
    Drake

    Drake Akhirnya Merilis Album Baru "Certified Lover Boy" Setelah Tertun...

    Aubrey Drake Graham Aubrey Drake Graham atau yang lebih familiar dengan nama Drake akhirnya meluncurkan album barunya yang berjudul Certified Lover Boy di b

    on Sep 6, 2021
    Kanye West

    Kanye West Bilang Universal Music Merilis Album "Donda" Tanpa Izinnya

    Kanye West (Foto: Getty Images). Masih terdengar keras kabar dari Kanye West mengenai rilisan album terbarunya, Donda, yang dirilis secara digital. Album in

    on Aug 30, 2021
    Megan Thee Stallion

    Megan Thee Stallion Akhirnya Resmi Tampil Di Lagu Remix BTS 'Butter'

    Foto: Orin Fleurimont/Variety. Megan Thee Stallion akhirnya resmi akan tampil di versi remix dari lagu mega hit BTS, 'Butter'. Rencananya lagu tersebut akan

    on Aug 26, 2021