×
×

Search in Mata Mata Musik

Kardigan Kurt Cobain Laku Seharga Rp4,7M di Acara Lelang

Posted on: 10/28/19 at 12:33 pm

Kardigan berwarna hijau yang dipakai pentolan Nirvana, Kurt Cobain, dalam acara MTV Unplugged beberapa bulan sebelum kematiannya dilelang bersamaan dengan gitar Fender khusus miliknya.

Kardigan yang dikenakan oleh Kurt Cobain saat penampilan Nirvana di MTV Unplugged terjual seharga $334.000 atau sekitar Rp4,68 miliar di sebuah acara lelang pada akhir pekan kemarin.

Nominal tersebut menjadikannya sweater termahal yang pernah dilelang.

Baca Juga: American Music Awards Ungkap Daftar Nominasi 2019

Kardigan warna hijau zaitun berbahan mohair dan akrilik tersebut dijual di acara lelang memorabilia rock yang diselenggarakan oleh Julien’s Auctions pada 25-26 Oktober kemarin di Hard Rock Cafe New York.

Penyelenggara lelang menggambarkan kardigan tersebut sebagai “salah satu sweater paling terkenal dalam sejarah musik.”

Penampilan Nirvana di MTV Unplugged di New York direkam secara live di Sony Music Studios di hadapan sejumlah penonton, lima bulan sebelum Cobain meninggal karena bunuh diri pada 5 April 1994.

Album yang mendokumentasikan penampilan kecil-kecilan itu dirilis empat bulan setelah kematiannya.

Kardigan Kurt Cobain
Kardigan Kurt Cobain dipajang di Hard Rock Cafe New York. (Foto: Johannes Eisele/AFP via Getty Images)

Baca Juga: Queen & YouTube Rilis 3 Video Kompilasi Buatan Fans

Gitar Fender kustom yang dirakit pada tahun 1993 yang dimainkan Cobain dalam tur In Utero Nirvana juga terjual di acara lelang ini, senilai $340.000 atau Rp4,77 miliar.

Gitar berbodi warna pirus/toska dan dirancang untuk orang kidal itu sudah lama dipajang selama beberapa tahun di Rock and Roll Hall of Fame.

Pelelangan gitar itu disertai dengan surat yang ditulis tangan dan ditandatangani oleh istri Cobain, Courtney Love, yang menyatakan gitar itu adalah salah satu instrumen favorit Cobain.

Lebih dari 700 barang yang pernah dimiliki dan digunakan oleh bintang-bintang dunia termasuk Elvis Presley, The Beatles, Michael Jackson, Madonna, Queen, Bob Dylan dan Jimi Hendrix juga hadir dalam acara lelang ini.

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Gelora Saparua

    Gelora Saparua: Episentrum Sejarah Geliat Rock & Metal Indonesia

    Gelora Saparua. Sesuai namanya, Gelora adalah akronim dari Gelanggang Olahraga. Selain lapangan atletik dan taman sarana umum, salah satu tempat di dalam a

    on Jun 7, 2021
    King Gizzard & The Lizard Wizard

    King Gizzard & The Lizard Wizard Siap Rilis Album Ke-18, "Butterfly 30...

    King Gizzard & The Lizard Wizard (Foto: Jason Galea). King Gizzard & The Lizard Wizard. Yoi Australia punya nih. Setelah Tame Impala, gaya rock retr

    on May 12, 2021
    Kurt Cobain

    Kurt Cobain Diyakini Banyak Penggemar Dibunuh, FBI Rilis Berkasnya

    Biro Penyelidik Federal (FBI) merilis berkas 10 halaman berisi surat dari penggemar yang mendesak penyelidikan kasus kematian pentolan Nirvana, Kurt Cobain

    on May 9, 2021
    God Bless

    God Bless Ungkap Arti Rayakan 48 Tahun Karier Via Lagu 'Mulai Hari Ini...

    Tonggak awal bagi legenda hidup rock Indonesia God Bless dimulai pada tanggal 4 dan 5 Mei 1973. Pada 5 Mei, nama God Bless disepakati oleh para personelnya

    on May 5, 2021