×
×

Search in Mata Mata Musik

Karena Strategi Bundel Yang Cemerlang, Nav Raih No. 1 Chart Album Billboard 200

Posted on: 05/21/20 at 8:00 am

Nav.
Nav. (Foto: Lars Hagberg/Agence France-Presse).

Nav, seorang produser/rapper asal Kanada yang merupakan artis didikan The Weeknd, mungkin bukanlah rapper yang paling tenar atau keren. Eksistensinya terbilang medioker pada layanan streaming, bahkan lagu-lagu terbesarnya pun dikalahkan oleh artis lain yang lebih bersinar seperti DaBaby, Tekashi 6ix9ine dan Doja Cat.

Tetapi untuk kedua kalinya dalam hanya sedikit lebih dari setahun, Nav telah meraih posisi No. 1 di chart (tangga album) Billboard 200 melalui strategi bundel merchandise yang dieksekusi dengan cerdas dan berkat kecepatannya dalam merilis versi deluxe dari album full-length terbarunya yang menambahkan lebih banyak produk ke pasar.

Album terbaru Nav, Good Intentions, yang menggaet The Weeknd sebagai produser eksekutifnya, mencapai puncak chart dengan penjualan album yang setara dengan 135.000 unit di Amerika Serikat (AS), menurut Nielsen Music. Itu termasuk 85 juta streams, dari album aslinya dan juga versi deluxe bertajuk Brown Boy 2, sebuah mixtape yang ditambahkan ke dalam album beberapa hari kemudian – yang merupakan jumlah total streaming tertinggi ketiga untuk album apa pun minggu ini.

Total penjualan album Nav juga mencakup 73.000 kopi yang dikirimkan sebagai paket lengkap, hampir semuanya melalui promo penawaran yang mencakup kopian album beserta merchandise yang dijual di situs webnya. Menurut Billboard, Nav menawarkan 100 paket bundel semacam itu, bersama dengan 18 macam rilisan album fisik yang berbeda – enam CD, enam vinyl, dan enam kaset.

Di bawah aturan yang diadopsi oleh Billboard pada bulan Januari, untuk album yang dibundel dengan barang merchandise agar bisa diperhitungkan ke dalam chart, seorang artis harus menawarkan kepada fans merch itu dalam versi dengan dan tanpa musik, dan perbedaan harga di antara beberapa paket tersebut harus setidaknya US$ 3,49 (Rp 51 ribu). Salah satu t-shirt rilisan Nav, misalnya, berharga US$ 35 (Rp 514 ribu) dengan unduhan albumnya, atau US$ 31,50 (Rp 463 ribu) tanpa album.

Untuk peringkat chart album Billboard lainnya pada minggu ini, penyanyi R&B Kehlani debut di No. 2 dengan album It Was Good Until It Wasn’t, dan mixtape terbaru Drake, Dark Lane Demo Tapes, turun satu peringkat ke posisi No. 3 di minggu keduanya. My Turn oleh Lil Baby ada di posisi No. 4 dan rapper asal Chicago Lil Durk debut di No. 5 dengan Just Cause Y’all Waited 2. Album No. 1 minggu lalu yang telah mematahkan rekor pemuncak chart berturut-turut Drake selama sedekade terakhir, Here and Now oleh Kenny Chesney, jatuh ke No. 38.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Kanye West

    Kanye West Rilis Album Baru "Donda" Terinspirasi Dari Sang Ibunda

    Kanye West (Foto: Instagram/kanyewest). Kanye West mengkonfirmasi perilisan album barunya yang berjudul Donda, dalam iklan Beats by Dre yang ditayangkan saa

    on Jul 22, 2021
    Musisi Terkaya Tahun 2020

    40 Urutan Peringkat Musisi Terkaya Tahun 2020 Versi Billboard AS

    Billboard kembali dengan daftar tahunan Money Makers alias "Pencetak Uang" yang terdiri dari 40 artis musisi terkaya tahun 2020. Uang yang diraih dari berb

    on Jul 21, 2021
    50 Cent

    50 Cent Kabari Status Terbaru Perilisan Album "Street King Immortal"

    50 Cent (Foto: Dave Simpson/WireImage). 50 Cent memang sempat absen dari kancah musik sejak mengumumkan kebangkrutannya pada tahun 2015. Sebelumnya, pada ta

    on Jul 20, 2021
    Post Malone

    Post Malone Rilis Lagu Baru Yang Terinspirasi Dari Motley Crue

    Motley Crue (Foto: dok. Motley Crue) / Post Malone (Foto: Kevin Winter/Getty Images). Post Malone, telah dipastikan pada Jum'at ini, 9 Juli akan merilis lag

    on Jul 7, 2021