×
×

Search in Mata Mata Musik

Katalog Lagu Paul Simon dan Simon & Garfunkel Diakuisisi Sony Music

Posted on: 04/1/21 at 11:00 am

Katalog Lagu Paul Simon dan Simon & Garfunkel Diakuisisi Sony Music
Paul Simon. (Foto: Theo Wargo/Getty Images).

Trend penyanyi dan penulis lagu legendaris yang menjual hak penerbitan karya mereka masih berlanjut sejak beberapa bulan terakhir selama pandemi. Hari ini, giliran Paul Simon yang mengumumkan katalog musiknya yang dijual dan telah diakuisisi oleh Sony Music Publishing.

Baca juga: Usai Menjual Seluruh Katalog Musiknya, Bob Dylan Digugat Rp 100 Miliar

Sony mengatakan bahwa kesepakatan itu mencakup “koleksi lengkap” lagu klasik Simon selama lebih dari enam dekade. Dari eranya sebagai anggota Simon & Garfunkel, hingga kariernya sebagai artis solo.

Lagu-lagu yang diperoleh Sony termasuk hits sepanjang masa seperti ‘The Sound of Silence’, ‘Bridge Over Troubled Water’, ‘The Boxer’, ‘Mrs. Robinson’. Kemudian ‘Homeward Bound’, ‘I Am A Rock’, ‘Me and Julio Down by the Schoolyard’. Dan enggak ketinggalan ’50 Ways To Leave Your Lover’, ‘Still Crazy After All These Years’, ‘Graceland’, dan banyak lainnya.

Sony enggak mengungkapkan berapa jumlah nilai atau harga kesepakatan ini, tetapi tampaknya enggak bisa dihindari jika jumlahnya mencapai sembilan digit. Yoi, tajir-tajir gitu ye ‘kan.

Pengumuman itu datang hampir empat bulan setelah Bob Dylan menjual katalog musiknya ke perusahaan rival Sony, Universal Music Publishing. Dengan kesepakatan senilai antara US$ 300 juta dan US$ 400 juta. Dan tiga bulan setelah Neil Young menjual setengah dari katalog musiknya ke Hipgnosis Songs Fund. Dengan harga sekitar US$ 150 juta. Goks.

Sony Music Bangga Jadi Perwakilan Paul Simon

Paul Simon mengatakan, “Saya senang Sony Music Publishing menjadi penjaga lagu saya selama beberapa dekade mendatang. Saya memulai karier saya di Columbia Records/Sony Music dan rasanya seperti perpanjangan alami untuk bekerja dengan bagian Penerbitan juga”.

Jon Platt, Chairman & CEO, Sony Music Publishing mengatakan, “Paul Simon adalah penulis lagu yang sangat pakar, sekali seumur hidup yang karyanya yang luar biasa telah menghasilkan pengaruh yang bertahan lama pada budaya dan kesadaran kita”.

“Dari standar Simon & Garfunkel seperti ‘Bridge Over Troubled Water’ hingga solo klasik seperti ‘Graceland’, musik Paul Simon bergema secara mendalam sebagai kualitas sejati budaya bagi orang-orang di seluruh dunia”.

“Mewakili lagu-lagunya yang enggak akan sirna adalah kehormatan yang luar biasa bagi Sony Music Publishing, jadi dengan sangat bangga, saya menyambut Paul di keluarga kami!”

Rob Stringer, Chairman Sony Music Group lanjut mengatakan, “Kami benar-benar merasa terhormat sekarang mewakili katalog penerbitan musik Paul Simon. Dipercayai dengan lagu dan rekaman musiknya adalah hak istimewa atas tatanan artistik tertinggi untuk Sony Music Group di seluruh dunia”.

Baca juga: Neil Young Menjual Separuh Hak Cipta Dari 1.180 Lagu Asli Yang Ditulisnya

Dalam transaksi tersebut, Paul Simon diwakili oleh Grubman Shire Meiselas & Sacks, P.C. Sedangkan Sony Music Publishing dibantu oleh Davis Shapiro Lewit & Grabel, LLP.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Sony Music & Noah Cyrus

    Sony Music Gandeng Noah Cyrus Luncurkan Program Edukasi Industri Musik

    Noah Cyrus. (Foto: Brian Ziff). Sony Music Group (SMG) telah meluncurkan "Beyond the Instrument", program tahunan baru yang dirancang untuk merangsang kreat

    on Mar 9, 2021
    Kanye West

    Berseteru Dengan Universal Music dan Sony/ATV, Kanye West Kencingi Pia...

    Kanye West (Foto: Brad Barket/Getty Images for Fast Company) / Piala Grammy dikencingi. (Foto: Twitter Ye). Dengan terhitung hanya 47 hari dari hari pelaksa

    on Sep 17, 2020
    The 1975

    Industri Musik Inggris dan 700 Artis Lebih Bersatu Untuk Perangi Keben...

    The 1975. (Foto: Jordan Hughes). Lebih dari 700 anggota komunitas musik Inggris, termasuk artis, manajer, eksekutif di perusahaan rekaman, agensi, industri

    on Aug 3, 2020
    Travis Scott

    Travis Scott Dituntut Pelanggaran Hak Cipta Atas Lagu ‘Highest In th...

    Travis Scott. (Foto: Kevin Winter/Getty Images for LiveNation). Tiga penulis lagu telah menuntut Travis Scott serta penulis dan produser musik lainnya yang

    on Jun 11, 2020