×
×

Search in Mata Mata Musik

Katy Perry Geret Musikolog dalam Kasus Hak Cipta "Dark Horse"

Posted on: 12/11/19 at 5:56 am

Katy Perry dan tim hukumnya resmi melakukan serangan balik terhadap gugatan pelanggaran hak cipta senilai $2,78 juta yang dilayangkan belum lama ini terkait lagu “Dark Horse”—dengan kontra-argumen pertama dijadwalkan berlangsung pada Januari 2020.

Baca juga: Katy Perry Natalan Bareng Sinterklas di Video “Cozy Little Christmas”

Gugatan yang dikeluarkan bulan Agustus lalu sempat menghebohkan industri musik. Setelah hanya dua hari melakukan pertimbangan, juri federal mengeluarkan keputusan yang menjatuhkan Katy Perry, labelnya, rekan penulis lagunya, dan kolaborator lain karena melanggar hak cipta karya rapper Flame (alias Marcus Gray).

Lagu Flame, “Joyful Noise,” secara substansial dinyatakan mirip dengan lagu Katy “Dark Horse,” meskipun sejumlah eksekutif industri berpendapat kemiripan tersebut hanya kebetulan dan elemen musik itu sering dipakai. Bahkan ada yang menyebut hal ini sebagai ‘trolling hak cipta’, yang berarti lagu-lagu hit kini dipandang sebagai target yang menarik.

Katy Perry Dark Horse
Lagu Katy Perry “Dark Horse” dituding menjiplak lagu “Joyful Noise” milik Flame. (Foto: Capitol)

Dalam pengajuan banding bulan Oktober kemarin, pengacara Katy menyebut keputusan yang memihak Flame sebagai “kegagalan besar dalam keadilan,” sambil menyinggung “vonis salah” yang akan menciptakan “kerugian besar bagi pencipta musik dan industri musik secara keseluruhan.” 

Baca juga: Prince Ungkap Kebenciannya terhadap Katy Perry dan Ed Sheeran

Tidak gentar, pengacara Flame berusaha meningkatkan nilai hukuman, dengan alasan mereka seharusnya dibayar sebesar $2,789 juta ditambah bunga setelah karya Flame secara terang-terangan dijiplak selama ini.

Sekarang, tim hukum Katy bersiap melawan dengan bantuan beberapa pakar musik yang simpatik.

Menurut dokumen yang diterima situs Digital Music News beberapa hari lalu, kontra-argumen besar akan dimulai pada Januari tahun depan. Pada tahap ini, tim hukum Katy tampaknya tengah berusaha mendapatkan ‘Mosi Baru untuk Keputusan sebagai Masalah Hukum’. Jika gagal, mereka akan meminta digelarnya persidangan baru.

Dengan kata lain: putusan menurut hukum aktual, bukan juri yang mudah goyah dan hanya tahu sedikit tentang komposisi musik.

Oleh karena itu, sekelompok ahli musik telah mengajukan ke Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Tengah California di Los Angeles untuk memprotes temuan tersebut, yang dijadwalkan berlangsung pada 27 Januari 2020.

Dalam pengajuan pengadilan, grup yang berisi ‘amici musicologists’ ini mengatakan mereka “memiliki minat besar pada juri yang menerapkan instruksi juri dengan benar untuk memungkinkan mereka, jika perlu, menemukan tidak adanya ‘kemiripan ekstrinsik’ antara [kedua lagu], dan pada Pengadilan yang mengoreksi kesalahan jelas juri ketika juri gagal menerapkannya dengan benar pada bukti yang ada.”

Baca juga: Seorang Jurnalis Rusia Juga Terima Perlakuan Tak Senonoh dari Katy Perry!

Tentunya, Marcus Gray tidak menganggap tuntutan selangitnya itu sebagai ‘kesalahan jelas juri’, jadi tim hukum Katy sebaiknya bersiap menghadapi pertarungan hukum yang sengit ke depannya. Namun, kelompok ahli musik yang dipimpin oleh pengacara Kenneth Freundlich kini tengah mencari cara untuk memperbaiki keputusan kontroversial tersebut.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Dhora Bongs dan Murei

Dhira Bongs & Murei Kampanyekan Rasa Syukur Lewat 'Not an Ordinary Fai...

Dhira Bongs dan adiknya, Murei. Setelah November 2019 lalu, Dhira Bongs merilis single 'Sungguh Terlalu', Dhira kembali merilis single kedua pada 25 Septemb

on Sep 25, 2020
Sangkara

Sangkara Lampiaskan Kegeramannya Lewat 'Oh Corona', Single Teranyarnya

Gerry Anake dan Alvin Silalahi. Duo pop Sangkara kembali merilis single terbarunya yang berjudul 'Oh, Corona' pada tanggal 11 September 2020, hanya berjarak

on Sep 25, 2020
Serian

Album Kuartet Pop Serian Merupakan Puzzle Dari Semua Single Yang Perna...

Serian. Satu lagi band pop asal Jakarta, Serian menunjukkan musikalitasnya dengan mempersembahkan album perdana yang berjudul Tuhan Tolong Tumbuhkan Nyaliku

on Sep 23, 2020
Mahen

Mahen Bahas Toxic Relationship Melalui 'Datang Untuk Pergi', Single Ke...

Mahen. Siapa nggak kenal Mahen, penyanyi muda ini terbilang sukses di awal kemunculannya di dunia musik Indonesia. Namanya mulai dikenal publik setelah

on Sep 22, 2020