×
×

Search in Mata Mata Musik

Katy Perry Menangkan Kasus Pelanggaran Hak Cipta Lagu ‘Dark Horse’

Posted on: 03/19/20 at 6:04 am

Katy Perry 'Dark Horse'.
Katy Perry dalam video klip ‘Dark Horse’ (Foto: YouTube).

Seorang hakim federal bernama Christina A. Snyder telah memberikan kemenangan telak kepada popstar Katy Perry, saat membatalkan vonis pelanggaran hak cipta terhadap lagu hit ‘Dark Horse’ yang menampilkan rapper Juicy J. Hakim. Hakim Snyder mengeluarkan keputusan itu pada hari Selasa (17 Maret) saat menemukan bahwa sebaris lirik dalam lagu yang telah dianggap sebagai inti masalah tidak cukup asli atau orisinal untuk menjamin perlindungan hak cipta.

Baca juga: Katy Perry Umumkan Kehamilannya Dalam Video Musik Barunya, ‘Never Worn White’

Seorang Juri telah menemukan pada Juli lalu bahwa lagu ‘Dark Horse’ yang mencakup delapan nada ostinato (bentuk melodi yang diulang) yang dicuri dari lagu ‘Joyful Noise’, sebuah lagu ciptaan seorang rapper gospel bernama Flame. Sekarang, Katy Perry telah berhasil menghindari tagihan ganti rugi sebesar US$ 2,8 juta (Rp 43 miliar). Hakim Snyder menemukan bahwa keputusan juri tidak didukung oleh bobot bukti yang cukup dalam kasus tersebut.

“Dalam kasus ini tidak perlu dipersoalkan lagi bahwa elemen khas dari 8 nada ostinato dalam lagu ‘Joyful Noise’… bukan kombinasi yang unik atau langka,” tulis Snyder. Hakim itu mengacu pada kesaksian dari seorang ahli musik bernama Todd Decker, untuk sampai pada kesimpulan bahwa keputusan juri sebelumnya salah.

“Kombinasi 8 nada yang relatif umum dari elemen-elemen yang tidak terlindungi yang kebetulan dimainkan secara umum dalam genre musik tertentu tidak dapat menjadi cukup orisinil untuk menjamin perlindungan hak cipta,” tambah Snyder.

Christine Lepera, pengacara utama dalam persidangan, memuji keputusan hakim.

“Dalam keputusan yang masuk akal dan metodis, pengadilan dengan tepat membatalkan keputusan juri awal, dengan mendapati bahwa lagu ‘Dark Horse’ tidak melanggar lagu ‘Joyful Noise’ dalam segi hukum,” kata Lepera. “Ini adalah kemenangan penting bagi pencipta musik dan industri musik, mengakui bahwa penyekatan pembuatan musik tidak dapat dimonopoli. Para pencipta lagu ‘Dark Horse’ telah dibenarkan pada kasus ini”.

Baca juga: Katy Perry Dinobatkan Sebagai Duta Besar Untuk British Asian Trust

Keputusan itu adalah kabar baik kedua dalam beberapa minggu untuk para label musik dan musisinya, yang merasa dikepung oleh litigasi hak cipta sembrono selama beberapa tahun terakhir. Senin lalu, Pengadilan Banding Sirkuit ke-9 telah menguatkan keputusan juri yang menemukan bahwa lagu ikonik ‘Stairway to Heaven’ milik Led Zeppelin tidak melanggar hak cipta lagu milik band Spirit.

Flame, yang memiliki nama resmi Marcus Grey, masih akan dapat mengajukan banding atas keputusan Hakim Snyder ke Pengadilan Banding Sirkuit ke-9.

Selamat untuk Katy Perry dan semua yang terlibat dalam lagu ‘Dark Horse’!

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Katy Perry

    Karena Mirip, Katy Perry Fitur Zooey Deschanel Di MV 'Not The End Of T...

    Zooey Deschanel jadi Katy Perry. Satu dekade lalu, Katy Perry merilis lagu hit besarnya, 'California Gurls' yang membantu menumbuhkan citranya sebagai ikon

    on Dec 21, 2020
    Metallica

    Metal Up Yer Ass! Metallica 'S&M2' Kalahkan Katy Perry 'Smile' Menurut...

    Katy Perry Smile Versus Metallica S&M2. Pada 28 Agustus lalu, Metallica merilis album live kolaborasi kedua mereka dengan San Francisco Symphony berjudu

    on Sep 8, 2020
    Katy Perry

    Katy Perry Resmi Rilis ‘Smile’, Album Barunya Yang Back To Basic: ...

    Katy Perry mengenakan kostum dari Yasmin Julie Bergmann dan Moschino untuk sesi pemotretan cover album Smile. Album baru Katy Perry, Smile akhirnya diluncur

    on Aug 29, 2020
    Katy Perry

    Pasangan Serasi Katy Perry dan Orlando Bloom Telah Dikaruniai Bayi Per...

    Katy Perry dan Orlando Bloom. (Foto: Axelle/Bauer-Griffin, Getty Images). Pasangan kekasih selebriti yang serasi, Katy Perry dan Orlando Bloom telah dikarun

    on Aug 28, 2020