×
×

Search in Mata Mata Musik

Katy Perry Resmi Rilis ‘Smile’, Album Barunya Yang Back To Basic: Fun & Colorful

Posted on: 08/29/20 at 6:00 am

Katy Perry Resmi Rilis ‘Smile’, Album Barunya Yang Back To Basic: Fun & Colorful
Katy Perry mengenakan kostum dari Yasmin Julie Bergmann dan Moschino untuk sesi pemotretan cover album Smile.

Album baru Katy Perry, Smile akhirnya diluncurkan ke pasaran pada 28 Agustus oleh Capitol Records. Dibalut dengan kegigihan dan rasa syukur, lagu-lagu dari album keenam popstar itu lahir dari perjuangan pribadi Katy Perry melalui masa-masa hidup tersulitnya, seperti yang dijelaskannya dalam sesi wawancaranya dengan NPR belum lama ini. Lo bisa dengar seluruh lagu album Smile di ujung artikel ini ya.

Baca juga: Kegemaran Katy Perry Pakai Kostum Kocak Tampil Di MV ‘Smile’ Sebagai Badut

Cover album Katy Perry Smile.

Seiring dengan perilisan album Smile dan kelahiran bayi pertamanya bersama Orlando Bloom yang bernama Daisy Dove Bloom, Katy Perry merilis video alternatif untuk lagu ‘Never Really Over’ dan ‘Harleys in Hawaii’ dan akan terus merilis video baru setiap harinya untuk merayakan perilisan album Smile.

Sesuai dengan nuansa album barunya yang ceria dan warna-warni serta tema sirkus dari video resmi untuk lagu utamanya, ‘Smile’, Katy Perry juga akan meluncurkan sebuah game baru: Katy’s Quest. Dikembangkan oleh Double A Labs dan Alienware dan dikurasi oleh Mathew Cullen, yang menyutradarai video musik ‘Smile’, game ini akan menantang para pemain untuk bergerak cepat melewati rintangan Circus of Misconceptions. Video game berkonsep two-level ini, yang bisa lo akses melalui browser web, akan diluncurkan akhir pekan ini dengan acara pembukaan di Twitch yang sekaligus akan berfungsi sebagai penggalangan dana untuk badan amal MusiCares dan Extra Life.

Baca juga: Umumkan Album ‘Smile’, Katy Perry Bagikan Single Baru Yang Berjudul Sama

Pada 27 Agustus lalu, Katy Perry dan Postmates bekerja sama dengan World Central Kitchen untuk menyumbangkan makanan dari Tender Greens ke gereja Good News Baptist di Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Postmates meluncurkan edisi khusus dari segmen “The Receipt” mereka dan menawarkan pengiriman gratis untuk fans akhir pekan ini.

Pekan lalu, Katy Perry mencetak rekor baru ketika lagu hit ‘Firework’ disertifikasi Platinum sebanyak 12 kali, menandakan lagu dengan sertifikasi terbanyak oleh seorang artis wanita dalam sejarah RIAA. Lagu itu adalah satu dari lima single dari album Teenage Dream yang bersertifikasi 8 kali Platinum, yang dirilis 10 tahun lalu.

Edisi vinyl eksklusif album Smile ditawarkan oleh distributor musik major Walmart dan Target. Vinyl yang tersedia di Target akan berwarna biru kobalt transparan dan menyertakan ‘High On Your Supply’, yang merupakan lagu bonus eksklusif untuk edisi Target, ditambah memo suara dari Katy Perry. Vinyl edisi Walmart akan berwarna merah ruby. Sedangkan edisi CD Smile dengan cover 3D dan vinyl Picture Disc juga akan tersedia secara eksklusif di online store Katy Perry.

The Los Angeles Times memuji album Smile dengan menulis: “masih tetap khas Katy Perry pada dasarnya: ceria, menarik, dan (bernuansa) neon pop” dalam cover story Sunday Calendar mereka baru-baru ini.

Rolling Stone menuliskan, “Katy Perry telah kembali ke dasarnya” dengan Smile dan memberi ulasan terhadap lagu utamanya dengan mencatat, “Dengan ritme upbeat yang penuh unsur dance untuk menyocokkan nuansa positif dari liriknya, Katy Perry betul-betul menghargai apa yang namanya ketekunan”.

Kemudian US Weekly mengatakan, “‘Only Love’ adalah lagu midtempo menarik tentang bergerak maju dari kesalahan”.

USA Today mengamati album itu dengan mengatakan, “Rasa kegembiraan dan kepuasan yang baru ditemukan Katy Perry muncul dalam sebagian besar album Smile, yang berisi beberapa lagu paling menarik dan paling ceria sejak album Prism pada tahun 2013″.

Selanjutnya, RIFF Magazine menyatakan, “Smile adalah sebuah album yang cocok dengan zaman kita saat ini. Perayaan yang tepat mengenai kekuatan, rasa sakit, dan individualitas dalam keadaan dunia yang mengerikan”.

Sekilas Katy Perry

Sejak debut Katy Perry bersama Capitol Records pada 2008 dengan album One of the Boys, doi telah meraup 45 miliar streams secara kumulatif bersama dengan hasil penjualan global yang meliputi lebih dari 45 juta kopi album dan 135 juta lagu dari album-album seperti One of the Boys, Teenage Dream, PRISM, dan Witness, dan beberapa single terbarunya yang bersertifikat Gold, ‘Never Really Over’, ‘Small Talk’, dan ‘Harleys In Hawaii’.

Katy Perry adalah artis wanita pertama yang masing-masing punya empat video yang melampaui satu miliar views. Video lagu hit ‘Firework’ dan ‘Last Friday Night’ memiliki lebih dari satu miliar views, sementara ‘Roar’ dan ‘Dark Horse’ telah melampaui angka dua miliar views.

Konser Super Bowl Katy Perry pada 2015 adalah performa dengan rating tertinggi dalam sejarah acara itu. Doi adalah satu dari hanya lima artis dalam sejarah musik yang telah menghasilkan 100 juta unit lagu bersertifikat dengan single digital mereka, dan artis asuhan Capitol Records pertama yang bergabung dengan klub elit RIAA 100 Million Certified Songs.

Selain dikenal sebagai salah satu artis musik terlaris sepanjang masa, Katy Perry adalah seorang advokat dari banyak kegiatan filantropis. Pada 2013, Katy Perry diangkat sebagai duta besar Goodwill UNICEF sebagai hasil dari komitmennya untuk meningkatkan kehidupan anak-anak di seluruh dunia. Dari kunjungan ke Vietnam dan Madagaskar untuk menyoroti kebutuhan beberapa anak kurang mampu di dunia, hingga merekam PSA (Public Service Announcement) tentang pentingnya memberdayakan anak perempuan dan mendukung remaja yang hidup dengan penyakit HIV/AIDS, serta meningkatkan kesadaran untuk upaya bantuan darurat UNICEF, Katy Perry telah menggunakan kekuatan suaranya yang berpengaruh untuk mengadvokasi anak-anak dan mendukung misi UNICEF untuk memastikan hak setiap anak atas kesehatan, pendidikan, kesetaraan, dan perlindungan. Doi dianugerahi Audrey Hepburn Humanitarian Award pada tahun 2016 atas segala upaya filantropisnya yang patut diacungkan jempol.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Asisten Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Dhora Bongs dan Murei

Dhira Bongs & Murei Kampanyekan Rasa Syukur Lewat 'Not an Ordinary Fai...

Dhira Bongs dan adiknya, Murei. Setelah November 2019 lalu, Dhira Bongs merilis single 'Sungguh Terlalu', Dhira kembali merilis single kedua pada 25 Septemb

on Sep 25, 2020
Sangkara

Sangkara Lampiaskan Kegeramannya Lewat 'Oh Corona', Single Teranyarnya

Gerry Anake dan Alvin Silalahi. Duo pop Sangkara kembali merilis single terbarunya yang berjudul 'Oh, Corona' pada tanggal 11 September 2020, hanya berjarak

on Sep 25, 2020
Serian

Album Kuartet Pop Serian Merupakan Puzzle Dari Semua Single Yang Perna...

Serian. Satu lagi band pop asal Jakarta, Serian menunjukkan musikalitasnya dengan mempersembahkan album perdana yang berjudul Tuhan Tolong Tumbuhkan Nyaliku

on Sep 23, 2020
Mahen

Mahen Bahas Toxic Relationship Melalui 'Datang Untuk Pergi', Single Ke...

Mahen. Siapa nggak kenal Mahen, penyanyi muda ini terbilang sukses di awal kemunculannya di dunia musik Indonesia. Namanya mulai dikenal publik setelah

on Sep 22, 2020