×
×

Search in Mata Mata Musik

Kei Lim Soal Kerja Sama dengan EXO & Kang Daniel

Posted on: 08/2/19 at 3:49 pm

Produser ternama K-pop ini juga menceritakan proses di balik pembuatan album debut EXO-SC dan Kang Daniel.

CEO tim produksi Devine Channel, Kei Lim, berbagi cerita tentang pengalamannya bekerja sama dengan Kang Daniel dan artis-artis SM Entertainment seperti EXO dan SHINee.

Antara tahun 2010 dan 2013, Kei Lim bekerja sebagai produser di bawah kontrak dengan SM Entertainment selama kurang lebih dua tahun. Bahkan setelah kontrak mereka berakhir, dia masih sering terlibat dalam kerja sama dengan SM.

Dia menyebutkan, “Ada [gaya] tertentu yang [SM] mau, tapi itu biasanya hanya berlaku untuk lagu utama. Saya mencoba mencari fitur unik artisnya dan berusaha keras untuk [menciptakan lagu] yang membuat artis itu menonjol. Dalam hal SHINee, ketika lagu-lagu yang mereka promosikan kebanyakan adalah lagu dance, saya menulis lagu ballad untuk mereka, dan untuk EXO, saya menerapkan elemen hip-hop dan R&B. Saya sering bereksperimen dengan genre yang tidak biasa.”

Kei Lim dan Gaeko dari Dynamic Duo mengambil alih produksi album debut EXO-SC, What a Life, dan Kei Lim menjelaskan, “Meskipun Sehun dan Chanyeol adalah rapper di EXO, mereka jago bernyanyi, jadi kami banyak memasukkan bagian melodi. Kami sangat berusaha menghadirkan nuansa dan gaya yang belum pernah dilihat sebelumnya di EXO.”

Produser ini juga pernah mengerjakan lagu-lagu untuk Lay EXO, dan mengenai hal ini, dia menuturkan, “Lay juga sangat antusias membuat musik, jadi saat kami kadang-kadang menghubungi satu sama lain, kami mengobrol soal musik. Saya berencana menemuinya di China dalam waktu dekat.”

Kei Lim bersama Gaeko, Seehun, Chanyeol dan manajer EXO. (Foto: Instagram)

Kei Lim kemudian menjelaskan bagaimana rasanya mengerjakan album debut solo Kang Daniel, Color On Me. Awalnya dia menceritakan pertemuan pertamanya dengan Kang saat dia memproduseri lagu evaluasi konsep Produce 101 Season 2, “Open Up.” Setelah itu mereka bertemu kembali dan memutuskan untuk mengerjakan album debut solonya bersama.

Dia menjelaskan, “[Kang Daniel] sangat bersemangat membuat musiknya sendiri. Membuat musik dengannya bukan proses yang mulus karena dia sangat ambisius dan memiliki opininya sendiri. Sejak kami mulai mengerjakan album, kami bertemu hampir setiap hari. Kami membahas tentang musik, merekamnya, dan terus memperbaikinya. [Dia] dapat menyelesaikan album dalam waktu sesingkat itu karena dia hanya fokus pada pembuatan [album] dan tidak memberikan dirinya sendiri waktu luang. Dia benar-benar serius. Semangatnya ada di level semangat Yunho TVXQ.”

Kei Lim menambahkan, dia sebagian besar membantu Kang Daniel dengan sisi teknis pembuatan album, dan sebagian besar Kang lah yang mengontrol arah dan pesan album.

Terakhir, dia menceritakan bahwa sebagai pribadi, Kang Daniel adalah orang yang terang-terangan dan tulus. “Kami bisa tahu dia ingin menunjukkan ketulusannya kepada orang lain. Dia bisa membuat kita nyaman di sekitarnya bahkan setelah bertemunya hanya sekali atau dua kali. Bahkan sebagai sesama pria, saya bisa melihat pesona yang dimilikinya.”

Keterangan Foto Utama: Kei Lim bersama EXO-SC dan Gaeko (kiri) dan Kang Daniel bersama Kei Lim (kanan). (Foto via Soompi)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Red Velvet Pergi Liburan Musim Panas di VM “Umpah Umpah”

Red Velvet Liburan Musim Panas di VM “Umpah Umpah”

Red Velvet kembali dengan video musik yang seru untuk single terbaru mereka, “Umpah Umpah.” Klip yang penuh semangat dan ceria ini mengikuti liburan mus

on Aug 22, 2019
BTS

Bring the Soul: The Movie, Film Konser BTS Raup $13 Juta di Minggu Per...

Bring the Soul: The Movie mulai tayang pada 7 Agustus lalu di bioskop seluruh dunia. Baca Juga: BTS Rehat 2 Bulan Dari Panggung Hiburan! Hanya beberapa har

on Aug 19, 2019
Debut SuperM Menuai Beragam Reaksi dari Penggemar K-Pop

Debut SuperM Tuai Beragam Reaksi dari Penggemar K-Pop

SuperM, Super grup yang dijuluki 'Avengers of K-Pop’ ini direncanakan akan melakukan debutnya di AS pada Oktober 2019. Pekan lalu, Capitol Music Group dan

on Aug 17, 2019
Tiffany Young & Lee Hi meriahkan Super K-Pop Festival Indonesia 2019

SKF Indonesia 2019 Umumkan Nama Baru di Daftar Penampilnya!

Super K-Pop Festival Indonesia 2019 yang akan digelar selama dua hari ini mendatangkan nama-nama populer seperti Tiffany Young, Red Velvet, D&E SuJu. Su

on Aug 17, 2019