×
×

Search in Mata Mata Musik

Kelis Menuduh Pharell Williams Dan Chad Hugo ‘Mencuri’ Keuntungan Albumnya

Posted on: 01/31/20 at 10:10 am

CHRIS HUGO PHARRELL WILLIAMS KELIS
(Chad Hugo dan Pharrell Williams) Jo Hale/GettyImages, (Kelis) Frazer Harrison/GettyImages for Spotify  

Dalam sebuah sesi wawancara dengan The Guardian yang diterbitkan pada hari Kamis lalu, penyanyi/penulis berusia 40 tahun asal New York, Kelis, telah menuduh Pharrell Williams dan Chad Hugo (yang dikenal sebagai duo produser yang sangat sukses, The Neptunes) mencuri keuntungan dan penerbitan dari dua album pertama Kelis yang berjudul Kaleidoscope dan Wanderland.

Setelah dulu bertemu dengan Pharrell Williams dan Chad Hugo pada akhir masa remajanya, Kelis mengatakan bahwa dia telah menandatangani kontrak yang tanpa sepengetahuannya ditulis demi keuntungan Pharrell Williams dan Chad Hugo. “Saya diberitahu bahwa kami akan membagi semua keuntungan dari album itu dengan persenan masing-masing 33/33/33, yang ternyata tidak kami lakukan,” kata Kelis kepada The Guardian. Kelis mengklaim bahwa ia merasa “secara terang-terangan dibohongi dan ditipu” dalam seluruh proses penandatanganan kontrak tersebut.

Kelis mengidentifikasi “The Neptunes dan tim manajemen mereka dan para pengacara mereka” sebagai orang-orang yang bertanggung jawab atas kejadian yang menyebabkan Kelis tidak dapat menerima keuntungan sepeserpun dari hasil penjualan kedua album pertamanya, Kaleidoscope dan Wanderland. “Argumen mereka (Pharrell Williams dan Chad Hugo) adalah bahwa: ‘Ya, kamu (Kelis) telah menandatangani [kontrak] tersebut.’ Dan saya membalas: ‘Ya, saya menandatangani apa yang diperintahkan kepada saya, dan saya pada waktu itu masih terlalu muda dan terlalu bodoh untuk memeriksanya dengan teliti.’”.

Meskipun sebelumnya Kelis tidak pernah berbicara secara umum mengenai tuduhan ini, Kelis mengatakan bahwa Pharell Williams dan Chad Hugo (The Neptunes) telah selalu ada dalam pikirannya selama bertahun-tahun.

Kelis menceritakan suatu kejadian “beberapa tahun yang lalu” ketika Pharrell Williams menyapa Kelis dari panggung (Pharell Williams memang dikenal sering menyapa artis/teman/tokoh spesial yang sedang ada di kerumunan) dengan semacam anggukan dan sambutan selama sebuah konser, Kelis berkata: “Saya seperti, oke, saya tidak akan membalas sambutan itu kembali: ‘Kamu telah mencuri semua hasil keuntungan saya!’ Jadi kamu (Pharell Williams) akhirnya mengangguk kembali dan semua orang berpikir bahwa semuanya baik-baik saja”.

Kredit sebagai penulis dalam 14 lagu yang telah membentuk album debut yang memulai karir sukses Kelis, Kaleidoscope, hampir semuanya hanya dikreditkan kepada Chad Hugo dan Pharell Williams, dengan pengecualian pada lagu ‘Ghetto Children’ dan ‘Suspended’, di mana Kelis berbagi kredit dengan duo produser The Neptunes tersebut. Dalam album kedua Kelis, Wanderland, Kelis dikreditkan sebagai penulis dalam sembilan dari empat belas lagu yang ia ciptakan bersama The Neptunes dalam album tersebut, dan pada album ketiga Kelis, Tasty, The Neptunes dikreditkan sebagai penulis pada lima dari empat belas lagu dalam album Tasty, dan berbagi kredit dengan Kelis pada salah satu dari lima lagu yang mereka tulis.

Album keempat Kelis, Kelis Was Here, adalah album pertamanya yang sama sekali tidak menampilkan kolaborasi dalam bentuk apapun bersama Pharell Williams, Chad Hugo, maupun mereka berdua sebagai The Neptunes.

Pada tahun 2018 lalu, Kelis menuduh mantan suaminya sekaligus MC legendaris asal New York, Nas, melakukan tindakan kekerasan dalam rumah tangga; Nas membantah tuduhan itu dalam sebuah esai. Kelis akan melakukan tur pendek keliling Eropa tahun 2020 ini untuk memperingati ulang tahun ke 20 album debutnya, Kaleidoscope.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Pharrell Williams dan Jay-Z

Lagu Kolab Baru Pharrell Williams dan Jay-Z Angkat Citra Pengusaha Kul...

Pharrell Williams dan Jay-Z. (Foto: via CNN). Dua raksasa hip-hop, Pharrell Williams dan Jay-Z telah merilis lagu kolaborasi terbaru mereka, yang pertama da

on Aug 22, 2020
Run The Jewels

Run the Jewels Rilis MV ‘Ju$t’, Lagu Fitur Zack de la Rocha dan Ph...

Run The Jewels telah merilis MV (Music Video) lirik animasi baru untuk ‘Ju$t’, lagu kolaborasi mereka dengan superstar musik Pharrell Williams dan Zack

on Jul 29, 2020
Run The Jewels

Zack De La Rocha (RATM) Fitur di Lagu Run The Jewels Bareng Pharell Wi...

Zack De La Rocha dan Run The Jewels. Run The Jewels tidak hanya berjanji untuk merilis album terbarunya, RTJ4 secara gratis pasca kematian tragis George Flo

on Jun 5, 2020
Pharrell Williams

Pharrell Williams Merilis Line-Up Festival Something In The Water 2020

Big bos, Pharrell Williams (Foto: Brian Bowen/GettyImages) Pharrell Williams akan membawa festival musik miliknya, Something In The Water, kembali ke kota a

on Jan 9, 2020