×
×

Search in Mata Mata Musik

Kembali Ke Def Jam, Album Final DMX “Exodus” Dirilis Secara Anumerta

Posted on: 05/13/21 at 9:00 am

Kembali Ke Def Jam, Album Final DMX "Exodus" Dirilis Secara Anumerta
DMX (Foto: John Lamparski/Getty Images).

Delapan belas tahun setelah rilisan terakhirnya di Def Jam Recordings. Sembilan tahun setelah album studio terakhirnya, Undisputed. Dan tujuh minggu setelah kematiannya, suara khas Earl Simmons a.k.a DMX akan terdengar di album baru anumertanya yang berjudul Exodus. Album final DMX ini siap diluncurkan pada 28 Mei melalui Def Jam dan Ruff Ryders, dan Swizz Beatz bertindak sebagai produser eksekutif.

Baca juga: DMX, Rapper Legendaris New York Meninggal Dunia Di Usia 50 Tahun

Kembalinya legenda hip hop New York ini ke Def Jam terasa seperti menutup celah lingkaran. Label rekaman ini mulai gagal pada pertengahan 1990-an karena mengalami masalah finansial, berganti pemilik, dan mencari peluang bisnisnya di lanskap hip-hop yang terus berubah. Album debut DMX di Def Jam tahun 1998, It’s Dark and Hell Is Hot, sukses menjadi album No. 1 di Amerika Serikat (AS). Namun baik label maupun sang rapper enggak melihat ke belakang.

Pada tahun 2006 DMX menandatangani kontrak dengan Columbia Records untuk album Year of the Dog… Sekali lagi, setelah itu kariernya dihentikan sementara di tengah memuncaknya masalah hukum dan keinginan untuk hidup lebih tenang. Doi hanya akan mengeluarkan satu album lagi, Undisputed pada 2012, saat beberapa keajaiban telah hilang. Jika lo percaya pada kekuatan label ini, kembalinya DMX ke Def Jam adalah alasan optimisme lo.

DMX Exodus

Sedikit detail yang diketahui tentang album Exodus saat ini, kecuali bahwa Exodus diharapkan berisi semua lagu orisinal. Namun sebelum kematiannya, DMX sempat memberi teaser lagu baru ‘Skyscrapers’ bersama Bono (U2). Selain itu, saat doi dirawat di Rumah Sakit setelah menderita serangan jantung akibat overdosis obat, timnya merilis single ‘X Moves’ fitur Bootsy Collins, Steve Howe, and Ian Paice. Terakhir single anumerta ‘Been to War’ yang menampilkan Swizz Beatz dan French Montana. Sebuah original soundtrack (OST) film serial Godfather of Harlem. Setidaknya beberapa dari lagu ini kemungkinan besar akan muncul di album mendatang.

“Saudaraku (DM)X adalah salah satu jiwa paling murni dan langka yang pernah saya temui,” kata Beatz dalam suatu pernyataan. “Dia menjalani hidupnya didedikasikan untuk keluarga dan musiknya. Yang terpenting, dia murah hati dengan pemberiannya dan mencintai penggemarnya tidak terkira. Album ini, X tidak sabar menunggu penggemarnya di seluruh dunia untuk mendengar dan menunjukkan betapa dia sangat menghargai setiap orang yang telah mendukungnya tanpa pamrih”.

Baca juga: Polo G, Raja Rap Baru Yang Kuasai Billboard Hot 100 Via ‘Rapstar’

Artwork album Exodus dibuat oleh Jonathan Mannion, fotografer yang menangkap beberapa momen paling ikonik DMX. Seperti yang bisa lo lihat di bawah.

DMX exodus

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Drake

    Drake Akhirnya Merilis Album Baru "Certified Lover Boy" Setelah Tertun...

    Aubrey Drake Graham Aubrey Drake Graham atau yang lebih familiar dengan nama Drake akhirnya meluncurkan album barunya yang berjudul Certified Lover Boy di b

    on Sep 6, 2021
    Kanye West

    Kanye West Bilang Universal Music Merilis Album "Donda" Tanpa Izinnya

    Kanye West (Foto: Getty Images). Masih terdengar keras kabar dari Kanye West mengenai rilisan album terbarunya, Donda, yang dirilis secara digital. Album in

    on Aug 30, 2021
    Megan Thee Stallion

    Megan Thee Stallion Akhirnya Resmi Tampil Di Lagu Remix BTS 'Butter'

    Foto: Orin Fleurimont/Variety. Megan Thee Stallion akhirnya resmi akan tampil di versi remix dari lagu mega hit BTS, 'Butter'. Rencananya lagu tersebut akan

    on Aug 26, 2021
    Kendrick Lamar foto

    Kendrick Lamar Mengumumkan Album Berikutnya Sebagai Yang Terakhir

    Kendrick Lamar (Foto: Frazer Harrison/Getty Images). Kendrick Lamar telah membagikan pembaruan informasi tentang album berikutnya yang telah lama ditunggu-t

    on Aug 21, 2021