×
×

Search in Mata Mata Musik

Kemenangan Claudia Emmanuela Santoso Bukan Sebuah Kebetulan

Posted on: 11/12/19 at 10:02 am

Pindah ke Jerman di 2018, Claudia Emmanuela Santoso tanpa ragu langsung mendaftarkan diri untuk bersaing di The Voice Jerman—ajang yang menjadikannya favorit warga Jerman.

Keempat coach seketika berbalik di atas kursi putar mereka untuk melihat langsung sosok bersuara emas dalam fase blind audition musim kesembilan The Voice Jerman—dan ini bukanlah sesuatu yang biasa terjadi.

Pada penampilan pertamanya beberapa minggu lalu, Claudia Emmanuela Santoso harus memilih tim mana yang ingin ia masuki, yang masing-masing dipimpin oleh seorang bintang. Rea Garvey, Sido, Alice Merton dan Mark Forster menekan tombol mereka saat remaja yang saat itu masih 18 tahun ini menyanyikan “Never Enough” dari film The Greatest Showman. Kekuatan vokalnya meyakinkan mereka semua. “Kita bisa langsung ke final,” kata Rea Garvey. Akhirnya, Claudia memilih tim yang dipimpin oleh musisi pop Alice Mertons (“No Roots”). “Kamu mengguncang dunia saya,” ucap Merton.

Dari kursus Bahasa Jerman hingga langsung naik panggung

Menjelang acara final yang digelar pada 10 November, sangat jelas kalau Claudia adalah kontestan terfavorit.

Penyanyi muda ini meninggalkan kota asalnya di Cirebon untuk menempuh pendidikan di Jerman pada musim panas 2018 dan tidak lama kemudian mendaftarkan diri di ajang pencarian bakat ini.

Saat mengobrol dengan media Jerman DW, Claudia mengaku hanya kursus Bahasa Jerman di Indonesia selama tiga bulan. Ia menambahkan, ia dan sepupunya dulu sering menonton The Voice Jerman di rumah. “Saya pikir kalau suatu hari saya tinggal di Jerman, saya ingin ikut audisi.”

Di usia empat tahun, Claudia mulai belajar musik, mengambil les piano dan biola serta melatih suaranya. Ia juga sudah cukup lama sering memposting video dirinya bernyanyi ke akun Instagram-nya. Kesuksesannya di TV membuatnya memperoleh lebih dari 120.000 subscriber.

Claudia Emmanuela Santoso
Claudia Emmanuela Santoso pindah ke Jerman untuk sekolah musik. (Foto: Instagram)

Sempat dikira robot atau mesin oleh coach Sido

Video penampilan pertamanya di The Voice Jerman sudah ditonton hampir 23 juta kali di YouTube. Babak demi babak, ia mengukuhkan talenta besarnya. “Saya rasa kamu ini robot atau mesin … Bagaimana kamu bisa bernyanyi dengan begitu sempurna? Sungguh luar biasa,” kata rapper Jerman, Sido. Claudia—yang tertawa gembira saat dibanjiri pujian—tentunya telah memenangkan hati para coach serta audiens.

Orang-orang di kampung halamannya di Cirebon berbondong-bondong ke tempat umum untuk menonton penampilannya di The Voice Jerman. Setelah keluar sebagai pemenang, Konsulat Jenderal Indonesia di Frankfurt memberi selamat di Twitter atas kesuksesannya. 

“Saya berharap dapat belajar banyak dengan berpartisipasi di The Voice Jerman,” kata penyanyi muda ini, sebelum menambahkan ia juga berharap bisa menjalin hubungan baru, bertemu orang banyak dan mendalami industri hiburan. “Hal terpenting bagi saya adalah menciptakan sesuatu, lagu atau single saya sendiri,” tuturnya. “Saya ingin mengadakan konser saya sendiri—tapi saya juga ingin melanjutkan studi saya.” Claudia diketahui belajar musik di Munich.

Di Munich, Claudia aktif di komunitas Indonesia—yang membantu mengurangi rasa rindu dengan kampung halaman. Ia pindah ke Jerman sendirian tanpa keluarganya. Mereka menonton penampilan pertamanya dari rumah melalui video messenger, tetapi untuk acara final, keluarganya rela terbang ke Jerman untuk mendukung Claudia.

Kehadiran keluarga ternyata ampuh memberikan semangat lebih bagi Claudia, yang malam itu memenangkan lebih dari 46 persen vote audiens.

Ia dan finalis lainnya akan mulai tur keliling Jerman pada 6 Desember. 

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Kill The DJ

Kill The DJ Rilis Single Corona Jancox Untuk Penggalangan Dana Penanga...

(Foto: Instagram.com/@killthedj). Satu persatu musisi Indonesia memberikan respons terhadap wabah global virus Corona. Begitu pula rapper Kill The DJ baru s

on Apr 9, 2020
Musisi Indonesia

16 Musisi Indonesia Persembahkan Lagu 'Menjaga Dunia' Untuk Mencegah C...

Wabah global Covid-19 memukul semua industri, termasuk para musisi yang harus menjadwal ulang tur atau konsernya. Namun mereka tidak mau berdiam diri dan m

on Apr 8, 2020
Ikonser

IKonser Penyelamat Konser dan Musisi Indonesia di Tengah Wabah Virus C...

(Foto: Instagram.com/@ikonserchannel). Merebaknya virus Corona membuat para musisi kelabakan, pasalnya ada larangan untuk izin keramaian selama wabah masih

on Mar 17, 2020
D'Masiv

D'Masiv Bantu Move On Lewat Single "Tanpamu"

Grup band beken Indonesia, D'Masiv, belum lama ini meluncurkan video musik untuk lagu mereka berjudul "Tanpamu." Lagu ini diambil dari album keenam D'Masiv, Lo

on Nov 18, 2019