×
×

Search in Mata Mata Musik

Kementerian Pariwisata Quebec di Kanada Izinkan Festival Musik Untuk Digelar

Posted on: 08/9/20 at 7:30 am

Kementerian Pariwisata Quebec di Kanada Izinkan Festival Musik Untuk Digelar
Float Fest. (Foto: Katrina Barber).

Sepertinya warga Kanada tidak perlu menunggu hingga tahun 2021 atau 2022 untuk menyaksikan festival musik seperti yang kita semua inginkan. Pada hari Rabu lalu, Kementerian Pariwisata Quebec di Kanada secara resmi mengumumkan bahwa kerumunan orang secara indoor dan outdoor yang terdiri dari 250 orang atau kurang sekarang diperbolehkan, termasuk festival dan konser musik, seperti yang dilaporkan oleh Exclaim.

Baca Juga: The Rolling Stones Rilis MV Lagu ‘Scarlet’ Dibintangi Oleh Paul Mescal

Sesuai ekspektasi, akan ada peraturan ketat yang harus diikuti oleh penyelenggara acara jika ingin mengadakan festival musik. Titik masuk dan keluar harus dikontrol, kapasitas keseluruhan harus menghormati batas 250 orang, dan peserta harus mematuhi langkah-langkah umum social distancing yang telah secara teratur disarankan selama pandemi virus Corona yang sedang berlangsung.

“Mereka juga harus menerapkan langkah-langkah untuk mempromosikan penjagaan jarak 2 meter antara peserta yang tidak tinggal di alamat yang sama,” bunyi siaran pers itu. “Jika festival yang sama menawarkan lebih dari satu pintu keluar, mereka harus berbeda dan tidak berdekatan, dengan akses yang berbeda dan ruang tunggu”.

Pada intinya, pejabat pemerintah di Quebec terdengar sangat tidak khawatir dengan keputusan mereka untuk memberikan izin kepada orang-orang untuk berkumpul lagi. “Festival dan penyelenggara acara adalah manajer profesional untuk acara perkumpulan,” ujar Menteri Pariwisata Caroline Proulx dalam sebuah pernyataan. “Saya yakin dimulainya kembali kegiatan akan dilaksanakan secara penuh tanggung jawab”.

Waktu akan memberi tahu apakah festival musik adalah ide bagus untuk penduduk Quebec saat ini. Sampai saat itu, kita akan menunggu untuk melihat promotor mana yang akan paling cepat bertindak; pada saat ini, belum ada festival besar di Quebec yang mengumumkan kemunculan kembali mereka setelah diumumkannya aturan baru ini.

Orang Amerika juga telah berusaha dalam beberapa konser ala social distancing. Belum lama ini, seorang DJ EDM memainkan konser yang padat total di Ozarks di mana tidak ada yang memakai masker dan The Chainsmokers melakukan konser amal di Hamptons yang saat ini sedang diselidiki oleh pejabat kesehatan New York.

Bahkan Inggris juga sedang berjuang menghadapi masalah yang sama. Sementara pemerintah mereka baru-baru ini mengizinkan konser outdoor untuk kembali, penyelenggara acara untuk konser social distancing pertama yang berlokasi indoor di sana menyatakan bahwa itu “tidak sukses”. Makanya, salut untuk pemerintahan Kanada.

Yup, karena karena usaha untuk memaksa orang-orang di dalam konser yang wajib mematuhi protokol preventif yang berlebihan adalah usaha yang sia-sia. Maka, sambutlah peraturan baru yang progresif ini dengan suka cita, bukan sebaliknya. Lawan rasa takut akibat teror dari media. Buka mata dan hati lebar-lebar, buat risetmu sendiri, ke sana-sini. Jangan biarkan jalan pikiranmu dikontrol oleh media.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Live Nation

    Live Nation & Veeps Luncurkan Serial Live Streaming Di 60+ Venue

    Young Thug (foto: Philip Cosores), Freddie Gibbs (foto: Ben Kaye), dan Young M.A (foto: via artist’s Facebook). Live streaming telah digunakan secara inte

    on Apr 14, 2021
    Industri Hiburan

    Surat Terbuka Untuk Presiden Jokowi Tentang Lumpuhnya Industri Hiburan

    JogjaROCKarta Festival, salah satu ikon industri hiburan kota Yogyakarta. (Foto: dok. Rajawali Indonesia). Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Setahun

    on Mar 3, 2021
    Live Nation

    Saham Live Nation Capai Titik Tertinggi Saat Pendapatannya Capai Titik...

    Live Nation Entertainment baru-baru ini mempublikasikan hasil laporan finansial tutup tahun 2020 mereka. Pendapatannya menurun 92% pada kuartal keempat dib

    on Feb 26, 2021
    Konser

    Uji Konser Tanpa Social Distancing Primavera Sound Hasilkan 0% Terinfe...

    PRIMA-CoV. (Foto: via Primavera Sound). Pakar penyakit menular Dr. Anthony Fauci berharap konser di Amerika Serikat (AS) bisa kembali digelar pada musim gug

    on Jan 19, 2021