×
×

Search in Mata Mata Musik

Kepala Sekolah Fans Iron Maiden Dituntut Via Petisi Orang Tua Murid

Posted on: 10/10/21 at 10:00 am

Kepala Sekolah Penggemar Iron Maiden
Vokalis Iron Maiden, Bruce Dickinson (foto: Kevin RC Wilson), KepSek Sharon Burns (foto: via Change.org).

Iron Maiden dan penggemarnya belum lama ini menjadi target serangan antipati para orang tua konservatif. Sekelompok “orang tua yang peduli” di Kanada telah memulai petisi untuk “mengenyahkan” seorang kepala sekolah menengah yang tergila-gila Iron Maiden. Petisi itu mengklaim bahwa citra yang terkait dengan band heavy metal legendaris tersebut adalah “setan”.

Baca juga: Obvurt, Band Death Metal Kanada Konser Edukasi Pada Anak-Anak SD

Adalah Sharon Burns, kepala sekolah Eden High School di St. Catherines, Ontario, Kanada. Doi dengan bangga menunjukkan kecintaannya kepada Iron Maiden dan heavy metal di halaman media sosialnya. Deskripsi akun Twitter-nya bertuliskan. “Kepala Sekolah di Eden High School. Praktisi Pola Pikir Pertumbuhan. Didorong oleh metal & ska & ayam”.

Ada sebuah foto yang doi posting menunjukkan gerakan tangan “metal horns” di depan mobil berplat nomor dan berspanduk Iron Maiden. Foto lain menunjukkan patung Eddie, maskot Iron Maiden di dasbor mobilnya dengan tulisan tangan bertuliskan “Eddie 666”.

Petisi Menuntut Pemindahan Kepala Sekolah Iron Maiden Mania

Petisi itu digelar di Change.org, yang berjudul “Kepala Sekolah Eden High School, Sharon Burns, Harus Segera Dipindahkan!”. Saat artikel ini dibuat telah memiliki lebih dari 400 pendukung. Bunyinya sebagai berikut.

“Sebagai orang tua yang peduli dengan anak-anak yang mudah terpengaruh di Eden High School di St. Catharines, Ontario, kami sangat terganggu karena kepala sekolah yang ditugaskan di sekolah tersebut secara terang-terangan menunjukkan simbol setan dan kesetiaannya pada praktik setan di platform media sosial publiknya di mana semua siswa dapat lihat di bawah @edenprincipal (bukan akun pribadinya). Sekolah kami didasarkan pada inklusi, dan secara terbuka menampilkan simbol setan (di platform media sosial publik) yang secara langsung bertentangan dengan prinsip sebagian besar keluarga yang mewakili sekolah, tidak inklusif. Sebagai orang tua kami menuntut dia pindah ke sekolah lain. Tolong ganti dia dengan kepala sekolah lain yang sejalan dengan nilai-nilai keluarga di Eden dan tidak akan menyabotase pengajaran atau penegakan nilai-nilai itu dan tidak akan mencoba memperkenalkan siswa yang mudah terpengaruh pada praktik atau simbolisme setan”.

Petisi Ralat “Orang Tua Kolot”

Ketika cerita ini mulai beredar, “orang tua yang peduli” memberikan pembaruan, bersikeras bahwa mereka tidak menargetkan kecintaan Sharon Burns kepada Iron Maiden tetapi gambar “setan” yang mengelilingi band heavy metal ikonik tersebut.

“Harap Dicatat: Petisi ini BUKAN tentang cinta Sharon Burns kepada Iron Maiden. Yang tidak pernah terjadi. Petisi ini adalah tentang seorang kepala sekolah yang secara terbuka memajang tanda tangan SENDIRI dengan 666 yang jelas di atasnya yang dia tahu betul apa arti SIMBOL SETAN itu bagi sebagian besar keluarga di sekolahnya DAN dia menaruhnya di tempat umum yang PROFESIONAL @edenprincipal di media sosial, BUKAN PRIBADI, yang bisa dengan mudah dia lakukan. Jika dia tidak memposting gambar tanda 666 buatannya sendiri, petisi ini TIDAK AKAN ADA. Tidak ada yang peduli band apa yang dia suka dan ini bukan tentang pilihannya dalam apa yang dia dengarkan. Itu akan menjadi kerdil dan tidak masuk akal”.

Eddie 666

Petisi Tandingan Membela Kepala Sekolah “The Trooper”

Sementara itu, petisi tandingan di Change.org, berjudul “Kami Membutuhkan Nyonya Burns” telah menerima lebih dari 12.000 tanda tangan, karena mengutip dampak positif yang telah dibuat kepala sekolah di sekolah menengah tersebut.

“Baru-baru ini, ada petisi yang beredar untuk “mengenyahkan” kepala sekolah Eden High School. Konyol jika beberapa orang tua hanya menilai perannya sebagai kepala sekolah hanya berdasarkan postingan Instagram. (Tentang menyukai band Iron Maiden. Itu saja.) Eden High School adalah sekolah umum. Bukan sekolah Kristen. Jika Anda entah bagaimana tidak menyukai sekolah anak Anda, cucu, saudara, dll., maka kirimkan ke sekolah lain. Kepala sekolah telah melakukan banyak upaya untuk mengingatkan siswa bahwa Eden adalah tempat yang beragam. Dia bahkan telah mengubah seluruh ruangan menjadi mushola bagi siswa yang beragama selain kristen, seperti memeluk agama Islam. Dan dia telah menjadikan Eden tempat yang aman bagi banyak orang. Serta dia tidak menyebarkan apa pun selain cinta dan kebaikan, dan mungkin salah satu kepala sekolah terbaik dan paling antusias yang pernah dimiliki sekolah. Jika Anda ingin menjelaskan seluruh petisi ini, silakan pertimbangkan untuk menandatangani!”

Iron Maiden Satanik?

Penggemar musik Iron Maiden pasti tahu bahwa band ini bukan band satanik. Tetapi hal itu tidak menghentikan kelompok-kelompok agama dari menargetkan legenda heavy metal Inggris. Sejak band itu merilis album tahun 1982, The Number of the Beast dengan judul lagu terkenalnya, yang memiliki kalimat, “666, The Number of the Beast”. Penulis lagu lagu tersebut, pendiri dan bassis Iron Maiden Steve Harris, pernah menjelaskan bahwa lagu tersebut terinspirasi oleh mimpi buruk setelah menonton film Damien: Omen I, serta membaca puisi “Tam o’ Shanter” karya Robert Burns.

Steve Harris mengatakan tentang protes itu dalam biografi yang ditulis Mick Wall Iron Maiden: Run to the Hills. “Mereka benar-benar salah paham. Mereka jelas belum membaca liriknya. Dan mereka hanya ingin mempercayai semua omong kosong tentang kami sebagai pemuja setan”.

Bulan lalu, Iron Maiden merilis album studio ke-17 mereka, Senjutsu, album baru pertama mereka dalam enam tahun. Album ini mendarat di No. 3 di Billboard 200, posisi grafik tertinggi dari album mana pun selama karier 40 tahun lebih band ini.

Baca juga: Iron Maiden Telah Merilis Album Studio Ke-17, “Senjutsu”

Di halaman Instagram @edenprincipal Sharon Burns menunjukkan sebagian besar postingan adalah mendukung sang kepala sekolah.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Warning - evolve

    THE WARNING, 3 Rocker Cantik Lagi-Lagi Sukses Meninggalkan Impresi

    Horeee… The Warning nongol lagi!Horeee… tidak banyak "PAUSE" walau masih trauma dengan pemblokiran video akibat penerapan perlindungan copyright yang b

    on Oct 23, 2021
    Lovebites

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Max Portnoy

    Max Portnoy, Putra Mike Portnoy, Menjadi Dramer Baru Code Orange

    Foto: Max Portnoy (via Instagram). Max Portnoy, putra kandung dramer metal legendaris Mike Portnoy, sekarang resmi menjabat sebagai dramer Code Orange. Band

    on Oct 17, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021