×
×

Search in Mata Mata Musik

Kerennya Led Zeppelin di Mata George Harrison

Posted on: 11/20/19 at 1:22 pm

Tahun 1973, tidak ada band yang lebih besar daripada Led Zeppelin. Buat kalian yang masih ragu, band ini memecahkan rekor jumlah penonton konser yang dicetak The Beatles di Shea Stadium pada dekade sebelumnya. Hampir 57.000 fans menyaksikan Zeppelin tampil di Tampa, Florida pada 5 Mei tahun itu.

Di bulan yang sama, Jimmy Page dkk bertolak ke pesisir barat untuk menjaga momentum mereka agar tetap berlanjut. Dan saat mereka tampil di Los Angeles pada tanggal 31, mereka merayakan ulang tahun ke-25 John Bonham sekaligus menyabet takhta rock ‘n’ roll.

Baca juga: Artis Musik Terlaris Tahun 1969-1996: Dari The Beatles Hingga Madonna

Salah satu penonton yang hadir malam itu tidak lain adalah mantan gitaris The Beatles, George Harrison, dan Led Zeppelin menarik perhatiannya karena beberapa alasan. Sebelum Bonham melempar Harrison ke kolam (dengan pakaian lengkap), pertunjukan Zeppelin selama tiga jam itu terlebih dulu membuatnya jatuh cinta.

Harrison terpesona dengan salah satu penampilan marathon Led Zeppelin

George Harrison
George Harrison saat hadir di acara The Dick Cavett Show, 1972. (Foto: Ann Limongello/Walt Disney Television via Getty Images)

Saat berada di LA, Led Zeppelin melanjutkan kegilaan yang bisa membuat Keith Moon bangga. Menurut laporan berita dari zaman itu, band ini sedang dalam “kondisi destruktif langka” selama kunjungan mereka di City of Angels.

Baca juga: Sampul Houses of the Holy Led Zeppelin Dilarang Beredar di Facebook!

Semuanya bermula saat seseorang melemparkan meja keluar jendela di Continental Hyatt House, di mana band dan rombongannya menginap. Kemudian, selama pesta ulang tahun Bonzo, drummer Zeppelin tersebut menceburkan Harrison beserta istrinya, Pattie, ke kolam renang terdekat.

Tapi Harrison benar-benar terkesan dengan apa yang disaksikannya di atas panggung malam itu—set selama tiga jam di mana Led Zeppelin menggila total. “Luar biasa!” kata George di belakang panggung. “Dengan The Beatles kami tampil selama 25 menit dan setelah 15 menit saja kami sudah lelah.”

Pada saat itu, sudah tujuh tahun sejak The Beatles berhenti tur. Harrison tidak bisa membayangkan menghadirkan tontonan yang brutal seperti yang dilakukan Zeppelin dalam waktu yang lama. Tapi, kekagumannya bukan berarti dia tidak punya kritik untuk band pionir genre hard rock ini.

Jimmy Page menanggapi kritik George dengan “The Rain Song”

Meskipun George mengagumi pertunjukan yang disajikan Zeppelin, dia juga memiliki beberapa kritik terhadap band ini. Menurut penulis Brad Tolinski (via Rolling Stone), Harrison mengatakan pada Bonham, masalah Zeppelin adalah: “kalian tidak pernah membawakan lagu ballad.”

Baca juga: Facebook Cabut Larangan Sampul Houses of the Holy Led Zeppelin

Mengingat band ini memainkan “Black Dog,” “Rock and Roll,” “Heartbreaker,” dan “Communication Breakdown” dalam set tiga jam tersebut, wajar saja kalau Harrison berpikiran seperti itu. Tapi kritikan ini justru menginspirasi Page untuk menulis lagu ballad yang membuat Harrison menarik kembali kritikannya.

Lagu itu adalah “The Rain Song,” yang merupakan salah satu karya terbaik Page sebagai penulis lagu. Dan Page tidak lupa menyelipkan pesan untuk sang mantan personil The Beatles di lagu ini. “Kalian akan lihat saya bahkan mengutip ‘Something’ di dua chord pertama lagu ini,” ucapnya.

Seperti perubahan rezim biasanya, Harrison mungkin tidak sebegitu kecewa dengan nasib Zeppelin selanjutnya. Meski dia dan Pattie diceburkan ke kolam renang, mereka sempat menyaksikan set yang luar biasa di LA malam itu. Dan Harrison sukses mengeluarkan sisi terbaik dari penguasa baru musik rock saat itu.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Lars Urlich

Dramer Terbaik Sepanjang Masa, John Bonham Atau Neil Peart? Lars Urlic...

Lars Urlich (Metallica). (Foto: Greg Chow/Shutterstock). Dramer Metallica, Lars Urlich belum lama ini menjadi bintang tamu di program "The Howard Stern Show

on Sep 19, 2020
Alkemirasa

Lewat Single 'Tiga Puluh Dua Derajat', Alkemirasa Refleksikan Arti Keh...

Alkemirasa. Alkemirasa, band shoegaze rock yang berdomisili di Jakarta dengan formasi Akel (vokal/gitar), Fiqo (vokal/gitar), Akbar (dram), Edho (bass) kemb

on Sep 18, 2020
Sang Juara Turnamen Lagu Rock Indonesia 2020

Inilah Sang Juara Turnamen 32 Lagu Rock Indonesia Terbaik 2020!

Saturia. (Foto: dok. Saturia). Ok guys, tibalah saatnya pengumuman sang juara Turnamen 32 Lagu Rock Indonesia Terbaik 2020 persembahan MataMata Musik yang d

on Aug 31, 2020
Saturia vs Morfem

Turnamen Babak Final – Side A: Saturia Vs Side B: Morfem. Vote Sekar...

Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter lo atau bikin akun sebentar di Disqus.

on Aug 30, 2020