×
×

Search in Mata Mata Musik

Ketahanan Halsey di Billboard Hot 100 Bantunya Cetak Sejarah

Posted on: 10/22/19 at 4:31 pm

Halsey menjadi satu-satunya artis wanita dengan tiga lagu yang dihapus dari daftar Billboard Hot 100 karena mampu bertahan selama periode satu tahun penuh.

Baca juga: Halsey Lepas Lagu Baru dari Album Ketiganya, Manic

Pada peringkat tangga lagu single Hot 100 minggu ini, Halsey menempati dua posisi sekaligus dengan single-nya “Graveyard” di No. 44, dan kolaborasinya bersama Post Malone di “Die For Me” di No. 94.

Sementara itu menjadi bukti yang jelas atas popularitasnya, ada satu lagu hitnya yang terasa hilang. 

Lagu andalannya yang rilis tahun lalu, “Without Me,” tidak lagi muncul di jajaran Hot 100, meskipun single itu sebelumnya nyaman bertengger di No. 33. Lagu itu ternyata dihapus dari daftar karena telah menghabiskan satu tahun di tangga lagu. 

Sesuai dengan aturan Billboard, lagu harus dihapus dari perhitungan setelah 52 minggu, kecuali lagu itu berada di atas peringkat tertentu.

Baca juga: Halsey dan Aurora Akan Ramaikan Neon Lights 2019!

Memiliki single yang dihapus oleh Billboard (“Without Me” masuk ke daftar berulang, yang khusus dibuat saat aturan itu diumumkan) pasti bikin perasaan penyanyi pop ini campur aduk, karena popularitas lagu hampir bisa dipastikan mulai memudar begitu keluar dari tangga lagu. 

Meski begitu, memiliki musik yang mampu bertahan di Hot 100 selama satu tahun menjadi kehormatan tersendiri. Bagi Halsey, penghapusan terbaru ini anehnya terasa istimewa karena ini adalah sesuatu yang ia alami lebih dari sekali.

“Without Me” adalah single ketiga Halsey yang ditarik dari Hot 100 oleh Billboard, dan ia tampaknya menjadi satu-satunya wanita yang menyaksikan hal ini terjadi pada tiga lagunya. 

Dia pertama kali mendapat pengakuan yang unik ini dengan kolaborasinya bersama The Chainsmokers, “Closer.” Lagu dance-pop hit ini merajai tangga lagu selama 12 minggu dan terus bertahan sampai tiba-tiba menghilang di 2017.

Single kedua Halsey yang ‘dipaksa’ keluar dari Hot 100 setelah sukses bertahan selama setahun adalah lagu yang digarapnya bersama produser super Benny Blanco dan penyanyi-penulis lagu Khalid, “Eastside.”

Menariknya, lagu ini memuncak di No. 9, dan hanya mampu bertahan di Top 10 untuk waktu yang singkat…namun akhirnya tetap bertengger selama setahun penuh. 

Baca juga: Halsey Tanggapi Tuduhan Gunakan LGBTQ Sebagai ‘Strategi Pemasaran’

Sekarang, “Without Me” mengakhiri periode produktifnya dalam perhitungan tangga lagu, dan meninggalkan Hot 100 setelah meraih kesuksesan dan membuktikan kalau Halsey dengan cepat menjadi salah satu nama paling sukses di kancah pop.

Selamat buat Halsey!

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Maltha

    Maltha, Mantan Dramer Metal Lepas Single Ballad Solonya, 'But Why'

    Perkenalkan penyanyi pendatang baru dari kota Jember, Jawa Timur. Nama Maltha Hilda atau cukup dipanggil Maltha saja. Belum lama ini, doi merilis single te

    on Apr 9, 2021
    Sindy Amani

    Sindy Amani Rilis EP "Never Good Enough" Setelah Sukses Di Spotify

    Setelah single 'Is It Wrong to Loving You' yang baru-baru ini meraih 1 juta streams di Spotify, Sindy Amani akhirnya melepas mini album alias EP perdananya

    on Apr 3, 2021
    Rio Febrian

    Rio Febrian Lepas Single 'Sudah Happy' Tentang "CLBK" Tak Terduga

    Rio Febrian adalah seorang penyanyi kebanggaan Indonesia yang sudah dikenal dengan lagu-lagu bertemakan romantisme. Di balik lirik yang menawan serta aluna

    on Mar 31, 2021
    Khifnu

    Khifnu Rilis 'Dengan Yang Aku Punya', Single Penyemangat Pejuang Cinta

    Setelah sukses merilis single 'Katakan Saja' dan 'Tak Sama Lagi', Khifnu kembali merilis single terbaru yang berjudul 'Dengan Yang Aku Punya' melalui

    on Mar 31, 2021