×
×

Search in Mata Mata Musik

Sekolah Musik Wanita Afghanistan Mencari Suaka Pasca Okupasi Taliban

Posted on: 08/30/21 at 12:00 pm

Sekolah Musik Wanita Afghanistan Mencari Suaka Pasca Okupasi Taliban Di Negaranya
The Miraculous Love Kids (Foto: dok. Lanny Cordola).

Sekolah musik wanita Afghanistan “cry for help”. Pasca okupasi atau pendudukan dan pengambil alihan kota Kabul secara paksa oleh Taliban memberikan dampak cukup signifikan terutama bagi para wanita. Hal ini berlaku juga pada sekolah musik khusus perempuan di Afganistan. Mereka menyerukan untuk meminta bantuan pihak luar agar membawa siswa-siswanya keluar negeri.

Baca juga: U2 Beri Penghormatan pada Tokoh Wanita dalam Konser di Mumbai

Hal tersebut dinyatakan oleh Lanny Cordola. Dia adalah seorang warga Amerika yang juga menjadi instruktur musik sekaligus pimpinan di sekolah The Miraculous Love Kids. “Kami benar-benar bersembunyi bersama dengan siswa-siswa kami, sementara ini sekolah kami tutup. Sepanjang waktu kami melihat banyak orang yang harusnya melindungi kami terpaksa hanya bisa melihat kami dijadikan alat tawar-menawar untuk mendapatkan bantuan bahkan hadiah dari pihak Taliban”.

Sekolah Musik Wanita Afghanistan Kerja Bareng Musisi Terkenal

Sekolah ini dimulai pada tahun 2006 sebagai organisasi non profit yang hanya terdiri dari 3 siswa. Selama masa kependudukan Amerika Serikat di Afghanistan, sekolah tersebut mengalami peningkatan hampir 200 orang siswa. Semua dari mereka diajarkan cara membaca, menulis, matematika, keterampilan hidup, dll. Hal seperti ini tidak pernah diberikan kepada anak perempuan dan perempuan usia di bawah umur sebelumnya.

Selama bertahun-tahun, mereka telah bekerja bareng dan merekam dengan sejumlah musisi terkenal. Di antaranya ada Brian Wilson, Tom Morello, Blake Shelton, Sammy Hagar, Chad Kroeger, Nick Cave, dan lainnya.

Sejauh ini Cordola dan murid-muridnya mencari cara untuk sampai ke bandara dengan aman. Namun baru-baru ini diberitakan lokasi tersebut dilanda serangan teroris yang menewaskan setidaknya 95 orang dan melukai 150 orang lainnya.

Sekolah musik wanita Afghanistan bermain bareng Tom Morello
Tom Morello saat berkolaborasi dengan siswa The Miraculous Love Kids.

“Kami berharap masyarakat internasional, diplomat, politisi, media berita dan LSM untuk mengevakuasi warga sipil yang terancam, untuk menemukan cara agar kami naik pesawat meninggalkan Afghanistan ke tempat yang aman. Sekarang semua berada di waktu-waktu yang genting karena jasa pengangkutan lewat udara dijadwalkan akan berakhir segera. Kami berdoa agar komunitas internasional tidak meninggalkan kami hampir mendekati kematian,” ujar Lanny mewakili.

Baca juga: ‘Perempuan Mati Di Bawah Jembatan’ Dirilis Ulang Oleh Yab Sarpote

Lanny Cordola saat ini telah dievakuasi ke Islamabad, Pakistan. Dia meminta siapa pun yang memiliki kontak militer atau keamanan yang dapat membantu mengamankan perjalanan yang aman ke bandara dan kursi di pesawat untuk menghubungi dia kapan saja, siang atau malam melalui telepon di +1-562-209-3769 atau email di lcordola19@gmail.com.

Penerjemah, Penulis & Editor: Arslan Musyfia

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Tom Morello

    Tom Morello Cover Lagu AC/DC Fitur Eddie Vedder & Bruce Springsteen

    ddie Vedder, Tom Morello, Bruce Springsteen (Foto: Full Coverage Communications). Tom Morello telah mengumumkan album solo barunya, The Atlas Underground Fi

    on Aug 5, 2021
    Rock & Roll Hall of Fame

    Rock & Roll Hall of Fame Banjir Protes Iron Maiden dan RATM Tidak Lolo...

    Iron Maiden (Foto: Kevin RC Wilson), KISS (Foto: Autumn Andel), RATM (Foto: Amy Harris). Pada hari Rabu, 12 Mei 2021 lalu, Rock & Roll Hall of Fame meng

    on May 15, 2021
    Tom Morello

    Tom Morello & Pussy Riot Collab Via Lagu Rock Politis 'Weather Strike'

    Tom Morello (Foto: Eitan Miskevich) / Nadya Tolokonnikova (Foto: Pussy Riot). Gitaris Rage Against The Machine (RATM) Tom Morello berkolaborasi dengan band

    on May 1, 2021
    Tom Morello

    Tom Morello Jadi Produser "Metal Lords", Film Netflix Tentang Remaja M...

    Tom Morello. (Foto: Paul R. Giunta Getty Images Entertainment). Sepertinya agenda gitaris Rage Against The Machine Tom Morello bakal lebih padat di tahun in

    on Feb 26, 2021