×
×

Search in Mata Mata Musik

Khawatir Virus Corona, TikTok Putuskan Tidak Ikut SXSW

Posted on: 03/4/20 at 1:42 pm

TikTok logo

TikTok memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam SXSW tahun ini. Hal itu menjadi buntut dari kekhawatiran terhadap coronavirus.

“Meskipun kami pikir risikonya relatif rendah, kami tetap ingin waspada karena kami memprioritaskan keselamatan bagi tim, content creator, mitra, artis, dan merek kami,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan kepada Rolling Stone.

Baca juga: Inilah Cara TikTok Menggunakan Brit Awards 2020 Untuk Menambah Kredibilitas

“Kami melihat sebuah berbagai cara alternatif untuk membawa bagian dari pengalaman yang sebelumnya dijadwalkan kepada khalayak dalam bentuk baru yang kreatif,” lanjutnya.

SXSW juga mengatakan dalam sebuah pernyataan pekan lalu bahwa festival tersebut telah mengetahui sejumah pihak yang membatalkan, karena coronavirus. Tetapi mereka tapi belum melihat lebih banyak pembatalan dari biasanya.

Mereka yang membatalkan yakni China Gathering, sebuah platform yang membawa pengusaha dan musisi Tiongkok ke SXSW selama tiga festival terakhir.

Tetapi lebih dari 20.000 orang telah menyerukan agar acara tersebut dibatalkan melalui petisi online, dengan alasan risiko dari perkumpulan komunitas global berskala besar di satu tempat.

Dalam pekan terakhir, Facebook dan Twitter sama-sama menarik karyawan mereka dari acara tersebut, menyebabkan pembatalan beberapa lusin pembicara dan lebih banyak peserta.

Ketika dimintai komentar tentang pengumuman TikTok pada hari Selasa, juru bicara SXSW membahas keapda Rolling Stone ke coronavirus festival yang sering ditanyakan.

Baca juga: Peranan Tiktok Dalam Industri Musik Di Era Smartphone

”Mengenai wabah Coronavirus (COVID-19) saat ini: SXSW bekerja erat setiap hari dengan lembaga-lembaga lokal, negara bagian, dan federal untuk merencanakan acara yang aman,” tulis situs itu. “Sebagai hasil dari dialog dan rekomendasi ini dari Austin Public Health, kami melanjutkan acara 2020 dengan kesehatan dan keselamatan para peserta, staf, dan sukarelawan kami sebagai prioritas utama kami,” tulis mereka.

Penerjemah: Nurul Hanna
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    YouTube Shorts

    YouTube Rilis Shorts Di AS, Layanan Video Pendek Rival TikTok

    Ilustrasi: YouTube. YouTube menggulirkan layanan video pendek untuk para pengguna yang ada di Amerika Serikat (AS). Tampaknya kehadiran layanan video pendek

    on Mar 21, 2021
    Industri Hiburan

    Surat Terbuka Untuk Presiden Jokowi Tentang Lumpuhnya Industri Hiburan

    JogjaROCKarta Festival, salah satu ikon industri hiburan kota Yogyakarta. (Foto: dok. Rajawali Indonesia). Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Setahun

    on Mar 3, 2021
    Konser

    Uji Konser Tanpa Social Distancing Primavera Sound Hasilkan 0% Terinfe...

    PRIMA-CoV. (Foto: via Primavera Sound). Pakar penyakit menular Dr. Anthony Fauci berharap konser di Amerika Serikat (AS) bisa kembali digelar pada musim gug

    on Jan 19, 2021
    Konser

    Pakar Penyakit Menular Dr. Fauci Optimis Konser Kembali Digelar Pada T...

    Dr. Fauci. (Foto: dok. Consequence of Sound). Pada konferensi virtual yang diselenggarakan oleh Association of Performing Arts Professionals, Dr. Anthony Fa

    on Jan 12, 2021