×
×

Search in Mata Mata Musik

Khemmis Kembali Via MV ‘Living Pyre’ Dari “Deceiver”, Album Mendatang

Posted on: 09/12/21 at 1:00 pm

Khemmis Comeback Via MV 'Living Pyre' Dari "Deceiver", Album Mendatang Yang Gelap
Khemmis 2021 (Foto: dok. Nuclear Blast).

Khemmis, pengibar doom metal kelahiran Denver, Colorado, Amerika Serikat ini mempersiapkan comeback mereka yang telah lama ditunggu-tunggu. Tentu saja dengan merilis album penuh keempat mereka, Deceiver. Ditetapkan oleh Nuclear Blast Records untuk dirilis pada 19 November 2021, Deceiver merupakan album pertama Khemmis dalam lebih dari tiga tahun.

Baca juga: Mastodon Umumkan Album Baru “Hushed And Grim” Seraya Lepas Single

Deceiver menampilkan suatu perjalanan musik ambisius yang indah dari awal hingga akhir dengan riff dan melodi yang berapi-api. Dihiasi artwork yang mengerikan dan tragis yang digarap oleh Sam Turner.

Khemmis - Artwork sampul album Deceiver.
Artwork sampul album Deceiver.

Daftar Lagu Deceiver:
1. Avernal Gate
2. House of Cadmus
3. Living Pyre
4. Shroud of Lethe
5. Obsidian Crown
6. The Astral Road

‘Living Pyre’ menandakan lebih dari sekadar awal dari karya baru Khemmis, melainkan juga sebagai tolok ukur substansial untuk perjuangan dan pertumbuhan emosional.

Gitaris/vokalis Ben Hutcherson berkomentar:
“Ketika menyangkut kesehatan mental gue sendiri, ketika gue berada di tempat yang buruk, gue enggak bisa mengakses bagian dari diri gue yang menciptakan seni. Setelah mencapai pemahaman tentang diri gue, sebagian besar lagu ini keluar dalam sekali duduk. Gue merasa stabil. Gue merasa penuh harapan—walaupun begitu banyak hal di luar dunia yang enggak sepenuhnya menginspirasi. Kita semua membutuhkan alasan untuk merasakan secercah harapan”.

Album Tergelap Khemmis

Vokalis/gitaris Phil Pendergast mendeskripsikan tema album:
“Secara tematis, semua lagu adalah tentang banyak cara kita ditipu untuk mempercayai cerita tentang diri kita sendiri. Bahwa kita hancur, bahwa kita tidak cukup baik, bahwa genetika kita menentukan nasib kita. Judul ini adalah ‘label’ yang kami pasang di pikiran kami sebagai kekuatan yang menipu kami untuk mempercayai cerita-cerita ini. Lintasan lirik album ini mirip dengan turunnya Dante ke dalam Inferno buatannya sendiri. Ini adalah album tergelap kami hingga saat ini”.

Hutcherson menambahkan:
“Sementara pikiran dan hati kita bertanggung jawab atas penipuan semacam ini, demikian juga dunia di sekitar kita. Ada dialektika antara keduanya yang menghasilkan penderitaan. Siapa pun yang telah berjuang dengan kesehatan mental atau menderita trauma apa pun akan memberi tahu lo bahwa ada kalanya pikiran adalah binatangnya sendiri yang harus dipertentangkan. Dalam pengertian itu, kita sendiri yang menjadi penipu; kita percaya bahwa kita layak menjadi wadah untuk rasa sakit ini dan penderitaan ini yang menimpa kita baik secara eksternal maupun internal”.

Baca juga: Hypocrisy Rilis Single Utama Dari “Worship”, Album Baru Setelah 8 Tahun

Seperti yang dibilang Phil, album mendatang ini merupakan rilisan tergelap mereka sejauh ini. Bisa lo simak dari MV (Music Video) untuk single pertama album tersebut, ‘Living Pyre’. Lo sudah bisa pre-order album Deceiver sekarang di tautan ini. Selamat menyimak MV ‘Living Pyre’, bray!

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Volbeat

    Volbeat Umumkan Perilisan Album Ke-8, "Servant Of The Mind"

    Volbeat formasi terkini (Foto: Ross Halfin). Volbeat mencoba mengulangi euforia kesuksesan album Rewind, Replay, Rebound yang dirilis tahun 2019 dengan meri

    on Sep 24, 2021
    The Metallica Blacklist

    The Metallica Blacklist: Peringkat 53 Lagu Cover Dari Terburuk Ke Terb...

    The Metallica Blacklist merupakan album kompilasi "tribute" yang paling megah dalam sejarah musik. Bagaimana tidak, mega proyek ini menampilkan 53 artis li

    on Sep 23, 2021
    Dream Theater

    Dream Theater Rilis 'Invisible Monster', Single Kedua Jelang Album Bar...

    Foto: John Green. Dream Theater telah meluncurkan lagu baru mereka yang berjudul 'Invisible Monster'. Ini adalah lagu kedua yang kita dengar dari album mend

    on Sep 23, 2021
    Vended

    Vended, Band Anaknya Corey Taylor & Clown (Slipknot) Debutkan Single

    Vended (ki-ka): Cole Espeland (gitar), Griffin Taylor (vokal), Connor Grodzicki (gitar), Simon Crahan (dram), Jeramiah Pugh (bass). (Foto: Michael Watson).

    on Sep 22, 2021