×
×

Search in Mata Mata Musik

Kibordis & Penulis Lagu Orisinil Legenda Rock Uriah Heep, Ken Hensley Tutup Usia

Posted on: 11/6/20 at 10:00 am

Kibordis & Penulis Lagu Orisinil Legenda Rock Urah Heep, Ken Hensley Tutup Usia
Ken Hensley. (Foto: via Ken-Hensley.com).

Ken Hensley, anggota orisinil Uriah Heep, meninggal dunia pada usia 75 tahun setelah sakit yang nggak begitu lama. Rocker veteran ini memainkan beberapa peran di band rock Inggris yang legendaris selama masa kejayaannya di era 1970-an, mulai dari bermain kibord, gitar ritem, dan menyanyi hingga menjadi penulis lagu utama band selama masa itu.

Baca juga: Lee Kerslake, Dramer Klasik Ozzy Osbourne dan Uriah Heep, Tutup Usia

Obituari alias berita kematian Ken Hensley dilaporkan oleh saudaranya, Trevor, yang menulis di Facebook, “Saya menulis ini dengan berat hati untuk memberi tahu kalian bahwa saudara saya Ken Hensley meninggal dengan damai pada Rabu malam. Istrinya yang cantik, Monica, ada di sisinya dan menghibur Ken di beberapa menit terakhirnya bersama kami”.

Trevor menambahkan, “Kami semua hancur oleh kehilangan yang tragis dan sangat nggak terduga ini dan meminta kalian memberi kami ruang dan waktu untuk menerima itu. Ken akan dikremasi dalam upacara privat di Spanyol, jadi jangan meminta informasi tentang pemakaman. Ken telah pergi tetapi dia nggak akan pernah dilupakan dan akan selalu ada di hati kita. Tetap aman ya di luar sana”.

Sekali lagi, Ken Hensley adalah anggota orisinil Uriah Heep bersama vokalis David Byron, gitaris Mick Box, bassis Paul Newton, dan dramer Alex Napier. Dia tetap bersama band ini dari formasi tahun 1969 hingga 1980, selama masa itu dia menulis atau ikut menulis sebagian besar lagu-lagu mereka. Dia muncul di 13 album pertama Uriah Heep, menulis lagu-lagu yang telah menjadi klasik seperti ‘Lady in Black’, ‘Easy Livin”, ‘Stealin” dan ‘Look at Yourself’. Pada dua lagu berikut ini, ‘Lady in Black’ dan ‘Look at Yourself’, Ken Hensley mengisi vokal utamanya.

Sebelum membentuk Uriah Heep, Ken Hensley adalah anggota The Gods bersama rekan bandnya yang beken seperti Mick Taylor (The Rolling Stones), Greg Lake (Emerson, Lake & Palmer), dan Lee Kerslake (Uriah Heep, Ozzy Osbourne). Dia juga merilis beberapa album solo di sepanjang kariernya.

Ken Hensley pindah ke Amerika Serikat pada 1980 dan menjadi anggota band Southern rock Blackfoot dan tampil di dua album. Dia juga berkontribusi pada sejumlah album oleh band lain, termasuk bermain kibord dan organ untuk band heavy metal W.A.S.P. dan hard rock Cinderella.

Salah satu anggota sekaligus pendiri Uriah Heep, Mick Box, yang kini masih menjadi anggota band, mengeluarkan pernyataan berikut terkait meninggalnya Ken Hensley:

“Saya menerima kabar buruk pagi ini dari manajer Ken Steve Weltman bahwa Ken Hensley telah meninggal dunia.

Saya baru saja selesai menonton videonya tentang unboxing dari 50th Anniversary Box Set tadi malam, di mana dia tampak baik-baik saja dan sangat bangga terhadap masa dia di Uriah Heep, yang baru saja menambah keterkejutannya.

Kami mungkin nggak selalu menjadi teman terbaik, tetapi ada saat-saat indah yang kami bagi juga, yang akan selalu saya ingat.

Ken menulis beberapa lagu yang luar biasa selama masa jabatannya bersama band, dan itu akan tetap menjadi warisan musik yang akan ada di hati orang selamanya.

Komunikasinya melalui lirik dan melodi telah teruji oleh waktu, dan dengan kekuatan dan chemistry dari band yang menghidupkan lagu-lagu itu, kami mencapai kesuksesan yang hanya dapat kami impikan.

Belasungkawa tulus saya sampaikan kepada keluarga dan istrinya Monica dan semoga dia beristirahat dengan tenang”.

Kematian Ken Hensley terjadi hanya enam minggu setelah kematian dramer Lee Kerslake, yang merupakan rekan band Ken Hensley di The Gods dan Uriah Heep, serta anggota awal band solo Ozzy Osbourne.

Baca juga: Gitar Frankenstrat Eddie Van Halen Akan Dilelang Di Icons & Idols: Rock and Roll

MataMata Musik juga turut berduka cita kepada keluarga, teman, dan rekan band Ken Hensley selama masa sulit ini. Untuk mengenang Ken Hensley, mari saksikan video Ken Hensley saat dia menyanyikan vokal utama di lagu Uriah Heep ‘Lady in Black’ di bawah ini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Gelora Saparua

    Gelora Saparua: Episentrum Sejarah Geliat Rock & Metal Indonesia

    Gelora Saparua. Sesuai namanya, Gelora adalah akronim dari Gelanggang Olahraga. Selain lapangan atletik dan taman sarana umum, salah satu tempat di dalam a

    on Jun 7, 2021
    King Gizzard & The Lizard Wizard

    King Gizzard & The Lizard Wizard Siap Rilis Album Ke-18, "Butterfly 30...

    King Gizzard & The Lizard Wizard (Foto: Jason Galea). King Gizzard & The Lizard Wizard. Yoi Australia punya nih. Setelah Tame Impala, gaya rock retr

    on May 12, 2021
    God Bless

    God Bless Ungkap Arti Rayakan 48 Tahun Karier Via Lagu 'Mulai Hari Ini...

    Tonggak awal bagi legenda hidup rock Indonesia God Bless dimulai pada tanggal 4 dan 5 Mei 1973. Pada 5 Mei, nama God Bless disepakati oleh para personelnya

    on May 5, 2021
    Greta Van Fleet

    Greta Van Fleet Patahkan Tudingan 'Rock Sudah Mati' Gene Simmons

    Greta Van Fleet / Gene Simmons (Foto: Kevin RC Wilson). Bagi para pecinta musik generasi millenial dan Z, Greta Van Fleet selama ini dielu-elukan sebagai ro

    on Apr 28, 2021