×
×

Search in Mata Mata Musik

Kid Rock “Si Mulut Sampah” Tersandung Kasus Homofobik Setelah Rasis

Posted on: 06/8/21 at 12:30 pm

Kid Rock "Si Mulut Sampah" Tersandung Kasus Homofobik Setelah Rasis
Si Rocker Bengal (Foto: AP Photo/Terry Renna, File).

Kid Rock tertangkap basah oleh kamera video, saat doi dengan terang-terangan melontarkan cercaan bernada homofobik dalam pertunjukan dadakan di sebuah bar di Tennessee pada Sabtu malam, 5 Juni. Pelantun lagu ‘American Bad-Ass’ ini tampaknya enggak belajar banyak dari skandal baru-baru ini yang melanda temannya, Morgan Wallen. Penyanyi country ini kasusnya lebih kepada cercaan bernada rasial. Saat itu doi teriak, “Take care of this pussy ass motherfucker,” sebelum menambahkan, “Take care of this pussy ass Nigga”.

Baca juga: Sinead O’Connor Pamit Dari Dunia Musik, Album 2022 Jadi Finalnya

TMZ telah memposting video Kid Rock yang kesal dan mengoceh kepada penggemar yang merekam penampilannya dengan smartphone. Pada satu titik rocker ini berteriak, “Fuck your iPhone,” dan kemudian menunjuk ke selangkangannya dan bernyanyi, “You can post this, you can post this, you can post this dick right now”. Doi kemudian berteriak, “You fucking faggots with your phones out,” sebelum videonya terputus.

Cuplikan video itu diambil saat Kid Rock berada di atas panggung di FishLipz Bar & Grill di Smithville, Tennessee, Amerika Serikat. Doi dengan jelas berbicara kepada penonton yang merekamnya, enggak seperti Wallen, yang tertangkap kamera meneriakkan “N-word” saat berada di luar rumahnya di Nashville.

Kid Rock dan Morgan Wallen

Enggak main-main. Ocehan rasisnya yang terekam video dan viral di internet berbuntut panjang. Kontrak rekaman Wallen menjadi ditangguhkan oleh labelnya dan lagu-lagunya pun ditarik dari radio-radio. Serta juga diboikot oleh Academy of Country Music. Namun, popularitasnya justru berdampak positif ke penjualan albumnya yang menembus posisi teratas. Karena album terbarunya, Dangerous: The Double Album, menghabiskan 10 minggu di puncak tangga lagu Billboard 200.

Penyanyi country itu kemudian berjanji untuk berbuat lebih baik dan tidak mengulanginya lagi setelah insiden itu. Dan mengambil langkah menjauh dari sorotan publik selama beberapa bulan. Tetapi doi baru-baru ini kembali ke panggung, muncul di Big Ass Honky Tonk Rock N’ Roll Steakhouse milik Kid Rock, di mana doi membawakan beberapa lagu, dan terlihat bermain-main dengan Kid Rock.

Berbeda dengan Kid Rock. Doi mengeluarkan pernyataan tentang penggunaan cercaan homofobia dalam video tersebut malah mengulang cercaan yang sama dalam bentuk tertulis. “Jika Kid Rock menggunakan kata “faggot” menyinggung lo, kemungkinan besar lo salah satunya. Bagaimanapun juga, gue tahu dia memiliki banyak cinta untuk teman-teman gaynya dan gue akan berbicara dengannya. Semoga hari lo menyenangkan. -Bob Ritchie”. Bob Ritchie enggak lain adalah nama asli Kid Rock. Jadi doi seolah-olah sedang membicarakan dua karakter yang berbeda.

Menghina Oprah Winfrey

Kid Rock yang ngetop dengan lagu hit ‘Only God Knows Why’ ini memang sudah enggak asing dengan kontroversi. Sebelumnya membuat komentar vulgar tentang Oprah Winfrey saat tampil di Big Ass Honky Tonk Rock N’ Roll Steakhouse miliknya. Doi ngoceh, “Oprah Winfrey, dia seperti, ‘Gue akan membuat wanita kulit putih percaya pada omong kosong ini’. Yah, persetan, dia bisa mengisap kontol gue dari samping”. Meski demikian musisi slenge’an itu melanjutkan dengan bersikeras bahwa doi bukan rasis sebelum pingsan karena mabuk, dan diseret dari panggung oleh petugas keamanan bersenjata.

Doi kemudian mengklaim di Twitter bahwa penghinaannya terhadap pembawa acara talk show terkenal itu berasal dari polis booking di The Oprah Winfrey Show. Kid Rock sejak itu menanggapi penghinaannya terhadap Oprah Winfrey, dengan men-tweet, “Orang-orang gue mencoba membuat gue tampil di The Oprah Winfrey Show bertahun-tahun yang lalu. Dan orang-orangnya Oprah ingin gue menuliskan 5 alasan mengapa gue mencintainya dan pertunjukannya. Gue bilang persetan dengan itu dan dia. Akhir dari cerita”.

Hal itu menyebabkan Michigan National Action Network menegur Kid Rock. Dan sang rocker akhirnya memutuskan untuk menutup restoran Made in Detroit miliknya dengan tidak memperpanjang masa sewa tempatnya.

Baca juga: Ramones ‘I Wanna Be Sedated’ Digubah Tenacious D Buat Kampanye Vaksin

Kata-kata kotor terbaru dari Kid Rock bisa lo lihat di video berikut.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    AC/DC

    AC/DC 'Highway To Hell' Dicover Sempurna Bocah 7 Tahun, Keren Gila!

    AC/DC cover? Lagu-lagunya tentu sudah ribuan kali di-cover oleh ribuan orang di dunia. Tetapi akan menarik ceritanya jika yang meng-cover adalah seorang bo

    on Jun 4, 2021
    Suspect208

    Suspect208 (Band Rock Anaknya Slash, Robert Trujillo) Bubar!

    Suspect208 bubar! Band rock muda yang menampilkan putranya Slash (Guns N' Roses) dan Robert Trujillo (Metallica), dan sempat dihuni oleh putra mendiang vok

    on May 25, 2021
    Rage Against The Machine

    Rage Against The Machine Suarakan Solidaritas Untuk Rakyat Palestina

    RATM (Foto: Robin Harper). Rage Against The Machine (RATM) menyuarakan solidaritasnya kepada rakyat Palestina menyusul serangan udara mematikan Israel yang

    on May 14, 2021
    God Bless

    God Bless Ungkap Arti Rayakan 48 Tahun Karier Via Lagu 'Mulai Hari Ini...

    Tonggak awal bagi legenda hidup rock Indonesia God Bless dimulai pada tanggal 4 dan 5 Mei 1973. Pada 5 Mei, nama God Bless disepakati oleh para personelnya

    on May 5, 2021