×
×

Search in Mata Mata Musik

Kilo Kitchen Si Pelopor Tren Live Music Sukses Gelar JCM

Posted on: 12/2/19 at 8:36 pm

Beberapa waktu lalu, Kilo Kitchen and Lounge ini telah berhasil menggelar acara Jakarta Culinary Movement (JCM).

JCM adalah gelaran yang menyajikan makanan hasil dari kolaborasi lima koki Indonesia yang luar biasa.

Program ini menyajikan perpaduan Internasional antara cita rasa Asia dan keahlian memasak Barat. Proyek yang secara khusus dibuat dalam tujuan CSR (Corporate Social Responsibility) itu bakal mengalokasikan dana untuk mendukung sejumlah koki muda berbakat dan bersemangat untuk bersaing di luar negeri.

Deretan koki di acara JCM. (Matamatamusik)

JCM dibentuk oleh beberapa koki Indonesia terkenal yang tergabung dalam asosiasi khusus para koki. Mereka yang terlibat di antaranya Chef Phillip Walasary (Chef Eksekutif TWG Tea Jakarta), Chef Patrick Ramon (Chef Eksekutif Perusahaan Batiqa Group), Chef Reggie Kaihatu (Chef Eksekutif Altitute Jakarta), Chef Bastian Muntu (Chef Eksekutif dari Juruselamat Pakubuwono), serta Chef Wiem Kahyang Isha (Chef Eksklusif Kilo Kitchen Jakarta).

Dalam makan malam kolaborasi ketiga ini, lima koki yang luar biasa berkolaborasi untuk membuat menu set makan malam. Adapun lima menu yang dikuratori, meliputi starter, appetizer, main course, dan
pencuci mulut.

Untuk menyambut para tamu, koktail gratis disediakan oleh TWG yang terdiri dari asem kunyit Teh Alfonso, monkey shoulder, jus lemon untuk tamu pria, atau Pink Beauty–terbuat dari beras kencur yang diinfuskan dengan Eternal Summer Tea, hendrick gin, serta jus cranberry untuk para tamu perempuan.

Salah satu hidangan di JCM. (Matamatamusik)

Menu pembuka “The Egg Nest”, atau amuse bouche, terbuat dari foei grass mousse, sturia caviar, dan leek hey yang diramu oleh Chef Phillip. Hidangan pertama, Beef Tartar “Bumbu Reuceuh” merupakan interpretasi Sunda dari tartare sapi klasik oleh Chef Bastian Muntu dari Savior Pakubuwono.

Sementara, hidangan kedua adalah “Sous vide Octopus” yang terbuat dari salsa belimbing mangga, ketumbar espresso, dengan sentuhan colo colo Ambon yang manis oleh Chef Reggie Kaihatu dari The Altitute Grill.

Jangan lupakan hidangan utama “Aburi Spicy Salmon” yang terbuat dari apel dan kacang polong tumbuk, buatan Chef Wiem dari Kilo Kitchen Jakarta, yang merupakan tuan rumah utama.

Untuk penutup yang manis, Chef Idris dari Valrhona Indonesia mempersembahkan “The chocolate symphony” yang merupakan bola cokelat Valhorna, disajikan dengan kompot buah tropis, jahe hancur, dan diinfuskan oleh Nitrogen.

Logo Kilo (Matamatamusik).

Menu lengkap lima hidangan lengkap dari Makan Malam Kolaborasi JCM dihargai Rp600.000 nett untuk pemesanan 90 orang di tempat duduk normal, dan Rp800.000 nett (dengan pemasangan anggur).

Program dari Jakarta Culinary Movement akan berlangsung antara Agustus 2019 dan Januari 2020. Setiap bulan akan ada kegiatan satu kali dalam bentuk makan malam dengan kreasi menu koki yang unik. Tertarik mencoba?

Mata Mata Musik's Newsletter