×
×

Search in Mata Mata Musik

Kim Thayil: Banyak Hal “Omong Kosong” Dari Konser Tribute Untuk Chris Cornell

Posted on: 09/9/20 at 3:30 pm

Kim Thayil (Soundgarden): Banyak Hal "Omong Kosong" Dari Konser Tribute Untuk Chris Cornell
Kim Thayil dan alm Chris Cornell. (Foto: Jim Dyson/Getty Images).

Pada Januari 2019, konser tribute untuk Chris Cornell bertajuk “I Am the Highway”, yang diselenggarakan oleh Vicky Cornell, janda almarhum vokalis Soundgarden tersebut. Konser itu berlangsung di Forum di Inglewood, California, Amerika Serikat. Gitaris Soundgarden Kim Thayil belum lama ini “buka-bukaan” tentang pengalamannya dalam konser tribute itu kepada Kerrang!, dan menjelaskan bahwa meskipun menghormati warisan dari rekan satu band mereka itu bagus, namun banyak hal dari konser tribute itu yang “omong kosong”. Wew!

Baca juga: Kim Thayil (Soundgarden): ‘Ratusan’ Band Sukses Menjiplak Alice In Chains

“Hal terbaik tentang (konser tribute) itu adalah memainkan lagu-lagu Soundgarden lagi bareng Matt (Cameron) dan Ben (Shepherd), dan hal terbaik berikutnya adalah memiliki teman dan tamu bergabung dengan kami,” ungkap Kim Thayil. “Sisanya sedikit nggak nyaman. Itu semacam penanganan acara yang kacau. Hal itu telah mengorek luka yang terbuka, secara emosional, dan nggak ada yang begitu suka melakukannya”.

Namun, yang jelas, mereka senang bisa berada di atas panggung bersama-sama lagi, dan sang gitaris juga memperhatikan betapa emosionalnya pengalaman itu. “Itu adalah keluarga Soundgarden (yang sedang) bersama-sama, melakukan apa yang dilakukan Soundgarden dan menghormati serta merindukan anggota tercinta kami yang telah meninggal. Itu penting”.

“Selebihnya, ya sifat selebriti, promosi, dan fokusnya adalah omong kosong. Dan kami tahu itu omong kosong,” ujar Kim Thayil mengakui secara blak-blakan.

Soundgarden memainkan sejumlah lagu di konser tersebut, diikuti oleh sederet tamu spesial seperti Taylor Momsen dari Pretty Reckless, Buzz Osbourne dari Melvins dan Taylor Hawkins dari Foo Fighters. Selain mereka, banyak musisi lainnya, yakni para anggota Audioslave dan Temple of the Dog yang masih hidup, Metallica, Foo Fighters, Melvins, Toni anak ceweknya Chris Cornell, Adam Levine dari Maroon 5, Brandi Carlile, Chris Stapleton, dan Miley Cyrus.

Baca juga: Soundgarden Tuntut Janda Chris Cornell Atas Tuduhan Korupsi Uang Konser Amal

“Kami melakukannya untuk satu sama lain, untuk mendukung warisan Chris,” ujar Kim Thayil merenung. “Ada sesuatu yang canggung dan nggak intim mengenai hal itu. Sulit bagi gue untuk memahami dan memaklumi situasi itu, tapi gue senang kami melakukannya untuk teman dan keluarga kami”.

Mmm… kalau menurut lo, apa yang dimaksud “omong kosong” dari Kim Thayil? Dua artikel tentang masalah sengketa antara pihak Soundgarden dan Vicky Cornell mungkin bisa memberi petunjuk. Tulis di kolom komentar ya, bray, apa yang menurut pemikiran lo.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Ash-Shur

Gypsy Rocker Ash-Shur Rilis Album Debut Sebagai Pelengkap Kekacauan 20...

Ash-Shur. Band asal kota kembang pengusung genre gypsy rock bernama Ash-Shur ini memberanikan diri untuk merilis album debutnya yang bertajuk Beware of Cosm

on Dec 27, 2020
Vicky Cornell

Janda Alm. Chris Cornell Menegaskan Album Final Soundgarden Akan Diril...

Soundgarden. (Foto: Michael Lavine). Jandanya Chris Cornell, Vicky Cornell telah menyatakan bahwa semua musik almarhum suami dan vokalis Soundgarden itu yan

on Dec 16, 2020
Weezer

Rivers Cuomo Menjual Lebih Dari 2.000 Demo Weezer Yang Belum Pernah Di...

Rivers Cuomo (Weezer). (Foto: Ben Kaye). Tahun ini album baru Weezer yang diberi judul Van Weezer memang belum dirilis, itu artinya tahun depan dirilisnya.

on Dec 9, 2020
Alice in Chains

Alice In Chains Diberi Tribute Oleh Metallica, Korn, Eddie Vedder Di A...

Pada Selasa (1 Desember) malam lalu, Alice in Chains mendapatkan penghargaan sebagai penerima Founders Award 2020 dari Museum of Pop Culture (MoPop). Ba

on Dec 7, 2020