×
×

Search in Mata Mata Musik

Kim Thayil (Soundgarden): ‘Ratusan’ Band Sukses Menjiplak Alice In Chains

Posted on: 09/7/20 at 6:30 am

Kim Thayil (Soundgarden): 'Ratusan' Band Sukses Menjiplak Alice In Chains
Kim Thayil (Soundgarden) dan Jerry Cantrell (Alice In Chains). (Foto: Getty Images).

Salah satu hal yang membuat gerakan “grunge Seattle” begitu istimewa adalah persahabatan antara banyak band pengusung alternative rock top dunia yang menjadi motor penggerak scene grunge di Seattle, Washington, Amerika Serikat.

Baca juga: Sebelum & Sesudah: 23 Rocker Yang Pernah Berambut Panjang dan Pendek

Para dedengkot grunge yang juga terkenal sebagai “big 4” grunge, yakni Nirvana, Pearl Jam, Soundgarden dan Alice In Chains yang semua personilnya mengenal satu sama lain dan bersepakat untuk mencapai kesuksesan rekan-rekan mereka, yang mana lebih jelasnya: jika satu band berhasil keluar dari Seattle, itu memvalidasi kesuksesan mereka semua. Dan sudah terbukti dan tercatat dalam sejarah.

Ternyata memang beberapa band dari kota itu menjadi terkenal ke seantero dunia. Beberapa dekade kemudian, gitaris dan salah satu pendiri Soundgarden, Kim Thayil masih mendukung dan memuji kebajikan orang-orang yang satu era dengannya.

Dalam percakapan baru dengan Spin, doi membahas hal yang membuat Alice In Chains begitu spesial. Band yang hubungannya sangat dekat dengan doi dan personil Soundgarden lainnya.

Karena Soundgarden dan Alice In Chains berada dalam satu manajemen yang sama di akhir 1980-an, Kim Thayil mencatat bahwa doi saat itu berada di depan dan di tengah perkembangan karier Alice in Chains. Doi mengingat perubahan drastis dari demo paling awal band ini ke materi yang menjadi album debut yang kelak mendobrak industri musik, Facelift.

“Pada saat itu, kami memiliki kaset demo dari Alice In Chains sebelumnya, yang sedikit lebih nge-rock, dan memiliki kesamaan dengan musik yang ramai dimainkan banyak band di L.A. pada saat itu,” kata Kim Thayil menjelaskan. “Ketika kami mendengar lagu-lagu demo untuk Facelift, itu adalah cerita yang sama sekali berbeda. Ini lebih cadas, lebih gelap, dan memiliki beberapa komponen yang pasti dari musik yang terjadi di Seattle saat itu”.

Lagu favorit Kim Thayil di Facelift adalah lagu yang liriknya lebih mendalam, ‘It Ain’t Like That’, yang dikreditkan kepada tiga anggota Alice In Chains, yakni gitaris Jerry Cantrell, bassis Mike Starr dan dramer Sean Kinney.

“Gue selalu tertarik pada lagu itu, dan itu salah satu lagu yang gue harap gue yang menulis,” ungkap Kim Thayil. “Biasanya, ketika gue menyukai sebuah lagu, itu seperti, ‘Men, mengapa gue nggak memikirkannya ya?’… Tapi ketika gue mendengar riff itu, gue berpikir, ‘Oh, men, itu hal yang paling keren’. Gue suka groove-nya. Gue suka gaya slinky dan psychedelic-nya, dan gue punya kesempatan untuk memainkan lagu itu bersama mereka di atas panggung. Itu menyenangkan, bisa naik ke sana dan memainkan riff itu”.

Kim Thayil melanjutkan, dengan berargumentasi bahwa harmoni vokal khas Alice in Chains yang tercipta dari hasil duet antara Jerry Cantrell (gitar dan vokal latar) dan Layne Staley (vokalis yang sudah almarhum) telah ditiru oleh “mungkin ratusan band komersial” yang telah merilis album, namun gaya unik penulisan riff band ini, yang dipimpin oleh Jerry Cantrell, adalah sesuatu yang lebih sedikit band lain yang bisa menyontek.

“… Teknik “string-bending” Jerry, menulis riff dengan gaya bending yang licin dan menyeret ini,” tutur Kim Thayil tentang sesama gitaris kawakan ini. “…Jika gue mendengar lagu atau album baru Alice In Chains, gue bisa membedakannya dari peniru mereka ketika gue mendengar riff itu, gaya bending itu”.

Jerry Cantrell, memang terkenal dengan teknik “string-bending” (pelengkungan senar) sebagai salah satu suara khas permainan gitarnya.

Baca juga: Alice in Chains Hadirkan Episode Terakhir Black Antenna

Kim Thayil sering menyebut riff “string-bending” satu nada dari single kebangkitan Alice In Chains pada 2009 lalu yang berjudul ‘Check My Brain’ sebagai salah satu lagu favoritnya sepanjang masa.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BUZZ

Amarah Trio Grunge BUZZ Meledak Melalui 'Awas!!!', Lagu Tentang Kemerd...

BUZZ. Setelah beberapa waktu lalu single kedua BUZZ 'Tanah Semburat' mengudara, kali ini trio alternative rock kelahiran kota Malang ini kembali melancarkan

on Sep 17, 2020
Nothing band

Shoegaze Rocker NOTHING Rilis Single Ajib Dari 'The Great Dismal', Alb...

Nothing. (Foto: Krista Schlueter/Stereogum). Shoegaze rocker kelahiran Philadelphia, Amerika Serikat (AS), Nothing baru saja mengumumkan album keempat merek

on Sep 13, 2020
Remissa

Jelang Tur Bersama Trio Lesehan, Kuartet Alt-Rock Remissa Rilis MV Ter...

Sebagai pemanasan menyambut turnya bersama Trio Lesehan (Iksan Skuter, Jason Ranti, Bagus Dwi Danto), kuartet alternative rock asal kota Malang, Remissa, l

on Sep 11, 2020
Kim Thayil

Kim Thayil: Banyak Hal "Omong Kosong" Dari Konser Tribute Untuk Chris ...

Kim Thayil dan alm Chris Cornell. (Foto: Jim Dyson/Getty Images). Pada Januari 2019, konser tribute untuk Chris Cornell bertajuk "I Am the Highway", yang di

on Sep 9, 2020