×
×

Search in Mata Mata Musik

King Gizzard & The Lizard Wizard Siap Rilis Album Ke-18, “Butterfly 3000”!

Posted on: 05/12/21 at 11:00 am

King Gizzard & The Lizard Wizard Siap Rilis Album Ke-18, "Butterfly 3000"!
King Gizzard & The Lizard Wizard (Foto: Jason Galea).

King Gizzard & The Lizard Wizard. Yoi Australia punya nih. Setelah Tame Impala, gaya rock retro yang memiliki elemen psychedelic memang kian digemari dan menginspirasi. Band kelahiran Melbourne, Victoria ini namanya cukup menggema beberapa tahun belakangan di kancah rock dunia.

Baca juga: Psychedelic Rocker Kinder Bloomen Menyatukan Perbedaan Dalam EP “PROGRESSION I”

Sixtet rocker ini termasuk produktif. Sejak dibentuk pada 2010, sejauh ini mereka telah mengantongi 12 album studio, 8 album live, 2 kompilasi, dan 2 EP. Dan seperti enggak pernah kehabisan ide, lagi-lagi mereka telah mengumumkan album terbaru mereka! Judulnya Butterfly 3000 dan yoi, menandakan album ke-18 mereka, bray. Album ini akan diluncurkan pada 11 Juni mendatang di bawah bendera Flightless, label rekaman milik mantan personel band, Eric Moore.

King Gizzard mengumumkan Butterfly 3000 melalui postingan Instagram, mengungkapkan bahwa album tersebut enggak akan didahului oleh single lanjutan mana pun. Mereka hanya mendeskripsikan musik karya terbaru mereka ini sebagai “melodi + psikedelik”.

King Gizzard & The Lizard Wizard Butterfly 3000

Sementara itu, dalam siaran persnya, mereka menambahkan bahwa Butterfly 3000 adalah “rangkaian sepuluh lagu yang semuanya dimulai sebagai loop nada naik-turun yang disusun pada synthesizer modular, sebelum diubah menjadi dream pop-dream pop yang adiktif, optimis, dan benar-benar menggoda oleh enam musisi tersebut”.

“Album ini terdengar secara bersamaan seperti belum pernah mereka lakukan sebelumnya, dan secara menyeluruh, ini jelas-jelas Gizzard, hingga ke perkembangan psych-a-tronic neon klimaksnya,” lanjut siaran pers tersebut. “Tidak diragukan lagi, ini adalah album yang paling mudah diakses dan paling menggembirakan dalam karier mereka”.

Artwork album, yang digarap oleh Jason Galea, adalah “autostereogram juling”. Autostereogram adalah ilusi visual (gambar 3D yang harus lo lihat pada garis silang untuk melihatnya) yang merupakan analog fisik yang sesuai untuk musik KGATLW secara umum.

Butterfly 3000 merupakan lanjutan dari album King Gizzard dan Lizard Wizard L.W. yang dirilis pada Februari 2021. Album yang berfungsi sebagai pendamping album K.G., yang dirilis pada November 2020. tiga bulan lebih awal.

Baca juga: Tom Morello & Pussy Riot Collab Via Lagu Rock Politis ‘Weather Strike’

Pada bulan Maret tahun ini, band ini juga merilis film konser Live in Melbourne ’21. Langsung ditonton, bray.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Gelora Saparua

    Gelora Saparua: Episentrum Sejarah Geliat Rock & Metal Indonesia

    Gelora Saparua. Sesuai namanya, Gelora adalah akronim dari Gelanggang Olahraga. Selain lapangan atletik dan taman sarana umum, salah satu tempat di dalam a

    on Jun 7, 2021
    God Bless

    God Bless Ungkap Arti Rayakan 48 Tahun Karier Via Lagu 'Mulai Hari Ini...

    Tonggak awal bagi legenda hidup rock Indonesia God Bless dimulai pada tanggal 4 dan 5 Mei 1973. Pada 5 Mei, nama God Bless disepakati oleh para personelnya

    on May 5, 2021
    Greta Van Fleet

    Greta Van Fleet Patahkan Tudingan 'Rock Sudah Mati' Gene Simmons

    Greta Van Fleet / Gene Simmons (Foto: Kevin RC Wilson). Bagi para pecinta musik generasi millenial dan Z, Greta Van Fleet selama ini dielu-elukan sebagai ro

    on Apr 28, 2021
    Hubert Henry

    Hubert Henry, Bassis & Pendiri Boomerang Meninggal Setelah Kritis

    Hubert Henry Limahelu (Foto: Instagram/Boomerang_official). Kabar duka kembali menyelimuti kancah musik Tanah Air. Bassis sekaligus pendiri band hard rock l

    on Apr 24, 2021