×
×

Search in Mata Mata Musik

KISS, Metallica dan Post Malone Masuk Daftar Artis Bayaran Termahal 2020

Posted on: 06/9/20 at 9:30 am

James Hetfield (Metallica), Post Malone, Paul Stanley (KISS).
James Hetfield (Metallica), Post Malone, Paul Stanley (KISS).

Meskipun semua aktifitas touring sedang mengalami jeda panjang di tengah pandemi virus Corona, hal itu tidak mempengaruhi sejumlah band atau artis untuk tetap masuk ke deretan “Celebrity 100” rilisan Forbes: sebuah daftar tahunan yang mereka buat tentang selebriti bayaran termahal.

Perusahaan media itu mencatat bahwa ada penurunan sebesar US$ 200 juta atau sekitar 2,7 triliun dari total bayaran gabungan tahun lalu dari seluruh selebriti yang terlibat (daftar Top 100 teratas pada tahun 2020 menghasilkan total US$ 6,1 miliar atau sekitar Rp 84 triliun di antara mereka), namun tetap saja, kegiatan tur yang diperpanjang dari Metallica, KISS dan Post Malone sebelum era wabah Covid-19 telah mengamankan mereka tiga posisi dalam daftar bergengsi tersebut.

Metallica berada di urutan #78 dalam daftar 100 selebriti dengan bayaran tertinggi Forbes, setelah menghasilkan US$ 40,5 juta (Rp 561 miliar) pada tanggal 4 April 2020 berkat kesuksesan tur WorldWired para ikon metal asal California, Amerika Serikat (AS) itu. Serangkaian konser epik Metallica dimulai pada tahun 2016 dan telah meraup keuntungan lebih dari US$ 400 juta (Rp 5,5 triliun), meskipun band ini berencana untuk mengakhirinya pada akhir tahun ini (mudah-mudahan, untuk mengerjakan album baru ya?).

Glam rocker legendaris KISS, sementara itu, berada sedikit lebih jauh di belakang Metallica dalam daftar itu, datang di urutan #95 dengan US$ 36,5 juta (Rp 506 miliar). Tetap saja, ini adalah pertama kalinya mereka muncul dalam daftar sejak tahun 2001, dengan Forbes menjelaskan: “Para rocker berkostum mahal ini meraup US$ 90 juta (Rp 1,2 triliun) selama touring pada tahun 2019, hampir sama jumlahnya dengan superstar seperti Phil Collins dan Shawn Mendes”.

Sedangkan untuk Post Malone, tidak mengherankan bahwa sang rapper/penyanyi multi-genre ini berada di urutan #28, dia dilaporkan laris manis dengan jumlah keuntungan lebih dari US$ 1,3 juta (Rp 18 miliar) per kota selama tur terbarunya. Dia muncul dalam daftar dengan jumlah bayaran sebesar US$ 60 juta (Rp 831 miliar), dengan totalnya yang terdiri dari hasil keuntungan tur, hasil penjualan dari album terbarunya Hollywood’s Bleeding, uang endorsement alias sponsor dari Bud Light Seltzer, dan produk minuman anggur merah Maison No. 9 rosé miliknya sendiri.

Ini semua adalah angka penghasilan seleb yang benar-benar gokil, jelas saja ya – meskipun mereka sama sekali tidak mendekati sang seleb di urutan #1 tahun ini: supermodel Kylie Jenner dengan penghasilan total sebesar US$ 590 juta atau sekitar Rp 8,1 triliun. Bagi dong!

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Alex Porat

    Alex Porat Rilis Single & MV 'dimension' Sebagai Simbol Surga-Neraka

    Penyanyi asal Kanada, Alex Porat, pada hari Rabu, 5 Mei merilis single terbarunya, 'dimension' bersamaan dengan video musik yang disutradarai oleh kolabo

    on May 6, 2021
    Willow Smith

    Willow Smith Kejutkan Jada Pinkett Tampil Bareng Band Metal Sang Ibu

    Willow Smith mimpin band Wicked Wisdom. (Foto: via Facebook). Willow Smith, putri dari pasangan aktor Will Smith dan Jada Pinkett Smith bikin heboh. Willow

    on May 6, 2021
    Twisted Sister

    Twisted Sister Terima Rp 16,9 M Dari Politisi Australia Pelanggar Hak ...

    Dee Snider (tengah) bersama Twisted Sister circa 1984. (Foto: Mark Weiss/Getty Images). Seorang Politisi Australia, Clive Palmer dikabarkan harus merogoh ko

    on May 3, 2021
    Greta Van Fleet

    Greta Van Fleet Patahkan Tudingan 'Rock Sudah Mati' Gene Simmons

    Greta Van Fleet / Gene Simmons (Foto: Kevin RC Wilson). Bagi para pecinta musik generasi millenial dan Z, Greta Van Fleet selama ini dielu-elukan sebagai ro

    on Apr 28, 2021