×
×

Search in Mata Mata Musik

KISS, Metallica dan Post Malone Masuk Daftar Artis Bayaran Termahal 2020

Posted on: 06/9/20 at 9:30 am

James Hetfield (Metallica), Post Malone, Paul Stanley (KISS).
James Hetfield (Metallica), Post Malone, Paul Stanley (KISS).

Meskipun semua aktifitas touring sedang mengalami jeda panjang di tengah pandemi virus Corona, hal itu tidak mempengaruhi sejumlah band atau artis untuk tetap masuk ke deretan “Celebrity 100” rilisan Forbes: sebuah daftar tahunan yang mereka buat tentang selebriti bayaran termahal.

Perusahaan media itu mencatat bahwa ada penurunan sebesar US$ 200 juta atau sekitar 2,7 triliun dari total bayaran gabungan tahun lalu dari seluruh selebriti yang terlibat (daftar Top 100 teratas pada tahun 2020 menghasilkan total US$ 6,1 miliar atau sekitar Rp 84 triliun di antara mereka), namun tetap saja, kegiatan tur yang diperpanjang dari Metallica, KISS dan Post Malone sebelum era wabah Covid-19 telah mengamankan mereka tiga posisi dalam daftar bergengsi tersebut.

Metallica berada di urutan #78 dalam daftar 100 selebriti dengan bayaran tertinggi Forbes, setelah menghasilkan US$ 40,5 juta (Rp 561 miliar) pada tanggal 4 April 2020 berkat kesuksesan tur WorldWired para ikon metal asal California, Amerika Serikat (AS) itu. Serangkaian konser epik Metallica dimulai pada tahun 2016 dan telah meraup keuntungan lebih dari US$ 400 juta (Rp 5,5 triliun), meskipun band ini berencana untuk mengakhirinya pada akhir tahun ini (mudah-mudahan, untuk mengerjakan album baru ya?).

Glam rocker legendaris KISS, sementara itu, berada sedikit lebih jauh di belakang Metallica dalam daftar itu, datang di urutan #95 dengan US$ 36,5 juta (Rp 506 miliar). Tetap saja, ini adalah pertama kalinya mereka muncul dalam daftar sejak tahun 2001, dengan Forbes menjelaskan: “Para rocker berkostum mahal ini meraup US$ 90 juta (Rp 1,2 triliun) selama touring pada tahun 2019, hampir sama jumlahnya dengan superstar seperti Phil Collins dan Shawn Mendes”.

Sedangkan untuk Post Malone, tidak mengherankan bahwa sang rapper/penyanyi multi-genre ini berada di urutan #28, dia dilaporkan laris manis dengan jumlah keuntungan lebih dari US$ 1,3 juta (Rp 18 miliar) per kota selama tur terbarunya. Dia muncul dalam daftar dengan jumlah bayaran sebesar US$ 60 juta (Rp 831 miliar), dengan totalnya yang terdiri dari hasil keuntungan tur, hasil penjualan dari album terbarunya Hollywood’s Bleeding, uang endorsement alias sponsor dari Bud Light Seltzer, dan produk minuman anggur merah Maison No. 9 rosé miliknya sendiri.

Ini semua adalah angka penghasilan seleb yang benar-benar gokil, jelas saja ya – meskipun mereka sama sekali tidak mendekati sang seleb di urutan #1 tahun ini: supermodel Kylie Jenner dengan penghasilan total sebesar US$ 590 juta atau sekitar Rp 8,1 triliun. Bagi dong!

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Saska Diandra

Solois Saska Diandra Visualkan Amarah & Anxiety Lewat MV ‘Doa Dicuku...

Saskia Diandra. Nggak butuh waktu lama bagi Saska Diandra untuk kembali merilis MV (Music Video) untuk lagunya yang berjudul ‘Doa Dicukupkan’. Hanya sel

on Dec 3, 2020
Extreme Moshpit Awards

Daftar Pemenang Penghargaan Spesial Musik Cadas: Extreme Moshpit Award...

Extreme Moshpit adalah media musik cadas Indonesia yang bergerak sejak 2007. Selain mewujudkan gerakan baru tradisi fanzine dan media di ranah musik ekstri

on Dec 3, 2020
Orkes Kedai Sarinah

Orkes Kedai Sarinah, Unit Pop Era Indonesia Lawas Lepas Single Anyar '...

Orkes Kedai Sarinah. Orkes Kedai Sarinah adalah grup musik dengan konsep retrospektif dari Bekasi yang membawakan nuansa pop era 1950-an dan 1960-an dengan

on Dec 2, 2020
Mahen

Bintang Muda Mahen Kembali Ber-Pop Mellow Dengan Single Baru 'Cinta Se...

Mahen. (Foto: Indo Semar Sakti). Penyanyi muda dan salah satu best new comer, Mahen, belakangan memang menjadi perbincangan para penikmat musik Indones

on Dec 1, 2020