×
×

Search in Mata Mata Musik

Komik Antologi Novel Grafis Album Anthrax “Among The Living” Siap Diluncurkan

Posted on: 11/21/20 at 1:00 pm

Komik Antologi Novel Grafis Album Anthrax "Among The Living" Siap Diluncurkan
Anthrax Graphic Novels. (Gambar: courtesy of HERFitz PR and Z2 Comics).

Anthrax bekerja sama dengan Z2 Comics, penerbit buku komik beken untuk merilis buku antologi novel grafis yang terkait berdasarkan tema album rilisan tahun 1987 band thrash metal ini yang ikonik, Among the Living. Komik tersebut diharapkan rilis pada Musim Semi 2021 mendatang.

Baca juga: Corey Taylor Sempat Sakit Hati Saat Dilarang Gabung Ke Anthrax Oleh Roadrunner

Antologi ini menceritakan alur cerita lagu demi lagu yang terinspirasi oleh album Among the Living yang menampilkan kontribusi dari sederet tamu “all-star” yang merupakan sesama artis, musisi dan penggemar heavy metal, di antaranya termasuk komedian Brian Posehn, vokalis Slipknot Corey Taylor, Rob Zombie, dan masih banyak lagi. Anggota Anthrax sendiri juga membantu membuat konten untuk novel grafisnya, dengan dramer Charlie Benante mengilustrasikan sampul bergambar tokoh Judge Dredd untuk ‘I Am the Law’, lagu Anthrax yang menceritakan tentang kehebatan tokoh super hero komik tersebut, suatu ode untuk pejuang pembela keadilan sosial… judge, jury sekaligus executioner.

“Membuat buku komik selalu menjadi target besar gue,” ungkap Charlie Benante. “Gue sudah mencoba selama bertahun-tahun, tetapi sesuatu selalu muncul dan mengalihkan gue. Gue sangat gembira ketika Josh Bernstein membawa ide kepada kami untuk membuat novel grafis berdasarkan album kami, Among the Living. Gue merasa ini adalah waktu dan kesempatan yang tepat untuk mewujudkan impian itu. Gue adalah seniman seumur hidup dan punya banyak waktu menggambar selama pandemi lebih dari sebelumnya, jadi gue punya ide untuk membawa karya seni gue sendiri ke proyek ini”.

Ini akan dinarasikan oleh maskot lawas Anthrax, yaitu “The Not Man”, yang didesain ulang oleh ilustrator The Walking Dead Greg Nicotero. Penulis/ilustrator komik terkenal lainnya yang mengerjakan proyek ini termasuk Grant Morrison, Brian Azzarello, Eric Powell, J.G. Jones, dan lainnya, dan tampaknya mereka dipilih langsung oleh Anthrax untuk proyek tersebut.

“Komik adalah salah satu dari dua hal (hal lainnya adalah Horor) yang gue sukai lebih lama dari musik,” kata gitaris berkepala plontos Scott Ian. “Komik adalah sesuatu yang konstan. Musik bergabung dengan kesenangan ini dan gue juga menjadi pemain yang konstan. Gue memulai sebuah band. Gue menulis lirik tentang komik dan horor dan kedua hal tersebut terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia. Dan sekarang untuk ulang tahun ke-40 (40 !!!) Anthrax, gue bisa menyeberang arus dan menggabungkan dua hal konstan gue dengan novel grafis (komik) yang merayakan album yang meninggalkan tanda besar di planet ini, Among the Living. Menjadi bagian dari proses ini – memilih penulis dan artis untuk mengekspresikan apa arti lagu-lagu ini bagi mereka – sungguh luar biasa. Gue membuat daftar keinginan penulis/artis/musisi yang gue mau menjadi bagian dari (proyek) ini, tanpa berpikir kita akan mendapatkannya”.

Selain sampul bikinan Charlie Benante, Scott Ian menulis cerita untuk bab antologi tersebut, memenuhi impian lamanya untuk mengubah ‘I Am the Law’ menjadi komik yang sebenarnya – lengkap dengan penampilan resmi berlisensi dari Judge Dredd sendiri.

“Gue mengajukan cerita Judge Dredd untuk ‘I Am The Law’ yang telah gue pikirkan untuk sementara waktu,” kata Scott Ian. “Itu adalah ide yang sebenarnya gue bicarakan dengan Grant (Morrison) pada suatu malam setelah pertunjukan Anthrax di Glasgow sambil minum-minum. Ide ini tetap melekat pada gue, gue nggak akan pernah menulisnya, itu adalah salah satu ide yang akan menghantam wajah gue setiap beberapa bulan menuntut untuk disadari, gue hanya nggak memiliki jalan keluar untuk itu. Dan kemudian gue memiliki “outlet” melalui proyek ini, tetapi kami nggak memiliki hak untuk menggunakan Judge Dredd dalam buku kami. Lo harus bertanya bukan? Jadi kami mengirimkan ide gue kepada orang-orang asyik di Rebellion dan mereka memberi lampu hijau pada cerita gue. Dan di sana, teman-teman, adalah saat di mana semuanya menjadi lingkaran penuh bagi gue sebagai seorang kutu buku komik seumur hidup dan sebagai anggota Anthrax. Terima kasih Among the Living karena telah mewujudkan semuanya”.

Baca juga: DMC Kolab Dengan Anthrax, Volbeat, Suicidal Tendencies Bawakan Lagu Run-DMC

Buku antologi novel grafis Among the Living ini tersedia untuk pre-order dalam berbagai format dan edisi deluxe melalui situs web Z2 Comics. Contoh sampulnya, termasuk desain Charlie Benante untuk Judge Dredd (ketiga dari kanan), sudah ada, dan lo juga bisa tonton video cuplikan untuk novel grafis tersebut di bawah ini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Terbaik

12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Secara Social Distancing Terbaik

Tahun 2020 memang penuh tragedi dan menyebalkan tentunya, terutama sejak dimulainya pandemi Covid-19 alias Kopad-Kopid Kagak Jelas ini, di mana seluruh sek

on Nov 23, 2020
Gary Holt Dave Lombardo Derrick Green

Gary Holt, Dave Lombardo, Derrick Green Bikin Band Baru, Rilis Lagu Un...

Gary Holt, Dave Lombardo, Derrick Green. Dalam rangka menyambut Halloween, sebuah band metal "all-star" baru terbentuk untuk meramaikan suasana atau lebih t

on Nov 2, 2020
Alex Skolnick

WTF! Alex Skolnick (Testament) Ternyata Bisa Nge-Rap Dan Sudah Merilis...

Alex Skolnick (Testament). (Foto: Kid Logic Media). Gitaris virtuoso Testament, Alex Skolnick sejak lama dianggap sebagai salah satu gitaris thrash metal te

on Oct 14, 2020
Kuasa

Selain Eksplorasi Secara Massif, Album KAUSA "Una In Perpetuum" Bertam...

Sebagai band yang berbasis heavy metal dan punk rock, KAUSA termasuk band yang gemar berpetualang secara musikal. Dan kini mereka menganalogikan diri merek

on Oct 13, 2020