×
×

Search in Mata Mata Musik

Komite Musik DKJ Resmi Buka Pekan Komponis Indonesia 2019

Posted on: 11/4/19 at 3:52 pm

Pekan Komponis Indonesia 2019 berlangsung mulai tanggal 3-6 November di Taman Ismail Marzuki Jakarta dan “mengundang peserta dan kurator dari berbagai negara di Asia Tenggara”.

Komite Musik Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) kembali mengadakan Pekan Komponis Indonesia, program tahunan yang menjadi wadah bagi para komponis muda, pelaku seni dan publik untuk berbagi dan berdiskusi seputar seni. 

Dibuka pada tahun 1979 dengan nama Pekan Komponis Muda, acara tahun ini tidak hanya menghadirkan komponis muda berbakat tanah air tetapi juga komponis dari luar negeri.

Tidak hanya berusaha menemukan musik dan bunyi baru, dalam ajang ini penyelenggara juga bertujuan “menghadirkan karya-karya komponis muda yang kreatif dan mengikuti perkembangan zaman.”

“Pekan Komponis Indonesia ini membuka kesempatan bagi komponis muda yang menciptakan atau berkreasi di luar musik-musik biasanya,” kata Anto Hoed selaku Ketua Komite Musik DKJ dalam konferensi pers di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki Jakarta (via Indopos).

“Lewat hasil kurasi tahun ini, Komite Musik berharap komponis-komponis muda Indonesia dapat melangkah lebih jauh dari tahun sebelumnya,” tungkas Anto.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Pekan Komponis Indonesia 2019 menjadi kegiatan internasional, dengan mendatangkan peserta dan kurator dari berbagai negara di Asia Tenggara.

Hal ini bertujuan agar para komponis dapat saling kenal dan bertukar pikiran dalam mengembangkan seni mereka dan membangun jaringan kerja di tingkat internasional.

Selain acara pertunjukan, Pekan Komponis Indonesia 2019 juga mengadakan pameran alat musik baru, forum diskusi dan master class.

Pekan Komponis Indonesia 2019

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Keterangan Foto Utama: Maudy Ayunda (kredit foto: @maudyayunda Instagram account)

"Kamu & Kenangan" Single Maudy Ayunda untuk Film Habibie Ainun 3

Lagu ciptaan Melly Goeslow dan Anto Hoed ini begitu megah dengan isian string Salah satu seniman muda berbakat dan serba bisa Indonesia, Maudy Ayunda kembal

on Jun 27, 2019