×
×

Search in Mata Mata Musik

Komposer Legendaris ‘The Ecstasy Of Gold’, Ennio Morricone, Tutup Usia

Posted on: 07/7/20 at 6:00 am

Komposer Legendaris 'The Ecstasy Of Gold', Ennio Morricone
Ennio Morricone. (Foto: Roberto Serra – Iguana Press/Redferns via Getty Images).

Komposer pemenang piala Oscar asal Italia, Ennio Morricone telah meninggal dunia di usia 91 tahun.

Berita itu dilaporkan oleh teman lama sekaligus pengacara almarhum, Giorgio Assumma, yang mengatakan bahwa Ennio Morricone meninggal di rumah sakit di Roma, Italia di mana dia baru-baru ini dirawat setelah kakinya patah karena jatuh.

Ennio Morricone telah menulis musik ilustrasi untuk lebih dari 500 film dan serial televisi sepanjang kariernya, termasuk film-film spaghetti western klasik Sergio Leone seperti Once Upon A Time In The West, selain itu dia juga menciptakan musik untuk film lain termasuk The Good, The Bad And The Ugly, The Untouchables, The Mission, Once Upon A Time In America, Cinema Paradiso, Kill Bill dan The Hateful Eight.

Dampak karya-karya Ennio Morricone juga dapat ditemukan di dunia musik prog (progresive -Ed.), dengan sang pemain saxophone/flute dan komposer Theo Travis yang sebelumnya pernah mengatakan: “Musiknya sangat progresif dan ada begitu banyak ambisi musik, serta pengembangan tema, yang berubah dan muncul kembali dalam cara yang sedikit diubah”.

“Ditambah lagi ada orkestrasi yang luar biasa, menyatukan segala macam kekuatan musik secara bersamaan demi keseluruhan musikalnya. Luasnya tangga nada yang dimainkan membuat sebagian besar musik prog simfoni terdengar seperti band pub lokal kamu”.

Dan artis yang paling memuja karya Ennio Morricone justru sang raja heavy metal dunia. Popularitas Metallica yang selalu menggunakan lagu ciptaan Ennio yang berjudul ‘The Ecstasy Of Gold’ sebagai intro sebelum semua konser live mereka, frontman Metallica James Hetfield menjelaskan pada pertengahan tahun 1980-an lalu mengapa mereka memilih itu sebagai musik intro konser mereka.

James Hetfield: “Awalnya kami memiliki sebuah rekaman yang sangat mengerikan sebagai intro kami. Hanya suara jantung dengan detaknya yang semakin cepat. Sampah. Kemudian manajer kami pada saat itu muncul dengan ide untuk menggantinya dengan ‘The Ecstasy Of Gold’. Dan sejak pertama kali kami menggunakannya, sesuatu terjadi. Lagu itu hanya sangat cocok dengan kami untuk konser, dan membuat para penggemar bersemangat”.

Lagu ‘The Ecstasy Of Gold’ adalah musik utama yang dipakai dalam The Good, The Bad And The Ugly, film klasik “koboi” rilisan tahun 1966 yang dibintangi aktor Clint Eastwood.

Artis-artis termasuk Metallica, Roger Waters (Pink Floyd) dan Bruce Springsteen juga pernah mengcover karya komposer legendaris itu pada sebuah album tribute berjudul We All Love Ennio Morricone pada tahun 2017.

Ennio Morricone dianugerahi Honorary Academy Award pada tahun 2007 oleh aktor Clint Eastwood, tetapi harus menunggu hingga tahun 2016 untuk mendapat piala Oscar pertamanya di kateogri Best Original Score atas karyanya di film The Hateful Eight ciptaan Quentin Tarantino.

Komposer besar memang selalu dipuja oleh komposer besar, rest in peace, maestro Ennio Morricone. Karyamu abadi sepanjang masa \m/

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Jaggernaut

Stoner Rocker Juggernaut Mengajak Kembali Ke EP "Masa Pertengahan"

Jaggernaut. Setelah sebelas tahun, mini album Juggernaut dibangkitkan kembali oleh Rekam Jaya sebagai bagian dari program reissue dan dokumentasi arsip musi

on Oct 26, 2020
Miley Cyrus

Miley Cyrus Sedang Di Tengah Proses Rekaman Album Lagu Cover Metallica

Miley Cyrus dan Lars Ulrich (Metallica) di tengah konser tribute to Chris Cornell. (Foto: Instagram/Lars Ulrich). Bukan rahasia lagi bahwa Miley Cyrus adala

on Oct 21, 2020
Kuasa

Selain Eksplorasi Secara Massif, Album KAUSA "Una In Perpetuum" Bertam...

Sebagai band yang berbasis heavy metal dan punk rock, KAUSA termasuk band yang gemar berpetualang secara musikal. Dan kini mereka menganalogikan diri merek

on Oct 13, 2020
Eddie Van Halen

10 Momentum Riff Terbaik Eddie Van Halen Di Sepanjang Karier Sang Guit...

Flying n' shredding bersama Eddie Van Halen. (Foto: Ebet Roberts, Redferns). Tanggal 6 Oktober 2020 menjadi hari yang suram bagi seluruh umat rock di planet

on Oct 8, 2020