×
×

Search in Mata Mata Musik

Konser Zedd di China Dipastikan akan Batal

Posted on: 10/14/19 at 2:30 pm

Konser Zedd di China sudah hampir pasti batal setelah insiden yang melibatkan cuitan kartun South Park.

Setelah ketahuan menyukai cuitan dari seri animasi Amerika South Park pekan lalu, Zedd mengeklaim dirinya masuk daftar hitam Negara Tirai Bambu tersebut.

Baca Juga: Pensiunkan iTunes, Apple Peringatkan DJ Jangan Update Dulu!

Interaksi yang tampak sepele itu—yang justru membuat produser lagu “Clarity” ini menghadapi masalah serius—memiliki dampak yang sangat besar sampai-sampai para penggemar merasa skeptis.

Dalam pernyataan lanjutan di postingan Instagram-nya, Zedd (yang bernama asli Anton Zaslavski) mengklarifikasi, “…ini BUKAN lelucon. Pemerintah memberi tahu promotor kami kalau mereka tidak membatalkan jadwal pertunjukan saya di Tiongkok, mereka (pemerintah) akan menarik izin usaha mereka.” CNBC juga telah memverifikasi klaim tersebut dengan tim Zedd.

Zedd Tiongkok
Klarifikasi Zedd terkait larangan tampil di Tiongkok.

Baca Juga: Tidak Bisa Bayar WC Umum, Diplo Ganti Celana di Pinggir Jalanan Bali

South Park belum lama ini dilarang tayang di Tiongkok setelah salah satu episodenya, “Band In China,” mengejek perusahaan Amerika dan Hollywood yang mengikuti tuntutan sensor di negara tersebut. 

Masalah politik seperti ini baru-baru ini juga menjadi sorotan saat Daryl Morey, manajer umum Houston Rockets, menyatakan dukungannya pada demonstran Hong Kong melalui Twitter. Meski cuitannya sudah dihapus, dampak yang ditinggalkan sangat jelas. 

Merchandise Houston Rockets ditarik dari toko-toko dan retailer e-commerce di Tiongkok dan pertandingan Houston Rockets tidak akan lagi ditayangkan di televisi Tiongkok. Selain itu, mantan bintang Houston Rockets, Yao Ming—yang sekarang menjabat sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Tiongkok—juga telah memutuskan hubungan dengan tim NBA itu.

Sampai saat ini, setelah pelarangan konser Zedd, musik Zedd dilaporkan masih beredar dan tersedia di platform streaming Tiongkok, namun hal itu bisa berubah tergantung pada seberapa ketat larangannya. Tidak jelas apakah implikasi dari interaksinya di dunia maya itu telah sepenuhnya diberlakukan. 

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Jasmine Thompson

Habis Putus, Jasmine Thompson Ketemu Zedd Rilis 'Funny', Single Kolab-...

Zedd dan Jasmine Thompson. (Foto: Nick Walker, Andrew Hobbs). Lucu ya bagaimana suatu hal biasa berakhir, dan untuk kasus single baru dari Zedd dan Jasmine

on Jul 18, 2020
Zedd

Zedd, Martin Garrix dan Tiësto Ramaikan Agenda Hakkasan Group Di 2020

Zedd beraksi di OMNIA Nightclub, Caesars Palace, Las Vegas (Foto: Wolf Productions) Hakkasan Group menutup dekade ini dengan cara yang luar biasa dengan sed

on Jan 9, 2020
Djakarta Warehouse Project 2019

Djakarta Warehouse Project 2019 Umumkan Lineup Gelombang 2

Selama sebulan terakhir, fans Djakarta Warehouse Project (DWP) telah harap-harap cemas menantikan gelombang kedua dari lineup yang sudah bertabur bintang. Pe

on Oct 31, 2019
Djakarta Warehouse Project

Djakarta Warehouse Project Umumkan Line Up Gelombang Pertama

Skrillex, Calvin Harris, Martin Garrix, dan Zedd isi line-up gelombang pertama yang diumumkan Ismaya Live. Baca Juga: HONNE Kembali ke Indonesia November

on Sep 5, 2019