×
×

Search in Mata Mata Musik

Anekdot Keren Kontribusi Eddie Van Halen Di Lagu Michael Jackson ‘Beat It’

Posted on: 10/10/20 at 12:30 pm

Anekdot Keren Kontribusi Eddie Van Halen Di Lagu Michael Jackson 'Beat It'
Eddie Van Halen tampil sepanggung bersama Michael Jackson membawakan lagu ‘Beat It’ dalam salah satu konser Victory Tour 1983. (Foto: Getty Images).

Segala bentuk tribute alias penghormatan terus mengalir, bahkan membanjiri beranda media sosial kita setelah kita semua mengetahui obituari salah satu gitaris terhebat sepanjang masa, Eddie Van Halen. Oleh karena itu, kami ingin menyoroti serangkaian anekdot luar biasa tentang kontribusi Eddie pada lagu mega hit klasik Michael Jackson rilisan 1982, ‘Beat It’ dari album Thriller.

Baca juga: Album-Album Van Halen Kembali Masuk Chart Setelah Penjualannya Melonjak 7.600%

Gitaris pendiri band Van Halen ini juga beken lantaran memainkan solo gitar di lagu Raja Pop itu secara gratis, dan doi hanya membutuhkan waktu setengah jam untuk merekam solo gitar berdurasi 20 detik itu. Tetapi kontribusinya yang lain pada lagu itulah yang menjadi bagian menarik dari anekdot tersebut.

Gitaris legendaris yang meninggal dunia pada hari Selasa, 6 Oktober ini sebelumnya pernah mengungkapkan bahwa saat mendapat telepon dari produser album Thriller-nya Michael Jackson, Quincy Jones, doi pikir sebelumnya itu hanya sebagai lelucon praktis.

Eddie pernah diwawancarai oleh CNN pada 2012 dan saat mengenang lagu tersebut, doi menceritakan pengalaman tersebut:

“Gue ladeni teleponnya. Gue bilang, ‘Mau lo apa sih, dasar sialan lo!” katanya kepada CNN.” Kemudian dia (Quincy Jones) bertanya, ‘Apakah ini Eddie?’ Gue jawab, ‘Ya, mau lo apa?’ Ini Quincy. Gue berpikir, ‘Gue nggak kenal siapa pun yang bernama Quincy’. Dia bilang, ‘Quincy Jones, men’. Gue langsung jawab, ‘Ohh, maaf!'”.

Baca juga: 10 Momentum Riff Terbaik Eddie Van Halen Di Sepanjang Karier Sang Guitar God

“Michael pergi ke seberang aula untuk membuat rekaman pidato beberapa anak. Gue rasa itu adalah (untuk fim) “E.T.” atau apa gitu. Jadi gue tanya ke Quincy, “Apa yang lo mau gue lakukan?” Dan dia jawab, “Apa pun yang ingin lo lakukan.” Dan gue bilang, “Berhati-hatilah saat lo mengatakan itu. Jika lo tahu sesuatu tentang gue, berhati-hatilah saat lo mengatakan, ‘Lakukan apa pun yang lo inginkan!'”.

“Gue mendengarkan lagunya, dan gue langsung bilang, “Bisa nggak, gue mengubah beberapa bagian lagunya?” Gue menoleh ke arah soundman dan gue bilang, “Oke, dari bagian breakdown, potong bagian ini, lanjutkan ke bagian ini, pre-chorus, ke bagian chorus, kelar”. Butuh waktu 10 menit baginya (soundman) untuk menyelesaikannya. Dan gue mulai mengimprovisasi dua solo gitar di permukaan lagunya”.

“Gue baru saja menyelesaikan solo kedua ketika Michael masuk. Dan lo tahu artis-artis tuh orang-orang yang gila. Kami semua agak aneh. Gue nggak tahu bagaimana dia akan bereaksi terhadap apa yang gue lakukan. Jadi gue memperingatkan dia sebelum dia mendengarkannya. Gue bilang, “Lihat, gue mengubah bagian tengah dari lagu lo”.

“Sekarang dalam pikiran gue, dia akan meminta body guard-nya mengusir gue karena telah ‘mengacak-acak’ lagunya, atau dia akan menyukainya. Jadi dia mendengarkannya, dan dia menoleh ke gue dan bilang, “Wow, terima kasih banyak karena memiliki hasrat untuk nggak hanya datang dan membuat solo, tetapi untuk benar-benar peduli dengan lagunya, dan membuatnya menjadi lebih bagus”.

Benar-benar cerita yang mengesankan, ya ‘kan, bray, dari dua ikon musik legendaris ini.

Sebuah situs web penggemar Van Halen (vhnd.com) pun menemukan anekdot hebat lainnya yang diceritakan Eddie tentang mendengarkan lagu tersebut di toko rekaman beberapa bulan kemudian:

“Solo dimulai, dan gue mendengar anak-anak di depan gue bilang, ‘Dengarkan orang ini (yang main gitar di rekaman) mencoba terdengar seperti Eddie Van Halen. ‘Gue menepuk pundaknya dan bilang,’ Itu gue!”. Asli, kocak banget, wkwkwk.

Kutipan Anekdot Keren Dari Fans

Para fans dari seluruh dunia secara bertubi-tubi memberikan penghormatan untuk karyanya di lagu tersebut, yang tenyata doi lakukan tanpa mengharapkan kompensasi dan nggak pernah dikreditkan.

“Sekadar pengingat bahwa saat kita semua menjadi sok jago musik di SMA, Eddie Van Halen melakukan solo gitar di ‘Beat It’ Michael Jackson dalam sekali take dan tampil keren sepenuh hati,” tulis Eric Alper di Twitter.

“Ketika Eddie Van Halen diminta untuk melakukan solo pada ‘Beat It’ dari Thriller dia nggak mau diberi kredit atau dibayar karena itu akan membuat semuanya menjadi terlalu rumit. Dia hanya meminta sekardus bir dan MJ memberinya pelajaran berdansa,” tulis Peter Rojas.

Thriller telah terjual sekitar 50 juta kopi, Eddie bisa saja meminta sedikit kredit penulisan lagu atau royalti penampilannya di ‘Beat It’ dan menghasilkan banyak uang. Tapi menjadi bagian dari sesuatu yang menurutnya hebat lebih penting baginya,” tambahnya.

“Selain Van Halen, Eddie Van Halen melakukan solo gitar untuk ‘Beat It’ Michael Jackson dan diabadikan sebagai hamburger tanah liat di Better Off Dead karya John Cusack,” tulis Kevin M. Kruse.

Sumber: NME, CNN, vhnd.com
Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

AC/DC

AC/DC Kembali Berikan Sengatan Rock N’ Roll Konstan Dengan 'Shot In ...

AC/DC, courtesy of Columbia Records. Ikon rock legendaris kebangsaan Australia, AC/DC baru saja menyiarkan berita yang telah lama ditunggu-tunggu oleh para

on Oct 27, 2020
Syifa Hadju

Aktris Syifa Hadju Unjuk Bakat Menyanyi Via Single Perdana 'Setia atau...

Syifa Hadju. (Foto: MD Musik Indonesia). Siapa yang nggak kenal Syifa Hadju? Kalau belum ya kenalan dulu. Aktris yang kini sedang naik daun dari kemampuan b

on Oct 26, 2020
Anneth

Anneth Merilis 'Mungkin Hari Ini Esok Atau Nanti', Single Baru Pop Yan...

Anneth. Anneth Delliecia Nasution yang akrab di sapa Anneth, adalah salah satu bintang jebolan ajang pencarian bakat yang terbilang sukses di dunia hib

on Oct 24, 2020
Gitar Frankenstrat Eddie Van Halen

Gitar Frankenstrat Eddie Van Halen Akan Dilelang Di Icons & Idols: Roc...

Gitar Frankenstrat Eddie Van Halen. Dua gitar listrik yang menjadi senjata andalan sang 'guitar god' Eddie Van Halen akan dilelang. Gitar frankenstrat Eddie

on Oct 20, 2020