×
×

Search in Mata Mata Musik

Korea Selatan Sahkan Revisi Undang-Undang Agar BTS Bisa Menunda Wajib Militer

Posted on: 12/2/20 at 10:30 am

Korea Selatan Sahkan Revisi Undang-Undang Agar BTS Bisa Menunda Wajib Militer
BTS. (Foto: Big Hit Entertainment).

Belum lama ini BTS tercatat telah menyumbang US$ 5 miliar (sekitar Rp 70,7 triliun!) kepad PDB (Produk Domestik Bruto) Korea Selatan, dan para anggota #BTSArmy bukan satu-satunya yang menghitung mundur dengan perasaan dag-dig-dug sampai ketujuh anggota grup K-pop terbesar di dunia itu menjadi tambah dewasa dan akan dipaksa untuk mendaftar ke wamil (wajib militer), seperti yang dipersyaratkan oleh konstitusi negara mereka.

Baca juga: Kurang Dari Sehari BTS “BE” Terjual 2 Juta Kopi dan Rajai Tangga Lagu 90 Negara!

Yah, semoga beruntung, Majelis Nasional Korea Selatan baru saja mengesahkan undang-undang yang merevisi Undang-Undang Dinas Militer Korea Selatan. Menurut New York Times, undang-undang yang direvisi memungkinkan megastar K-pop itu untuk menunda dinas militer sampai mereka berusia 30 tahun, atau dua tahun lebih lambat dari yang semula diminta. Selain itu, artis K-pop yang telah menerima jalan dari pemerintah karena pengaruh budaya mereka, sekarang dapat mengajukan penangguhan dari militer.

Waktu pembuatan undang-undang ini sama sekali bukan kebetulan: anggota tertua BTS, Kim Seok-jin, alias “Jin”, berusia 28 tahun pada hari Jum’at, 4 Desember 2020.

“Ini adalah tugas suci untuk mempertahankan negara kita, tetapi itu bukan berarti bahwa setiap orang harus membawa senjata,” kata Noh Woong-rae, seorang anggota parlemen senior di Partai Demokrat Korea Selatan, dalam pernyataan bulan Oktober yang mendukung perlakuan khusus untuk BTS (melalui New York Times).

Sementara itu, anggota BTS nggak menghindar dari kemungkinan wajib militer. Ditanya tentang hal itu pada tahun 2019, Jin mengatakan, “Sebagai orang Korea, itu wajar. Dan suatu hari nanti, ketika tugas memanggil, kami akan siap untuk menanggapi dan melakukan yang terbaik”.

Baca juga: CEO Global Big Hit Yoon Seok Jun Tegaskan Nggak Akan Ada “BTS Kedua” Di Dunia

Sekalipun demikian, sulit membayangkan Korea Selatan bersedia membubarkan “produk” ekspor terbesarnya yang paling menguntungkan, yang bintang-bintangnya terus tumbuh lebih cerah dari hari ke hari. Hanya dalam seminggu terakhir saja, BTS mencetak album No. 1 kedua mereka tahun ini dengan BE, mendominasi chart penjualan lagu global dengan mengklaim enam entry teratas, dan mendapatkan nominasi Grammy untuk kali pertama mereka. Masa depan nampaknya tetap cerah untuk BTS, dan Korea Selatan cukup bertindak bijaksana karena telah membiarkan BTS terus mendominasi dunia. Yup, BTS adalah aset negara Korea Selatan yang wajib dilindungi.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Lagu K-pop

20 Lagu K-Pop 'Underrated' Yang Mesti Lo Dengar Dari Tahun 2020

Mengucapkan selamat tinggal kepada tahun 2020 tuh berasa lega yah, lo pasti merasakannya juga, ya bagaimana nggak, hampir di sepanjang tahun lalu kita dibi

on Jan 7, 2021
BTS ARMY

Big Hit Menjawab Kebingungan BTS ARMY Pada Video Iklan Coca Cola Indon...

Baru-baru ini muncul video iklan baru Coca Cola di akun media sosial Coca Cola Indonesia yang bikin heboh para penggemar BTS alias BTS ARMY. Coba lo dengar

on Jan 5, 2021
Grup K-pop Paling Populer

30 Peringkat Keseluruhan Grup K-pop Paling Populer Edisi Bulan Desembe...

30 peringkat keseluruhan grup K-pop paling populer edisi bulan Desember 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

on Dec 29, 2020
Anggota Boyband K-Pop

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan Des...

Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Desember 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bra

on Dec 28, 2020