×
×

Search in Mata Mata Musik

Kores Dimara, Pegiat Punk Jakarta dan Putra Pahlawan Nasional, Tutup Usia

Posted on: 05/23/20 at 10:00 am

Kores Dimara. (Foto: Facebook Kores Maleo Dimara).

Selain dikenal sebagai sosok pegiat scene musik punk rock di Jakarta, Yulianus Kores Dimara atau Kores nama panggilannya, adalah putra pahlawan nasional asal Papua, Johannes Abraham Dimara, yang sempat mendapat perawatan di RSPAD Jakarta usai ditemukan dalam kondisi memprihatinkan, dikabarkan meninggal dunia pada hari Kamis (21 Mei).

Kores tutup usia setelah mendapatkan perawatan insentif di RSPAD Jakarta selama sepekan karena sakit TBC. Ia disemayamkan di rumah duka di kawasan Joglo Baru, Jakarta Barat dan dimakamkan pada hari Jum’at (22 Mei).

Ketua Tim Penanggulangan Bencana Nasional DPN Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Joudy Ante mengungkapkan kesedihan mendengar kabar tersebut. Apalagi, pihaknya sempat membantu Kores agar bisa sembuh.

“Sedih sekali mendengar kabar duka ini. Apalagi baru beberapa hari lalu, Ketua Umum Diaz Hendropriyono juga sempat menjenguk Pak Kores dan mendoakan kesembuhan beliau,” kata Joudy dalam keterangan tertulisnya.

“Akan tetapi Tuhan berkehendak lain, kami hanya bisa mendoakan agar arwah Pak Kores dapat diterima di sisi-Nya,” sambungnya.

Kesedihannya bertambah mengingat sebelum diterima oleh RSPAD, Kores sempat ditolak sejumlah rumah sakit. Alasannya, karena kondisi kesehatan Kores yang sudah tidak bisa ditolong lagi.

“Di situ saya bersyukur masih bisa membantu Pak Kores meskipun hanya di detik-detik terakhir masa hidupnya. PKPI sudah menunaikan tugas,” ujarnya.

Sebelumnya, kondisi Kores diungkap oleh aktor Indonesia Zack Lee melalui unggahan Instagramnya pada Selasa (12 Mei). Tubuh Kores terlihat kurus kering seolah hanya kulit yang menyelimuti tulangnya.

Ia hanya bisa duduk di kursi roda atau berbaring di tempat tidurnya. Menurut Zack Lee, Kores juga sedang menderita penyakit yang cukup parah. Sehingga memerlukan uluran bantuan.

“Kores adalah temen baik kita yang kalau pernah atau sering ke Blok M pasti mengenal dia. Orang yang begitu baik dan selalu ceria,” tulis Zack Lee.

Kores adalah anak dari seorang Pahlawan Nasional Indonesia asal Papua, Johannes Abraham Dimara.

Johannes Abraham Dimara lahir di Biak Utara, Papua pada 16 April 1916. Ia turut serta dalam memperjuangkan pembebasan wilayah Irian Barat dan diangkat menjadi Ketua Organisasi Pembebasan Irian Barat (OPI).

Sejumlah komunitas juga menggelar charity untuk Kores Dimara.

Mengutip label punk Dugtrax, Kores adalah sosok yang jatuh cinta akan punk dari sisi fashion dan lifestyle. Punk berlanjut menjadi sikap ideologis pada kurikulum kehidupannya yang erat dengan realitas jalanan.

“Meruya Barmy Army, salah satu tongkrongan punk di pinggiran Jakarta, sekaligus menjadi embrio bagi eksistensi Kores di kancah punk metropolitan. Bahkan beliau pun membaptis dirinya menjadi ‘palang pintu’ untuk band-band punk asal Meruya dan Tanjung Duren,” tulisnya di Instagram.

Kores Dimara juga menjadi salah satu narasumber untuk film dokumenter “A Punk Daydream”. Dokumenter ini secara khusus membahas soal kultur street punk di Indonesia.

Selamat jalan, Bung Kores, rest in peace.

Sumber: PKPI, Komunitas Punk Jakarta, Suara
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Bread Essence.

Bread Essence Ajak Kembali Have Fun Dengan Irama Ska-Punk Lewat Video ...

Band dari kota Malang pengusung ska-punk rock, Bread Essence mengajak teman-teman di seluruh Indonesia untuk tetap positif dan kembali bersenang-senang, ag

on May 24, 2020
11 Musisi Rock Profesor.

11 Musisi Rock & Metal Bergelar Profesor (PhD). No. 7 Paling Nggak Nya...

Bermain band tentu sangat membutuhkan dedikasi, di antaranya seperti latihan yang tekun disertai tekad kuat dan usaha yang pantang menyerah. Itulah syarat

on May 21, 2020
Hella Mega Tour.

Green Day, Weezer dan Fall Out Boy Tunda Hella Mega Tour Karena Asu......

Rivers Cuomo (Weezer), Billie Joe Armstrong (Green Day), Pete Wenz (Fall Out Boy). (Foto: Hugo Marie/EPA-EFE/Shutterstock; Joe Papeo/Variety/Shutterstock).

on May 21, 2020
Protokol Baru Industri Musik

Protokol Baru Industri Musik: Moshing Dilarang Dalam Konser! Randy Bly...

Fans saat asyik crowd surfing di festival Warped Tour di Merriweather Post Pavilion, Columbia, Amerika Serikat. (Foto: Josh Sisk/The Washington Post). Banya

on May 14, 2020