×
×

Search in Mata Mata Musik

Kores Dimara, Pegiat Punk Jakarta dan Putra Pahlawan Nasional, Tutup Usia

Posted on: 05/23/20 at 10:00 am

Kores Dimara. (Foto: Facebook Kores Maleo Dimara).

Selain dikenal sebagai sosok pegiat scene musik punk rock di Jakarta, Yulianus Kores Dimara atau Kores nama panggilannya, adalah putra pahlawan nasional asal Papua, Johannes Abraham Dimara, yang sempat mendapat perawatan di RSPAD Jakarta usai ditemukan dalam kondisi memprihatinkan, dikabarkan meninggal dunia pada hari Kamis (21 Mei).

Kores tutup usia setelah mendapatkan perawatan insentif di RSPAD Jakarta selama sepekan karena sakit TBC. Ia disemayamkan di rumah duka di kawasan Joglo Baru, Jakarta Barat dan dimakamkan pada hari Jum’at (22 Mei).

Ketua Tim Penanggulangan Bencana Nasional DPN Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Joudy Ante mengungkapkan kesedihan mendengar kabar tersebut. Apalagi, pihaknya sempat membantu Kores agar bisa sembuh.

“Sedih sekali mendengar kabar duka ini. Apalagi baru beberapa hari lalu, Ketua Umum Diaz Hendropriyono juga sempat menjenguk Pak Kores dan mendoakan kesembuhan beliau,” kata Joudy dalam keterangan tertulisnya.

“Akan tetapi Tuhan berkehendak lain, kami hanya bisa mendoakan agar arwah Pak Kores dapat diterima di sisi-Nya,” sambungnya.

Kesedihannya bertambah mengingat sebelum diterima oleh RSPAD, Kores sempat ditolak sejumlah rumah sakit. Alasannya, karena kondisi kesehatan Kores yang sudah tidak bisa ditolong lagi.

“Di situ saya bersyukur masih bisa membantu Pak Kores meskipun hanya di detik-detik terakhir masa hidupnya. PKPI sudah menunaikan tugas,” ujarnya.

Sebelumnya, kondisi Kores diungkap oleh aktor Indonesia Zack Lee melalui unggahan Instagramnya pada Selasa (12 Mei). Tubuh Kores terlihat kurus kering seolah hanya kulit yang menyelimuti tulangnya.

Ia hanya bisa duduk di kursi roda atau berbaring di tempat tidurnya. Menurut Zack Lee, Kores juga sedang menderita penyakit yang cukup parah. Sehingga memerlukan uluran bantuan.

“Kores adalah temen baik kita yang kalau pernah atau sering ke Blok M pasti mengenal dia. Orang yang begitu baik dan selalu ceria,” tulis Zack Lee.

Kores adalah anak dari seorang Pahlawan Nasional Indonesia asal Papua, Johannes Abraham Dimara.

Johannes Abraham Dimara lahir di Biak Utara, Papua pada 16 April 1916. Ia turut serta dalam memperjuangkan pembebasan wilayah Irian Barat dan diangkat menjadi Ketua Organisasi Pembebasan Irian Barat (OPI).

Sejumlah komunitas juga menggelar charity untuk Kores Dimara.

Mengutip label punk Dugtrax, Kores adalah sosok yang jatuh cinta akan punk dari sisi fashion dan lifestyle. Punk berlanjut menjadi sikap ideologis pada kurikulum kehidupannya yang erat dengan realitas jalanan.

“Meruya Barmy Army, salah satu tongkrongan punk di pinggiran Jakarta, sekaligus menjadi embrio bagi eksistensi Kores di kancah punk metropolitan. Bahkan beliau pun membaptis dirinya menjadi ‘palang pintu’ untuk band-band punk asal Meruya dan Tanjung Duren,” tulisnya di Instagram.

Kores Dimara juga menjadi salah satu narasumber untuk film dokumenter “A Punk Daydream”. Dokumenter ini secara khusus membahas soal kultur street punk di Indonesia.

Selamat jalan, Bung Kores, rest in peace.

Sumber: PKPI, Komunitas Punk Jakarta, Suara
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Joey Ramone

    Joey Ramone Diperankan Pete Davidson Di Film Biopik “I Slept With Jo...

    Pete Davidson (Foto: Kevin Winter via Getty Images) / Joey Ramone (Foto: Marcia Resnick via Getty Images), keduanya milik Netflix). Ada kabar gembira untuk

    on Apr 16, 2021
    The Brandals

    The Brandals Setia Dengan Nuansa Punk Rock Via Single 'Belum Padam'

    The Brandals. (Foto: Ade Branuza). Gerombolan rocker sejati The Brandals merilis single terbaru bertajuk 'Belum Padam'. Sejak 21 Maret, lagu ini resmi diril

    on Mar 22, 2021
    Djenks

    Djenks & Barisan Lintas Genre Tampil Di Album Kompilasi Soundemic Vol....

    Seperti halnya menggarap sebuah album musik, membuat album kompilasi juga memiliki tantangan tersendiri. Apalagi jika konten album tersebut memuat banyak l

    on Mar 4, 2021
    Duff McKagan

    Album Band Punk Duff McKagan Yang Terpendam Sejak 1982 Akhirnya Dirili...

    The Living, Duff McKagan paling kiri. (Foto: Marty Perez). Di antara personel dalam formasi klasik Guns N' Roses (GN'R), Duff McKagan adalah member yang pal

    on Feb 25, 2021