×
×

Search in Mata Mata Musik

KPID Jawa Barat Rilis Daftar 17 Lagu yang Dibatasi Pemutarannya

Posted on: 02/27/19 at 5:28 pm

Termasuk lagu dari Ariana Grande, Maroon 5, Bruno Mars, dan lainnya.

Sejak 18 Februari lalu, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat merilis daftar resmi 17 lagu berbahasa asing yang dibatasi penyiarannya. Pembatasan penyiaran lagu-lagu tersebut menurut KPID Jawa Barat adalah berdasarkan perilaku standar pada pedoman siaran, dan akan berlaku untuk saluran radio dan televisi di wilayah Jawa Barat.

Keputusan ini mengundang beberapa penolakan dari para musisi, apalagi keputusan ini dikeluarkan tidak lama setelah kontroversi mengenai RUU Permusikan yang menimbulkan banyak penolakan, hingga terbentuklah Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan (KNTL RUUP), termasuk dari Arian (Seringai), yang ikut berkomentar melalui account Twitter-nya.

Di Jawa barat, lagu-lagu berbahasa Inggris mau dibatasi di radio. Ditetapkan 18 Februari 2018. Cencorship sucks :))” tulis Arian disertai surat edaran dari KPID Jawa Barat.

Baca Juga: 3 Musisi 3 Kota Berkarya Lewat Proyek Bahaya Laten

Arian juga menambahkan kebijakan seperti ini juga pernah terjadi di Amerika era 80’an melalui The Parents Music Resource Center (PMRC) yang digawangi oleh Tipper Gore.

Arian menutup pernyatannya dengan “buat gue sih masalah moral itu ya diajarkan oleh orang tua dan sekolah, cukup. pendidikan setinggi dan seluas mungkin. gak perlu negara ikut2an mengatur moral rakyatnya, khususnya di isu ini praktisi musik. makanya sampah kayak RUU Permusikan harus kita batalkan. #censorshittulisnya.

Bahkan sebuah akun Twitter @wisnukunt juga memberikan respon dengan menyusun playlist lewat platform digital Spotify, berisi 17 lagu yang masuk dalam daftar tersebut, dengan judul Dilarang di Bandung.

sobat Bandungku, tenang gue bikinin nih playlist spesial lagu yang dilarang KPID Jabar jadi kamu tetep bisa dengerin, kapanpun, dimanapun.

Dilarang di Bandung
” tulisnya sembari menyertakan link untuk playlist tersebut.

Sepertinya dengan beberapa kontroversi antara musisi dan pemerintah belakangan ini, pemerintah harusnya lebih serius dalam memilih orang-orang yang bekerja menyusun berbagai peraturan terkait hal tersebut, atau mulai melibatkan para pelaku dan praktisi dari ranah musik itu sendiri, sehingga para musisi pun pada akhinrnya akan lebih terwakili dengan peraturan-peraturan tersebut.

Berikut 17 lagu barat yang dibatasi penayangannya oleh KPID Jawa Barat:

1. Dusk Till Dawn (Zayn Malik)
2. Sangria Wine (Camila Cabello ft Pharrell W)
3. Mr Brightside (The Killers)
4. Let Me (Zayn Malik)
5. Love Me Harder (Ariana Grande)
6. Plot Twist (Marc E Bassy)
7. Shape of You (Ed Sheeran)
8. Overdose (Chris Brown ft Agnez Mo)
9. Makes Me Wonder (Maroon 5)
10. That’s What I Like (Bruno Mars)
11. Fuck it I Don’t Want You Back (Eamon)
12.Bad Things (Camila Cabello ft Machine)
13. Versace On The Floor (Bruno Mars)
14. Midsummer Madness (88rising)
15. Wild Thoughts (DJ Khaled ft Rihanna)
16. Till it Hurts (Yellow Claw)
17. Your Song (Rita Ora).

https://matamatamusik.com/2019/02/26/daramuda-project-rilis-debut-album-salam-kenal

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Killers

    The Killers Akan Merilis Album Baru Yang Berkonsep Agustus Tahun Ini

    The Killers (Foto: Eric Weiss). The Killers, sesuai namanya, tidak akan berhenti 'membunuh'. Kurang dari setahun setelah perilisan album terbaru mereka Impl

    on Jun 16, 2021
    Seori

    Seori Luncurkan Single Baru 'The Long Night' Fitur GIRIBOY Via 88risin...

    Seori, penyanyi dan penulis lagu asal Korea Selatan, meluncurkan single barunya berjudul '긴 밤 (The Long Night)'. Sebuah lagu hasil kolaborasinya dengan

    on Jun 10, 2021
    iHeartRadio Music Awards 2021

    iHeartRadio Music Awards 2021: Inilah Daftar Lengkap Pemenangnya!

    iHeartRadio Music Awards 2021 telah sukses digelar! Usai sukses memborong 10 piala di Billboard Music Awards, The Weeknd kembali memboyong sejumlah piala d

    on May 28, 2021
    HITC 3

    Head In The Clouds Fest 2021 Diumumkan Seraya Rilis Single 'California...

    Head In The Clouds telah kembali! Yep, berkat kolaborasi antara perusahaan media serta pelopor musik Global Asia, 88rising, dan Goldenvoice, perusahaan asa

    on May 28, 2021