×
×

Search in Mata Mata Musik

Lady A Curhat Via Lagu ‘My Name Is All I Got’ Sebagai Respons Ke Lady Antebellum

Posted on: 12/17/20 at 11:00 am

Lady A Curhat Via Lagu 'My Name Is All I Got' Sebagai Respons Ke Lady Antebellum
Lady A dan Lady A alias Lady Antebellum. (Foto: Christopher Polk).

Anita White, penyanyi blues asal kota Seattle yang paling dikenal sebagai Lady A, telah merilis lagu baru berjudul ‘My Name Is All I Got’. Lagu tersebut tampaknya ditulis sebagai tanggapan atas perjuangan hukumnya yang sedang berlangsung dengan Lady A lainnya, alias band yang sebelumnya dikenal sebagai Lady Antebellum. Kedua pihak artis tersebut masih di tengah sengketa memperebutkan hak atas nama Lady A.

Baca juga: Lady Antebellum Ganti Nama Menjadi Lady A Malah Menimbulkan Sengketa

‘My Name Is All I Got’ merupakan sebuah lagu blues yang riuh dan menggembirakan tentang berdiri tegak dan bangga dengan identitas seseorang. “Oh they tried to take my name, but my name is all I got (Oh, mereka mencoba untuk mengambil namaku, tapi hanya namaku yang aku punya),” lantun doi di bait pembuka lagunya. Kemudian di lirik lagu tersebut, doi berterima kasih kepada Margo Price karena mengatakan “Lady A yang sebenarnya” harus diundang untuk memainkan Grand Ole Opry, “That’s what true allyship looks like (Seperti itulah bentuk sekutu yang sejati),” kata Anita White dalam nyanyiannya, dan memuji Chris Stapleton karena mengatakan “kehidupan kulit hitam itu penting” alias “Black Lives Matter” dalam wawancaranya dengan CBS, seperti yang dilansir dari Pitchfork.

Rilisan lagu ini adalah yang terbaru dari aksi tarik-menarik yang sedang berlangsung antara artis Seattle dan trio country pemenang Grammy tersebut. Di tengah protes Black Lives Matter yang berlangsung musim panas tahun ini, Lady Antebellum mengumumkan bahwa mereka mencabut kata “ntebellum” dari nama mereka karena kata tersebut memiliki ikatan historis dengan perbudakan dan supremasi kulit putih. Namun sayangnya, band tersebut gagal melakukan penelitian yang teliti tentang “moniker” baru yang mereka adopsi, karena mereka nggak menyadari bahwa ternyata sudah ada Lady A yang telah berkarier musik sebagai artis solo selama beberapa dekade sebelum mereka.

Ketika kesepakatan antara kedua pihak nggak bisa dicapai, Lady A yang baru berganti nama menggugat Anita White dalam upaya untuk mendapatkan izin hukum untuk beroperasi dengan nama baru mereka. Band ini mengklaim bahwa keputusan untuk mengajukan gugatan berasal dari Anita White yang “menuntut pembayaran US$ 10 juta (sekitar Rp 141,1 miliar)”. Uang itu, seperti yang kemudian diklarifikasi oleh Anita White, akan dibagi menjadi dua untuk mengubah citra dirinya dan untuk disumbangkan ke organisasi yang mendukung artis independen berkulit hitam. Pertukaran itu dimaksudkan supaya Lady Antebellum dapat mempertahankan moniker Lady A tanpa membahayakan karier musik satu-satunya Anita White sebagai artis solo.

Pada bulan September lalu, Anita White menanggapi dengan mengajukan gugatannya sendiri di Distrik Barat Washington, Pengadilan Distrik Amerika Serikat. Penamaan anggota band, yakni Charles Kelley, David Haywood, dan Hillary Scott bersama Lady A Entertainment, LLC, gugatan tersebut menyatakan bahwa “hak hukum umum nasional dalam brand dagang Lady A” Anita White mendahului hak-hak serupa yang “diduga dimiliki oleh Lady Antebellum”.

“Lady A adalah brand aku, aku telah menggunakannya selama lebih dari 20 tahun, dan aku bangga dengan apa yang telah aku lakukan,” kata Anita White sebelumnya tentang perubahan nama Lady Antebellum. “Ini terlalu berlebihan sekarang. Mereka menggunakan nama itu karena insiden Black Lives Matter yang, bagi mereka, hanya sesaat. Jika itu penting, itu akan menjadi masalah bagi mereka sebelumnya. Seharusnya nggak perlu George Floyd mati bagi mereka untuk menyadari bahwa nama mereka mengacu pada nama budak”.

Baca juga: Lady A (Lady Antebellum) Tuntut Balik Penyanyi Kulit Hitam Yang Bernama Sama

Nah, sekarang mari kita dengarkan curahan hati Anita White dalam lagu barunya, ‘My Name Is All I Got’ di bawah ini…

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lady A

    Lady A (Lady Antebellum) Tuntut Balik Penyanyi Kulit Hitam Yang Bernam...

    Lady Antebellum (a.k.a Lady ). (Foto: Dove Shore) / Lady A penyanyi lawas. Nah, inilah cerita yang semakin memburuk. Lady A, sebelumnya dikenal sebagai Lady

    on Jul 12, 2020
    Lady A.

    Lady Antebellum Ganti Nama Menjadi Lady A Malah Menimbulkan Sengketa

    Lady A (aka Anita White), via YouTube, dan Lady A (fka Lady Antebellum), via Instagram. Pada Jum'at (12 Juni) lalu, trio musisi country pemenang piala Gramm

    on Jun 15, 2020