×
×

Search in Mata Mata Musik

Lady Gaga Ungkap Trauma Pasca Diperkosa Produser Di Awal Kariernya

Posted on: 05/22/21 at 10:00 am

Lady Gaga Ungkap Trauma Pasca Diperkosa Produser Di Awal Kariernya
Lady Gaga (Foto: Apple TV+).

Lady Gaga belum lama ini mengungkapkan secara terbuka dalam sesi wawancara tentang pelecehan seksual yang doi alami. Pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang produser musik di awal kariernya. Sayangnya, Gaga enggan menyebutkan nama pelakunya itu.

Baca juga: Lady Gaga Tawarkan Rp 7,1 M Setelah Anjingnya Hilang Dan Pengasuhnya Tertembak

Sesi wawancara itu berjalan emosional, yang merupakan episode pertama Apple TV+ serial dokumenter baru-nya Oprah Winfrey dan Prince Harry, The Me You Can not See. Sang popstar membahas bagaimana pemerkosaan meninggalkannya dengan luka emosional yang berkepanjangan.

“Aku berusia 19 tahun, dan aku bekerja di bisnis ini, dan seorang produser mengatakan kepadaku, ‘Lepaskan pakaianmu’,” kenang Gaga sambil menangis. “Dan aku jawab, ‘Enggak”. Kemudian aku pergi, dan mereka mengatakan kepadaku bahwa mereka akan membakar semua (rekaman) musikku. Dan mereka enggak berhenti. Mereka enggak berhenti meminta kepadaku, dan aku hanya membeku dan aku, aku bahkan enggak ingat”.

Gaga merahasiakan pengalaman pahitnya itu selama tujuh tahun saat kariernya melejit, sampai akhirnya memutuskan untuk berbicara tentang pelecehan tersebut pada tahun 2014. Namun, doi menyatakan dalam video dokumentasi bahwa doi enggak berniat untuk menyebut nama pelakunya karena trauma yang timbul dalam hidupnya.

“Aku enggak akan menyebut namanya,” katanya. “(Tetapi) aku memahami gerakan #MeToo ini. Aku memahami bahwa beberapa orang merasa sangat nyaman dengan ini, dan aku enggak. Aku enggak mau menemui orang itu lagi”.

Batalkan Jadwal Konser Akibat PSTD

Menurut Gaga, PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) dari serangan itu muncul kembali pada dirinya selama kunjungan ke rumah sakit baru-baru ini dengan seorang psikiater. Hal itu akhirnya membuatnya membatalkan sejumlah konser.

“Pertama aku merasakan sakit yang luar biasa, kemudian aku mati rasa,” katanya. “Dan kemudian aku sakit selama berminggu-minggu dan berminggu-minggu dan berminggu-minggu setelahnya, dan aku menyadari bahwa itu adalah rasa sakit yang sama yang aku rasakan ketika orang yang memperkosaku membuangku saat hamil di pojokan. Di rumah orang tuaku karena aku sakit dan muntah-muntah. Karena aku telah dilecehkan. Aku dikurung di studio selama berbulan-bulan”.

Lady Gaga Melawan Trauma

Superstar itu juga mengungkapkan suatu hal di tengah tur persnya yang penuh kemenangan untuk film A Star Is Born (2019). Film musikal yang membuatnya mendapatkan penghargaan Oscar untuk Best Original Song dan nominasi Best Actress. Di sana doi sebenarnya berjuang melawan trauma yang doi gambarkan sebagai “memecah psikotik total”.

“Selama beberapa tahun, aku bukan gadis yang sama,” kata Gaga. “Yang aku rasakan ketika aku merasakan sakit adalah apa yang aku rasakan setelah aku diperkosa. Aku telah menjalani begitu banyak MRI dan scan yang enggak ditemukan apa-apa. Tapi tubuhku mengingatnya”.

Namun, pemenang Oscar itu mengatakan bahwa, meskipun jalan menuju pemulihannya panjang dan sulit, doi akhirnya menemukan kedamaian saat membagikan kisah pilunya. “Buka hatimu untuk orang lain, karena aku bilang kepadamu, aku sudah melewatinya dan orang butuh bantuan,” pungkasnya. “Itu bagian dari kesembuhanku, adalah bisa berbicara denganmu”.

Baca juga: James Hetfield (Metallica) Ungkapkan Apresiasinya Kepada Lady Gaga

Silakan tonton video Lady Gaga membahas serangan seksual traumatisnya di bawah (melalui The Independent).

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lady Gaga

    Lady Gaga Rilis "Dawn Of Chromatica" Yang Sarat Gebrakan Baru

    Sampul album terbaru Dawn Of Chromatica Hari ini adalah hari yang spesial bagi Lady Gaga karena secara resmi album versi remix Chromatica dirilis. Versi rem

    on Sep 4, 2021
    Lady_Gaga_02

    Lady Gaga Umumkan Album Remix "Chromatica" Fitur Lebih Banyak Artis

    Lady Gaga dalam MV Stupid Love (Foto: dok. Lanny Cordola). Baru-baru ini melalui akun resmi media sosialnya Lady Gaga mengumumkan jadwal rilis album remix-n

    on Sep 1, 2021

    16 Musisi Top Yang Sukses Menjadi Bintang Film Selain Lady Gaga

    Lady Gaga bukan satu-satunya musisi beken yang sukses di dunia akting. Ada sederet musisi pendahulu dan seangkatannya yang melakukan lompatan besar yang sa

    on Aug 15, 2021
    Friends Reunion BTS Lady Gaga Justin Bieber

    Lady Gaga, Justin Bieber, BTS Tampil Di Film "Friends" Disensor Di Chi...

    Lady Gaga, Justin Bieber, dan BTS sukses tampil di film Friends: The Reunion. Namun sayangnya adegan film yang menampilkan ketiga artis top dunia tersebut

    on May 31, 2021