×
×

Search in Mata Mata Musik

Lagu Baru Bring Me The Horizon Dituduh Jiplak Riff Lagu Deftones, Benarkah?

Posted on: 11/4/20 at 12:30 pm

Lagu Baru Bring Me The Horizon Dituduh Jiplak Riff Lagu Deftones, Benarkah?
Oli Sykes (Bring Me The Horizon) / Chino Moreno (Deftones).

Ini bukan pertama kalinya Bring Me The Horizon (BMTH) dituduh “nyolong musik” alias jiplak lagu oleh kritikus musik. Oh ya?

Baca juga: Oli Sykes (Bring Me The Horizon) Bahas Seputar EP “Post Human: Survival Horror”

Band alternative metal kebangsaan Inggris ini memang sedang “hot” di mana-mana karena baru-baru ini merilis EP barunya, Post Human: Survival Horror, pada tanggal 30 Oktober. Meski EP ini disambut sangat meriah oleh fans karena lagu-lagunya yang enak, sebagian pendengar juga telah memperhatikan dan menemukan suatu fakta, yaitu salah satu riff gitar dalam lagu ‘Dear Diary’ memiliki kemiripan yang menyolok dengan lagu Deftones tahun 2012, ‘Swerve City’.

Apakah jiplak atau nggak, silakan lo dengarkan dan membandingkan sendiri dua lagu dari masing-masing band tersebut di bawah ini… temukan riff di lagu BMTH yang mirip riff di lagu Deftones, coba dengarkan kira-kira di menit ke-2 detik ke-10 pada lagu ‘Dear Diary’, yang merupakan karya utama dari gitaris BMTH, Lee Malia.

Ini tentu saja bukan kali pertama BMTH dituduh melakukan pencurian riff. Band ini sebelumnya dituduh mencuri bagian musik dari lagu Evanescence untuk lagu ‘Nihilist Blues’ dari album 2019 BMTH, Amo.

Vokalis BMTH Oli Sykes mengatakan kepada NME tentang insiden tersebut, “Hal yang aneh tentang Evanescence adalah kami dituntut oleh mereka pada rekaman terakhir kami. Tentang ‘Nihilis Blues’, kami ‘me-Rip Off’ salah satu bait mereka. Itu tanpa kami sadari, tetapi ketika itu terjadi kami seperti, ‘Kami bahkan nggak akan berdebat'”.

Tapi syukurnya, konflik BMTH dengan Evanescence telah berakhir yang ditandai oleh kolaborasi pentolan Evanescence, Amy Lee dengan BMTH di salah lagu dari EP Post Human: Survival Horror, ‘One Day the Only Butterflies Left Will Be in Your Chest as You March Towards Your Death’.

Baca juga: EP BMTH “Post Human: Survival Horror” Juga Fitur Babymetal, Amy Lee Evanescence

Nah, kalau begitu, mungkin kita bisa menunggu gitaris Deftones Stef Carpenter dan gitar ESP sembilan senarnya tampil dalam kolaborasi dengan BMTH di masa mendatang… pasti bakal keren.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Terbaik

12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Secara Social Distancing Terbaik

Tahun 2020 memang penuh tragedi dan menyebalkan tentunya, terutama sejak dimulainya pandemi Covid-19 alias Kopad-Kopid Kagak Jelas ini, di mana seluruh sek

on Nov 23, 2020
Stephen Carpenter

Stephen Carpenter (Deftones) Akui Dirinya Penganut Bumi Datar & Keboho...

Stephen Carpenter. (Foto: Debi Del Grande). Gitaris Deftones, Stephen Carpenter dikenal sebagai seorang advokat legalisasi mariyuana yang paling menonjol di

on Nov 13, 2020
System Of A Down

Dua Lagu Baru System Of A Down Raup Rp 8,5 Miliar Untuk Bantu Artsakh ...

System Of A Down (ki-ka): Daron, Shavo, John, Serj. System Of A Down (SOAD) bikin geger blantika musik rock dan metal dengan dua lagu baru pertama mereka da

on Nov 13, 2020
OMNI

Kuartet Alt-Metal OMNI Beri Semangat Optimisme Via Single Terbaru, 'SU...

OMNI. Dalam suasana wabah global Covid-19, OMNI kembali merilis lagu terbaru yang berjudul ‘SURRENDER’ melalui kanal YouTube. Lagu ini merupakan single

on Nov 10, 2020