×
×

Search in Mata Mata Musik

Sulit Dipercaya Lagu ‘Black Lives Matter’ Ini Ciptaan Bocah Berusia 10 Tahun!

Posted on: 07/5/20 at 7:30 am

Dengarkan Lagu ‘Black Lives Matter’ Ini Ciptaan Anak Berusia 10 Tahun, Naima Nascimento.
Naima Nascimento. (Foto: Sequoia Chappellet-Volpini).

Seorang bocah berusia sepuluh tahun bernama Naima Nascimento telah menulis sebuah lagu pop untuk membantu memproses perasaannya tentang kematian sejumlah orang kulit hitam di Amerika Serikat (AS) yang tidak berdosa baru-baru ini.

Ibu dari Naima Nascimento, Sequoia Chappellet-Volpini, memposting sebuah video saat putrinya sedang bernyanyi dan memainkan ukulele di Instagram dan Facebook pada bulan Juni lalu dan video tersebut telah memperoleh lebih dari 1 juta views di Facebook saja. Berjudul ‘BLM’ untuk mendukung gerakan Black Lives Matter, Naima Nascimento merujuk pada kematian tragis dan viral dari George Floyd dan Ahmaud Arbery. “I can’t change you/You gotta change yourself/I’d like to help you/See I’m just like everyone else,” lantun penyanyi/penulis lagu muda itu. Saat lagunya berlanjut, bocah berusia 10 tahun itu merayakan hidupnya sendiri sebagai perempuan muda berkulit hitam dan “haknya untuk berjuang”.

Baca Juga: 10 Riff Gitar Terbaik Sepanjang Masa Versi Slash (Guns N’ Roses)

Dalam caption untuk postingan Instagram-nya, Chappellet-Volpini menulis bahwa putrinya telah mengirim video itu kepadanya seminggu sebelumnya dan bahwa itu hanyalah rekaman kasar mengenai tanggapannya terhadap peristiwa terkini. “Aku sangat bersyukur bahwa dia memiliki bentuk ekspresi ini sebagai cara untuk memproses apa yang dia rasakan dan alami,” tuturnya. “Aku sangat bangga kepadanya dan juga sangat sedih bahwa ini adalah lagu yang dia tulis ketika dia masih berusia 10 tahun”.

Dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone baru-baru ini, salah satu pendiri gerakan Black Lives Matter Patrisse Cullors menunjukkan persimpangan penting antara seni, protes dan gerakan saat ini yang sedang berjuang demi keadilan rasial. “Seni adalah bagaimana kita dapat mencapai tempat-tempat yang kita inginkan,” ujar Patrisse Cullors. “Seni menciptakan visi dan harapan dan itu menjadi fondasi bagi kami. Kita tidak bisa melupakan bahwa pekerjaan yang kita lakukan sebagai artis harus sangat selaras dengan gerakan yang menyerukan para artis untuk menjadi salah satu visioner dalam proses ini”.

Tonton video untuk performa lagu ‘BLM’ ciptaan Naima Nascimento yang masih berusia 10 tahun di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Rey Putra Fitur Olive Ruth

Bersama Olive Ruth, Rey Putra Rilis 'Banana Toast', Single Penuh Cinta...

Rey Putra fitur Olive Ruth. Rey Putra, seorang produser musik asal Surabaya yang pernah menjadi Top Finalist EMPC (Electronic Music Producer Contest) pada t

on Aug 8, 2020
Mikha Tambayong

Mikha Tambayong Persembahkan Lagu 'Tak Tergantikan' Untuk Sang Bunda

Mikha Tambayong. Kehilangan sosok yang paling berarti dalam hidup tentunya merupakan pukulan berat bagi siapapun, begitu juga dengan Mikha Tambayong saat ha

on Aug 8, 2020
Juicy Luicy

Gempita Konser Virtual Juicy Luicy “Jaga Dulu Jarak Kita” Sukses H...

Konser virtual Juicy Luicy “Jaga Dulu Jarak Kita”. Selama masa PSBB bahkan setelah PSBB kita diwajibkan untuk menjaga jarak fisik (Physical Distancing)

on Aug 8, 2020
Duara

Single Baru Duara 'Sarariman's Dream', Ode Untuk Kaum Pekerja Kantoran

Duo Duara. Duara, duo asal Jakarta yang terdiri dari Renita Martadinata dan Robert Mulyarahardja, kembali single baru lanjutan dari dua buah single di

on Aug 6, 2020