×
×

Search in Mata Mata Musik

Lagu Glen Campbell, Dr. Dre, Tina Turner dan Penyanyi Lainnya Masuk Daftar National Recording

Posted on: 03/27/20 at 6:01 am

Glen Campbell
Glen Campbell (Foto: Universal Music Group).

Library of Congress telah menambahkan 25 rekaman ke dalam National Recording Registry, dan Glen Campbell mewakili musik country dGlen Campbellalam kumpulan baru. Hit single tahun 1968-nya, ‘Wichita Lineman’, berada di antara grup tambahan baru.

Kim Campbell, janda mendiang Glen angkat bicara mengenai kabar tersebut. Dia yakin suaminya sangat senang dan merasa terhormat lagunya diarsipkan di Library of Congress.

“‘Wichita Lineman’ adalah ekspresi tertinggi dari ikatan musik dan spiritual antara suami saya Glen dan belahan jiwa penulis lagunya Jimmy Webb,” ujar Kim Campbell.

“Meskipun ‘Wichita Lineman’ menjadi lagu yang sangat penting bagi Glen, lagu itu juga salah satu favoritnya dan saya tahu dia akan sangat senang dan merasa terhormat memiliki rekaman aslinya disimpan di Library of Congress,” imbuh janda penyanyi yang meninggal pada 2017 lalu.

Selain Glen Campbell, kumpulan lagu yang baru saja ditambahkan juga termasuk rekaman Eddy Arnold tahun 1965, ‘Make the World Go Away’, serta lagu Whitney Houston klasik dari Dolly Parton ‘I Will Always Love You’.

Setiap tahun, 25 rekaman dipilih untuk dimasukkan ke dalam The National Recording Registry yang berusia minimal 10 tahun dan yang secara budaya, historis, atau estetis. Daftar tahun ini juga menampilkan lagu-lagu hit dan album yang sangat populer dari beragam genre. Dr. Dre, Tina Turner, Selena, dan Cheap Trick hanyalah beberapa dari artis yang diwakili dalam grup, yang juga mencakup satu entry non-musik: Rekaman jeda Liga Nasional 1951 antara New York Giants dan Brooklyn Dodgers.

Penerjemah: Fajar Nugroho
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter