×
×

Search in Mata Mata Musik

Lagu Kolab Baru Pharrell Williams dan Jay-Z Angkat Citra Pengusaha Kulit Hitam

Posted on: 08/22/20 at 6:00 am

Lagu Kolab Baru Pharrell Williams dan Jay-Z Angkat Citra Pengusaha Kulit Hitam
Pharrell Williams dan Jay-Z. (Foto: via CNN).

Dua raksasa hip-hop, Pharrell Williams dan Jay-Z telah merilis lagu kolaborasi terbaru mereka, yang pertama dalam lebih dari satu dekade terakhir, berjudul ‘Entrepreneur’. Video musik lagu ini merupakan sebuah pernyataan visual yang kuat, dengan menampilkan serangkaian pengusaha berkulit hitam dan cara mereka memecahkan berbagai masalah sosial atau bisnis yang biasa mereka harus hadapi.

Rapper/desainer Tyler, the Creator dan sutradara Issa Rae hanyalah dua dari sekian banyak pengusaha berkulit hitam yang dimunculkan dalam lagu baru Pharell Williams dan Jay-Z tersebut, yang juga menampilkan momen tribute untuk almarhum rapper legendaris Nipsey Hussle.

“Tujuan dari lagu ini adalah tentang betapa sulitnya itu untuk mulai menjadi seorang pengusaha di negara kami (Amerika Serikat -Ed.) ini,” ungkap Pharell Williams. “Terutama sebagai orang dengan kulit berwarna, ada banyak kerugian sistemik dan halangan yang disengajakan. Bagaimana lo bisa menyalakan sebuah api, atau bahkan harapan membara untuk menyalakan api, ketika lo mulai dari posisi yang kurang menguntungkan sehubungan dengan perawatan kesehatan, pendidikan, dan perwakilan?”.

Pada bagian verse-nya, Jay-Z menjelaskan pentingnya mendukung bisnis milik orang berkulit hitam dan mendirikan perusahaan mereka sendiri. “Black Twitter, what’s that? When Jack gets paid, do you?,” lantun suami dari Beyoncé itu, merujuk pada CEO Twitter Jack Dorsey, sebelum kemudian menambahkan, “For every one Gucci, support two FUBU’s,” merujuk pada merek pakaian “For Us, By Us (FUBU)” yang didirikan oleh Daymond John.

Pengusaha lainnya yang ditampilkan dalam video ‘Entrepeneur’ adalah Robert Hartwell, Six Sev, TyAnthony Davis (pendiri Vox Collegiate Junior High), Vincent Williams (pendiri Honey’s Kettle), Iddris Sandu, Beatrice Dixon (pendiri Honey’s Pot), Arthell & Darnell Isom (pendiri D’ART Shtajio), Neighbours SkateShop, Alrick Augustine, Denise Woodard (pendiri Partake Cookies), Chace Infinite (pendiri Harun Coffee Shop), Chef Alisa (pendiri My Two Cents), Debbie Allen (pendiri Tribe Midwifery), Angela Richardson (pendiri PUR Home), Miss Bennett Fitness, Black and Mobile, Trill Paws Dog Accessories, Third Vault Yarns, dan “The First Black Valedictorian of Princeton” Nicholas Johnson. Mereka semua muncul sebagai cameo saat berbagai kartu judul memperkenalkan segala pencapaian mereka.

Lagu ‘Entrepeneur’, yang diproduksi oleh Pharell Williams bersama dengan rekan lamanya di trio The Neptunes, Chad Hugo, “mencoba untuk mengkomunikasikan bahwa ketika kita semua bersatu, memperlakukan satu sama lain dengan lebih baik dan saling menghargai satu sama lain, akan ada lebih banyak uang dan lebih banyak kesempatan untuk semua orang,” ujar Pharel Williams.

Lagu ini dirilis sehubungan dengan cover majalah Time terbaru Pharell Williams, “The New American Revolution”. Menurut pengumuman dalam edisi majalah itu, yang dikurasi oleh Pharrell Williams sendiri, menampilkan percakapan dengan Angela Davis, Tyler, the Creator, Naomi Osaka, Geoffrey Canada dan banyak tokoh terkenal lainnya tentang “ketidaksetaraan sistemik yang dihadapi orang kulit hitam sepanjang sejarah Amerika Serikat, dan bagaimana masa depan yang lebih adil mungkin dapat dicapai melalui kebijakan, kedokteran, budaya, olahraga, dan edukasi”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    A. Nayaka

    A. Nayaka Nyentak Kancah Hip-Hop Asia Tenggara Via Single 'Orang Lain'

    A. Nayaka yang bernama lengkap Ariel Nayaka adalah rapper muda kelahiran Jakarta, 2 Agustus 1994. Masa remajanya dihabiskan di kota Houston, Texas, Amerika

    on Jul 31, 2021
    Kanye West

    Kanye West Rilis Album Baru "Donda" Terinspirasi Dari Sang Ibunda

    Kanye West (Foto: Instagram/kanyewest). Kanye West mengkonfirmasi perilisan album barunya yang berjudul Donda, dalam iklan Beats by Dre yang ditayangkan saa

    on Jul 22, 2021
    50 Cent

    50 Cent Kabari Status Terbaru Perilisan Album "Street King Immortal"

    50 Cent (Foto: Dave Simpson/WireImage). 50 Cent memang sempat absen dari kancah musik sejak mengumumkan kebangkrutannya pada tahun 2015. Sebelumnya, pada ta

    on Jul 20, 2021
    Post Malone

    Post Malone Rilis Lagu Baru Yang Terinspirasi Dari Motley Crue

    Motley Crue (Foto: dok. Motley Crue) / Post Malone (Foto: Kevin Winter/Getty Images). Post Malone, telah dipastikan pada Jum'at ini, 9 Juli akan merilis lag

    on Jul 7, 2021