×
×

Search in Mata Mata Musik

Lagu-Lagu MJ Ditarik Dari Radio Selandia Baru & Kanada

Posted on: 03/7/19 at 12:30 pm

Reaksi ini muncul setelah dokumenter Leaving Neverland mendetailkan tuduhan pelecehan dari dua laki-laki terhadap “King of Pop” ini. 

Oleh: Eleanor Ainge Roy. (The Guardian)

Belasan stasiun radio di seluruh dunia telah menarik lagu-lagu milik Michael Jackson dari daftar putar mereka setelah tuduhan penganiayaan dan pelecehan seksual oleh Raja Pop — merujuk pada dokumenter Leaving Neverland — yang sudah ditayangkan pada Minggu (3/3) kemarin.

Di Selandia Baru, penyiar publik dan saingan komersial utamanya — yang basis pendengarnya mencakup lebih dari setengah populasi — bersepakat untuk tidak memainkan lagu-lagu hit Michael Jackson.

Baca Juga: Mac DeMarco Rilis Video untuk Lagu Baru “Nobody”

RNZ atau Radio New Zealand — yang dimiliki oleh pemerintahan New Zealand — mengatakan langkah tersebut menerapkan “penilaian editorial” untuk setiap musik yang diputar di radio, dan Jackson saat ini lulus “penilaian editorial” mereka. MediaWorks New Zealand, yang memiliki sembilan stasiun radio komersial utama, mengonfirmasi lagu artis tersebut telah ditarik dari semua daftar putar di semua stasiunnya sebagai cerminan dan preferensi pendengar mereka.

Begitu juga dengan New Zealand Media and Entertainment (NZME) yang juga mengikuti langkah media lain di negara tersebut. Direktur Dean Buchanan mengatakan, “Daftar putar berubah dari minggu ke minggu dan saat ini Michael Jackson tidak disertakan oleh mereka.”

Baca Juga: The National Akan Luncurkan Album Baru & Film Pendek!

Sebelumnya, tiga stasiun radio utama Kanada menarik lagu-lagu Jackson. Stasiun radio berbahasa Prancis di Montreal, CKOI and Rythme dan stasiun radio berbahasa Inggris, The Beat mengatakan tidak ada lagi lagu-lagu milik Michael Jackson yang diudarakan sejak Senin (4/3) pagi.

Di Selandia Baru, tidak jelas berapa lama larangan ini akan berlangsung. MediaWorks MediaWorks New Zealand mengatakan “kami akan dipandu oleh audiens kami” pada apakah penghapusan itu permanen atau tidak. RNZ – yang memiliki lebih dari 600.000 pendengar seminggu – mengatakan saat ini satu-satunya pengecualian adalah jika lagu diputar “sebagai bagian dari berita atau sebagai latar belakang  di sesi komentar kami.”

Baca Juga: Akhir Kisah Hidup Keith Flint

Leaving Neverland mulai ditayangkan di HBO pada hari Minggu (3/3), menunjukan detail tuduhan kekerasan pada dua pria yang sebelumnya menyangkal Jackson mencabuli mereka dan mendukungnya melawan pihak berwenang.

Dalam film dokumenter empat jam tersebut, dua pria menuduh Jackson melakukan pelecehan seksual yang meluas dan ekstensif, bahkan merka berpartisipasi dalam pernikahan pura-pura untuk bintang pop itu.

Baca Juga: Sejumlah Artis Ucapkan Belasungkawa Atas Kematian Keith Flint

Pewaris Michael Jackson mengkritik film dokumenter itu, ” ini adalah upaya keterlaluan dan menyedihkan untuk mengeksploitasi dan memanfaatkan namanya untuk mencari keuntungan,” sementara para penggemar melaporkan ancaman terhadap sutradara film, pemenang penghargaan Bafta Dan Reed, serta ancaman kematian pada kedua pria itu.

Dalam sebuah wawancara dengan London Telegraph, Reed mengatakan penggemar pop perlu menilai kembali jika mereka nyaman mendengarkan Jackson mengikuti tuduhan itu. “Orang-orang harus mendengarkan musiknya dengan pengetahuan bahwa dia adalah pemerkosa anak yang produktif. Jika mereka nyaman melakukan itu, baiklah. Jika tidak, mungkin mendengarkan sesuatu yang lain untuk sementara waktu,” kata Reed.

Direktur konten grup MediaWorks, Leon Wratt mengatakan kepada Magic FM, “Penonton selalu terpecah karena Michael …Anda punya 500 lagu di daftar putar dan Anda harus membuat keputusan yang mana 500 lagu itu adalah yang ingin didengarkan orang. Kami [MediaWorks] tidak memutuskan apakah  Michael Jackson bersalah atas pedofilia, kami hanya memastikan stasiun radiokami akan memutar musik yang ingin didengar orang.”

Keterangan Foto Utama: Michael jackson. (Foto: Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Michael Jackson

Drama Musikal Michael Jackson di Broadway Telah Diundur Jadwalnya

Michael Jackson saat konser di era 1980-an. (Foto: Kevin Mazur/WireImage). Jadwal debut panggung Broadway drama musikal tentang The King of Pop, Michael Jac

on May 15, 2020
Michael Jackson

Penuduh Pelecehan Seksual Michael Jackson Kembali Menuntut

Michael Jackson memberi isyarat ketika dia meninggalkan Pengadilan Santa Barbara County pada 2 Maret 2005 setelah hari ketiga persidangan penganiayaan anaknya

on Jan 5, 2020
Kematian Goo Hara

Kematian Goo Hara Jadi Bukti Timpangnya Sistem Peradilan Korea

Di Korea Selatan, kematian Goo Hara memicu amarah publik seputar kejahatan seksual terhadap perempuan dan persepsi luas bahwa penegak hukum telah gagal mengat

on Nov 28, 2019
Michael Jackson

Musikal Michael Jackson di Broadway Umumkan Pemeran King of Pop

Musikal Michael Jackson telah menemukan King of Pop-nya. Ephraim Sykes, aktor multi-talenta peraih nominasi piala Tony di Ain’t Too Proud, akan mengisi pe

on Nov 22, 2019