×
×

Search in Mata Mata Musik

Lagu Post Malone, ‘Circles’ Diklaim dan Dituntut Oleh Seorang Penulis Lagu

Posted on: 04/13/20 at 6:00 am

Post Malone di AMA.
Post Malone menerima Favorite Album – Rap/Hip-Hop award untuk ‘Hollywood’s Bleeding’ di atas panggung saat American Music Awards 2019 di Microsoft Theater pada 24 November 2019 di Los Angeles, California. (Foto: Kevin Winter/Getty Images for dcp).

Lagu hit Post Malone ‘Circles’ telah memicu sebuah perang hak cipta dengan seorang penulis lagu yang mengklaim bahwa dia ikut menulis lagu itu tetapi tidak diberi kredit dan kompensasi. Tyler Armes pada hari Selasa (7 April) lalu telah menggugat Austin Post, yang dikenal secara publik sebagai Post Malone, produser musik Frank Dukes dan perusahaan Universal Music Group.

Tyler Armes mengatakan bahwa pada Agustus 2018 lalu dia “menghabiskan waktu berjam-jam di studio dengan Post Malone dan Frank Dukes dan akhirnya ikut menulis lagu ‘Circles'”. Penulis lagu itu mengatakan bahwa dia ikut menulis chord kibord dan melodi gitar di bagian pengantar dan memiliki “input yang signifikan” pada bagian bassline dalam lagu itu. Sementara liriknya belum selesai, Tyler Armes mengatakan bahwa instrumentasi dan melodi vokal yang mereka buat malam itu adalah “nada demi nada” sangat identik dengan lagu yang sudah jadi.

Baca Juga: Dikira Sedang Mabuk Dalam Video Musik, Post Malone Buka Suara

Menurut pengaduan yang diajukan ke California Federal Court, setelah lagu ‘Circles’ dirilis dan Tyler Armes menghubungi Frank Dukes, Post Malone menawarkan untuk memberinya 5 persen dari hasil royalti penerbitan. Tyler Armes mencoba menegosiasikan nilai yang lebih tinggi, tetapi manajer Post Malone mengatakan jika dia tidak menerima persentase itu maka dia tidak akan mendapatkan apa-apa.

Tyler Armes meminta pengadilan untuk mendeklarasi bahwa dia adalah seorang kontributor penulis dan produser dalam lagu ‘Circles’ dan berhak atas kredit dan royalti prospektif dan retroaktifnya. “Ini sangat mengecewakan bahwa Post Malone dan timnya tidak memberikan kredit penulisan bersama kepada Tyler Armes,” ujar pengacara Tyler Armes, Allison Hart dari Lavely & Singer, dalam sebuah pernyataan kepada The Hollywood Reporter. “Sejumlah saksi akan membenarkan bahwa Tyler telah ikut serta menulis lagu ‘Circles’. Kami berharap akan dibenarkan sepenuhnya ketika masalah ini diputuskan oleh Pengadilan”.

UMG menolak untuk berkomentar secara publik, tetapi Post Malone pada hari yang sama juga menggugat balik Tyler Armes.

Dalam sebuah keluhan yang diajukan ke New York Federal Court, pengacara Post Malone, Christine Lepera, berpendapat bahwa sementara Tyler Armes hadir pada sesi rekaman di bulan Agustus 2018, dia tidak menulis musik atau lirik yang digunakan dalam lagu tersebut – dan dia tidak hadir untuk berbagai sesi rekaman berikutnya yang mengarah kepada pembuatan lagu ‘Circles’.

“Ini adalah kisah kuno dalam bisnis musik tentang ketika sebuah lagu menghasilkan kesuksesan yang mendadak, seperti yang diraih ‘Circles’, seorang individu akan keluar entah dari mana, secara salah mengklaim dan mengambil kredit untuk lagu tersebut, dan menuntut secara tidak beralasan atas keuntungan dari lagu itu,” tulis surat keluhan dari pihak Post Malone itu.

Post Malone juga meminta sebuah deklarasi. Penyanyi multi-genre ini ingin pengadilan untuk menyatakan bahwa Tyler Armes tidak menulis bagian apa pun dari ‘Circles’, tidak memiliki hak cipta yang valid dalam karya itu dan tidak berhak atas uang dari eksploitasi lagu tersebut.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Big Hit X Universal Music

    Big Hit & Universal Music Resmi Bermitra Untuk Meluncurkan Boyband Glo...

    Pengumuman besar! Big Hit Entertainment dan Universal Music Group telah sepakat bersinergi dan berkolaborasi untuk meluncurkan boygroup atau boyband baru s

    on Feb 22, 2021
    Bob Dylan

    Bob Dylan Menjual Seluruh Katalog Lagu Yang Ditulisnya Senilai Rp 4,2 ...

    Bob Dylan. (Foto: Bob Dylan). Musisi kawakan nan legendaris Bob Dylan telah mencapai kesepakatan dengan Universal Music Group untuk menjual seluruh katalog

    on Dec 8, 2020
    American Music Awards 2020

    Prediksi Deretan Artis Top Pemenang American Music Awards 2020

    Daftar nominasi American Music Awards (AMA) 2020 telah diumumkan pada 27 Oktober. Roddy Rich dan The Weekend memimpin nominasi AMA 2020, masing-masing d

    on Oct 30, 2020
    Kanye West

    Berseteru Dengan Universal Music dan Sony/ATV, Kanye West Kencingi Pia...

    Kanye West (Foto: Brad Barket/Getty Images for Fast Company) / Piala Grammy dikencingi. (Foto: Twitter Ye). Dengan terhitung hanya 47 hari dari hari pelaksa

    on Sep 17, 2020