×
×

Search in Mata Mata Musik

Lagu St. Vincent ‘New York’ Dibikin Versi Klasikalnya Oleh Yoshiki (X-Japan)

Posted on: 08/30/20 at 6:30 am

Lagu St. Vincent ‘New York’ Dibikin Versi Klasikalnya Oleh Yoshiki (X-Japan)
Yoshiki dan St. Vincent. (Foto: via Twitter/@YoshikiOfficial).

Sudah dengar lagu ‘New York’ milik St. Vincent? Kalau belum yuk kita dengarkan sekarang salah satu lagu hits cewek bernama asli Annie Clark ini di sokin.

Nah, St. Vincent belum lama ini bekerja sama dengan Yoshiki, produser sekaligus pentolan dan dramer band heavy metal legendaris Jepang, X Japan untuk membuat aransemen baru lagu klasik modernnya tersebut.

Baca juga: Elton John Ungkap ‘Upaya Susah Payah’ Ingin Dikenal Pakai Kokain Di Masa Lalu

Versi baru lagu dari album St. Vincent, MASSEDUCTION (2017) ini pada dasarnya mengambil apa yang sudah ada dan menempatkan beberapa sentuhan musik klasikal yang lebih tipikal pada beberapa bagian. Pada bagian kalimat lirik “only motherfucker” juga diubah menjadi “only other sucker”. Yoshiki memperluas aransemen string asli lagu ini, sambil menambahkan beberapa permainan piano cantiknya sendiri untuk menggantikan karya asli dari Thomas Bartlett.

St. Vincent membandingkan ‘New York’ yang baru ini dengan deskripsi “cara waktu atau jarak mengubah seorang teman atau suatu hubungan lama, sama seperti: yang asli masih bisa dikenali, tetapi diubah secara halus dan signifikan”. Dalam pernyataannya sendiri, Yoshiki menjelaskan bagaimana kolaborasi itu terjadi:

“Sebagai seorang seniman, gue mengagumi bagaimana St. Vincent melakukan pendekatan musik dengan cara yang inovatif dan berani. Musiknya mendobrak batasan genre, yang merupakan pola pikir yang benar-benar bisa gue relate. Band gue, X Japan tampil di Coachella Festival pada tahun 2018 (yang waktunya) bersamaan dengan penampilan konser St. Vincent (di Coachella), tetapi pada saat itu kami nggak bertemu. Tapi tahun ini, melalui mutual friends kami, kami diperkenalkan satu sama lain. Berkenaan dengan ‘New York’, ini adalah lagu yang bagus untuk memulai, dan gue bersyukur doi memercayai gue untuk mengaransir ulang lagu ini sepenuhnya dengan pendekatan klasikal gue. Gue berharap fans St. Vincent menikmatinya, dan fans gue juga”.

Sebelumnya, pada awal-awal selama pandemi, St Vincent menampilkan versi akustik lagu ‘New York’ untuk BAM Virtual Gala. Doi juga meluncurkan podcast, menyumbangkan lagu tersebut sebagai lagu utama untuk serial Netflix-nya Damien Chazelle, The Eddy, serta membagikan video lagu cover ‘Stairway to Heaven’ dan ‘Forty Six & 2’ dari Tool, dan hal itu lantas menjadi petunjuk untuk sang dramer X Japan tentang ide kolaborasi mereka. Sementara itu, X-Japan telah melepas teaser album baru yang bakal menjadi album pertama mereka sejak bertahun-tahun lalu terakhir merilis album Dahlia (1996). Dan gosipnya, X-Japan bakal berkolaborasi dengan Marilyn Manson. Kita tunggu saja nanti.

Silakan mendengarkan lagu ‘New York’ mbak St. Vincent dengan sentuhan Om Yoshiki.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Extreme Moshpit Awards

Daftar Pemenang Penghargaan Spesial Musik Cadas: Extreme Moshpit Award...

Extreme Moshpit adalah media musik cadas Indonesia yang bergerak sejak 2007. Selain mewujudkan gerakan baru tradisi fanzine dan media di ranah musik ekstri

on Dec 3, 2020
Nick Menza

Film Dokumenter Resmi Nick Menza, Alm. Mantan Dramer Megadeth Siap Dil...

Nick Menza. (Foto: Facebook/Megadeth). Screaming Butterfly Entertainment yang berbasis di West Virginia, Amerika Serikat (AS) telah mengumumkan sebuah film

on Dec 1, 2020
Humi Dumi

Sixtet Alt-Pop Humi Dumi Ungkap Makna Terjatuh Via Single 'Isn't It A ...

Mengasihani diri sendiri dan tersakiti karena suatu khayalan semu nggak pernah seceria ini, seperti terangkum lewat single terbaru sixtet ​alternative po

on Nov 29, 2020
12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Terbaik

12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Secara Social Distancing Terbaik

Tahun 2020 memang penuh tragedi dan menyebalkan tentunya, terutama sejak dimulainya pandemi Covid-19 alias Kopad-Kopid Kagak Jelas ini, di mana seluruh sek

on Nov 23, 2020