×
×

Search in Mata Mata Musik

Lagu St. Vincent ‘New York’ Dibikin Versi Klasikalnya Oleh Yoshiki (X-Japan)

Posted on: 08/30/20 at 6:30 am

Lagu St. Vincent ‘New York’ Dibikin Versi Klasikalnya Oleh Yoshiki (X-Japan)
Yoshiki dan St. Vincent. (Foto: via Twitter/@YoshikiOfficial).

Sudah dengar lagu ‘New York’ milik St. Vincent? Kalau belum yuk kita dengarkan sekarang salah satu lagu hits cewek bernama asli Annie Clark ini di sokin.

Nah, St. Vincent belum lama ini bekerja sama dengan Yoshiki, produser sekaligus pentolan dan dramer band heavy metal legendaris Jepang, X Japan untuk membuat aransemen baru lagu klasik modernnya tersebut.

Baca juga: Elton John Ungkap ‘Upaya Susah Payah’ Ingin Dikenal Pakai Kokain Di Masa Lalu

Versi baru lagu dari album St. Vincent, MASSEDUCTION (2017) ini pada dasarnya mengambil apa yang sudah ada dan menempatkan beberapa sentuhan musik klasikal yang lebih tipikal pada beberapa bagian. Pada bagian kalimat lirik “only motherfucker” juga diubah menjadi “only other sucker”. Yoshiki memperluas aransemen string asli lagu ini, sambil menambahkan beberapa permainan piano cantiknya sendiri untuk menggantikan karya asli dari Thomas Bartlett.

St. Vincent membandingkan ‘New York’ yang baru ini dengan deskripsi “cara waktu atau jarak mengubah seorang teman atau suatu hubungan lama, sama seperti: yang asli masih bisa dikenali, tetapi diubah secara halus dan signifikan”. Dalam pernyataannya sendiri, Yoshiki menjelaskan bagaimana kolaborasi itu terjadi:

“Sebagai seorang seniman, gue mengagumi bagaimana St. Vincent melakukan pendekatan musik dengan cara yang inovatif dan berani. Musiknya mendobrak batasan genre, yang merupakan pola pikir yang benar-benar bisa gue relate. Band gue, X Japan tampil di Coachella Festival pada tahun 2018 (yang waktunya) bersamaan dengan penampilan konser St. Vincent (di Coachella), tetapi pada saat itu kami nggak bertemu. Tapi tahun ini, melalui mutual friends kami, kami diperkenalkan satu sama lain. Berkenaan dengan ‘New York’, ini adalah lagu yang bagus untuk memulai, dan gue bersyukur doi memercayai gue untuk mengaransir ulang lagu ini sepenuhnya dengan pendekatan klasikal gue. Gue berharap fans St. Vincent menikmatinya, dan fans gue juga”.

Sebelumnya, pada awal-awal selama pandemi, St Vincent menampilkan versi akustik lagu ‘New York’ untuk BAM Virtual Gala. Doi juga meluncurkan podcast, menyumbangkan lagu tersebut sebagai lagu utama untuk serial Netflix-nya Damien Chazelle, The Eddy, serta membagikan video lagu cover ‘Stairway to Heaven’ dan ‘Forty Six & 2’ dari Tool, dan hal itu lantas menjadi petunjuk untuk sang dramer X Japan tentang ide kolaborasi mereka. Sementara itu, X-Japan telah melepas teaser album baru yang bakal menjadi album pertama mereka sejak bertahun-tahun lalu terakhir merilis album Dahlia (1996). Dan gosipnya, X-Japan bakal berkolaborasi dengan Marilyn Manson. Kita tunggu saja nanti.

Silakan mendengarkan lagu ‘New York’ mbak St. Vincent dengan sentuhan Om Yoshiki.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Deathgasm

    Studi Baru: Selera Musik Bisa Menentukan Kepribadian Seseorang

    Adegan ikonik film "Deathgasm" (2015). Artikel ini cukup menarik, terutama bagi lo yang sedang mencari pasangan tambatan hati alias pacar. Atau bahkan jodoh

    on Apr 6, 2021
    Tony Iommi

    Tony Iommi Beda Pendapat Dengan Gene Simmons Soal "Rock Is Dead"

    Tony Iommi. (Foto: Future / Olly Curtis). Selama bertahun-tahun, Gene Simmons dari KISS telah menyuarakan pendapatnya - dalam beberapa kesempatan berbeda -

    on Apr 2, 2021
    Yoshiki X-Japan

    Yoshiki (X-Japan) Beri Hibah Tahunan Rp 1,4 M Inisiatif Kesehatan Ment...

    Yoshiki donasikan MusiCares sebesar US$100,000. (Foto: Yoshiki). Yoshiki, pentolan legenda heavy metal X-Japan, telah memberikan pengumuman penting. Bahwa d

    on Apr 1, 2021
    Gojira

    Gojira Rilis Single 'Amazonia' Sambil Galang Dana Untuk Suku Amazon

    Gojira. (Foto: Gabrielle Duplantier). Gojira telah meluncurkan single baru berjudul 'Amazonia' beserta video musiknya menjelang album mendatang mereka, Fort

    on Mar 27, 2021