×
×

Search in Mata Mata Musik

Lagu ‘Truth Hurts’ Milik Lizzo Kena Tuntut Hak Cipta Oleh 3 Penulis Lagu

Posted on: 03/2/20 at 1:45 pm

Lizzo Digugat oleh Penulis Lagu. (Foto: Instagram.com/@Lizzobeeating).

Tiga penulis lagu telah mengajukan sebuah gugatan balik terhadap sang popstar baru, Lizzo, di pengadilan federal pada hari Jumat lalu (28 Februari 2020), dengan menuduh bahwa mereka telah ditolak atas kontribusi mereka dalam menulis lagu hit besarnya, ‘Truth Hurts’.

Lizzo juga telah menggugat para penulis lagu itu, sang duo bersaudara Justin dan Jeremiah Raisen, serta Justin “Yves” Rothman pada Oktober lalu, dengan mencari pembuktian bahwa mereka tidak pantas mendapatkan pengakuan untuk lagu tersebut.

Pada hari Jumat lalu, ketiga penulis lagu itu membalas, menuduh bahwa ‘Truth Hurts’ secara substansial mirip dengan lagu ‘Healthy’, sebuah lagu yang mereka buat bersama dengan Lizzo beberapa bulan sebelumnya.

Baca juga: Lizzo Hadiri Acara Super Bowl 2020 Bersama Pria Terkaya Di Dunia, Jeff Bezos

“Lizzo adalah seorang musisi dan performer berbakat yang saat ini sedang menikmati popularitas yang luar biasa berkat lagu hit yang dia tidak tulis sendiri,” kata pengacara mereka, Lawrence Iser, dalam sebuah pernyataan.

“Gugatan balasan yang kami ajukan hari ini meminta penilaian dari pengadilan bahwa lagu yang sekarang disebut ‘Truth Hurts’ berasal dari studio rekaman rumah Justin Raisen dari kolaborasi antara klien kami, Justin dan Jeremiah Raisen dan Yves Rothman, bersama dengan Lizzo dan Jesse Saint John. Ketika kasus ini berlanjut ke persidangan, kami berharap dapat berbagi rekaman suara, video, foto, dan musikologi yang 100% membuktikan keberadaan kolaborasi itu. Klien kami layak mendapatkan bagian keuntungan yang adil dari pengakuan dan pendapatan yang berasal dari berkolaborasi dalam lagu hit tersebut”.

Menurut gugatan itu, seorang ahli musik menemukan ‘elemen lirik dan musik yang sangat mirip’ dalam kedua lagu itu. Kedua lagu dibuka dengan baris kalimat yang sekarang terkenal: “ I just did a DNA test / turns out I’m a 100% that bitch“. Lagu ‘Healthy’ itu berlanjut, “even when I’m holistic,” sedangkan dalam lagu ‘Truth Hurts’, baris berikutnya adalah “even when I’m crying crazy“. Gugatan itu berpendapat bahwa ada kesamaan musik lainnya juga, dalam penggunaan instrumen piano, ‘vamping’-nya Lizzo, dan dalam struktur keseluruhan bagian chorus dan verse-nya.

Dalam keluhan sebelumnya, pengacara Lizzo mengatakan bahwa duo Raisens bersaudara sebelumnya memberikan pengabaian tertulis atas hak apa pun atas lagu tersebut.

Baca juga: Lizzo Akan Konser ‘Gratis’ Di Fillmore Miami Beach Menjelang Super Bowl 2020

Ketika kontroversi itu pertama kali menjadi publik, Lizzo memposting di media sosial: “Orang-orang yang sekarang mengklaim sepotong keuntungan dari ‘Truth Hurts’ tidak membantu saya menulis bagian mana pun dari lagu tersebut. Mereka tidak ada hubungannya dengan baris kalimat atau bagaimana saya memilih untuk menyanyikannya. Tidak ada seorang pun di ruangan itu ketika saya menulis ‘Truth Hurts,’ kecuali saya, Ricky Reed dan air mata saya”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Live Stream

Lizzo, Miley Cyrus Dan Banyak Artis Lainnya Hibur Dunia Dengan Live St...

Miley Cyrus (Foto: Instagram.com/@Mileycyrus). John Legend dan Chrissy Teigen Ketika kita sedang menyesuaikan diri dengan masa karantina dan social dista

on Mar 22, 2020
LIZZO & JEFF BEZOS

Lizzo Hadiri Acara Super Bowl 2020 Bersama Pria Terkaya Di Dunia, Jeff...

Lizzo (Foto: Emma McIntyre/GettyImages) dan Jeff Bezos (Foto: Phillip Faraone/GettyImages) Sang CEO dari perusahaan raksasa e-commerce Amazon, Jeff Bezos, d

on Feb 4, 2020
Lizzo 2020

Lizzo Akan Konser 'Gratis' Di Fillmore Miami Beach Menjelang S...

Lizzo (Foto: Don Arnold/Getty mages) Pendatang baru musik pop, Lizzo, membawa keberanian dan keindahan ekspresinya kembali ke Florida Selatan, bergabung den

on Jan 14, 2020
Lizzo

Lizzo: Ngaca Dulu Sebelum Mengkritik Saya

Musisi pop, Lizzo, menghadirkan penampilan yang luar biasa pada episode terakhir Saturday Night Live untuk tahun ini dan punya segudang hal menarik untuk dinan

on Dec 24, 2019