×
×

Search in Mata Mata Musik

Lamb of God Bicara Pandangan Politik Dan Album Baru Yang Akan Dirilis 8 Mei

Posted on: 03/18/20 at 6:03 am

Lamb of God, 2020.
Lamb of God formasi terkini (Foto: Nuclear Blast).

Randy Blythe, vokalis Lamb Of God angkat bicara soal pandangan politik yang disinyalir mempengaruhi dalam album terbarunya nanti. Bahkan single terbarunya berjudul ‘Checkmate’ yang dirilis Februari lalu disebut sebagai sebuah kritikan terhadap Donald Trump.

Sejak Donald Trump terpilih menjadi presiden, Randy selalu mengritiknya di wawancara, media sosial bahkan di atas panggung. Namun dia merasa ada hal yang sia-sia jika mengaitkan kritikan dalam sebuah lagu atau album.

Baca juga: Skakmat! Lamb Of God Merilis Video Singel Baru Bersama Dramer Baru!

“Untuk menulis lagu untuk memukul Donald Trump akan menjadi agak sia-sia, karena situasi dengan presiden kita selalu berubah, dan kenyataan telah menjadi begitu subyektif dan surealis,” ujarnya seperti dikutip dari Billboard.

“Checkmate bukan tentang Partai Republik. Ini tentang bagaimana kedua partai politik saat ini adalah dua sisi dari mata uang yang sama, yang sangat merusak dan mengganggu demokrasi,” imbuhnya.

Dengan pernyataan Randy bisa dibilang wacana album kedelapan yang disebut penuh dengan kritikan terhadap Donald Trump menjadi langkah jelas bahwa itu tidak akan terjadi.

Selama 20 tahun sekarang, Lamb of God telah berkembang pesat melewati yang dapat diprediksi. Pada pertengahan tahun 90-an, ketika band ini ditahbiskan sebagai band heavy metal Amerika-gelombang baru (New Wave of American Heavy Metal) bersama Mastodon, Killswitch Engage dan Shadows Fall, Lamb of God menekankan akar thrash metal dan hardcore.

Ketika penggemar mematok Randy Blythe sebagai screamer dan growler, dia secara bertahap memasukkan vokal clean ke dalam performanya. Pada 2012, dia mencoba lebih melodius pada Insurrection, dan dia melangkah lebih jauh pada Overlord (2015) dan EP The Duke (2016). Dua yang terakhir dirilis selama siklus menjelang album VII 2015: Sturm und Drang, di mana band ini mendorong eksperimen musikalnya lebih jauh.

“Kami tidak pernah melakukan apa pun dengan gagasan tentang apa yang kami inginkan itu terdengar. Yang kami tahu adalah kami ingin terus mengejutkan diri sendiri dan melakukan hal-hal yang kami sukai. Itu menggairahkan kami karena kami yang harus memutar lagu berulang-ulang,” ujar Mike Morton, gitaris Lamb of God.

Di album kedelapan ini Lamb of God menampilkan Art Crus, eks-Winds of Plague untuk menggatikan posisi Chris Adler di posisi dram. Art Cruz muncul di saat yang tepat ketika Chris Adler eluar karena perbedaan kreatif dan personal saat mereka harus mendukung tur perpisahan Slayer.

Untuk membuat tenggat waktu untuk rilis album 2020, Lamb of God harus menulis dan merekam dalam serangkaian sesi selama seminggu yang tersebar satu atau dua bulan terpisah. Terlepas dari tantangan, penulis lagu utama Mike Morton dan Willie Adler dengan cepat “mengaduk-aduk” materi lagu.

Menulis dan merekam dalam potongan pendek bisa menjadi resep suatu bencana, tetapi Lamb of God berkembang. Setiap kali kembali ke studio, mereka dapat memeriksa kembali apa yang telah dilakukan sebelumnya dan membuat perubahan yang sesuai. Dan karena berbulan-bulan antar sesi, tidak pernah bosan dengan materi lagunya.

Baca juga: Bersama Dramer Baru, Album Baru Lamb Of God Segera Rilis Tahun Ini!

“Membuat album adalah hal yang sangat fisikal bagi saya. Saya membakar leher saya karena saya harus memiliki headphone yang keras untuk mendapatkan getaran yang saya butuhkan. Studio itu hanya membuatku hancur berkeping-keping, dan berada di sana menjadi keseluruhan keberadaanku. Musiknya marah, jadi saya marah. Dan saya tidak suka marah dan tertekan sepanjang waktu,” ujarnya.

Album penuh kedelapan dari Lamb of God berjudul sama Lamb of God akan rilis pada 8 Mei 2020 via Nuclear Blast Records. Dan rencana untur tur album di Eropa bersama Kreator dan Power Trip harus ditunda karena wabah virus Corona.

Penerjemah: Fajar Nugroho
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Protokol Baru Industri Musik

Protokol Baru Industri Musik: Moshing Dilarang Dalam Konser! Randy Bly...

Fans saat asyik crowd surfing di festival Warped Tour di Merriweather Post Pavilion, Columbia, Amerika Serikat. (Foto: Josh Sisk/The Washington Post). Banya

on May 14, 2020
Lamb Of God

Jadwal Rilis Album Baru Lamb Of God Terpaksa Diundur Demi Situasi Kond...

Lamb Of God, 2020. (Foto: Nuclear Blast). Padahal hanya menunggu sekitar dua minggu sejak diumumkannya berita keputusan ini, seharusnya album baru Lamb Of G

on Apr 22, 2020
Film Dokumenter

10 Film Dokumenter Musik Revolusioner Yang Oke Ditonton Selama Social ...

Jimi (The Upstairs), Randy (Lamb Of God), Gaahl (Gorgoroth). (Foto: Kolase). Selama masa pandemi Covid-19 alias virus Corona dengan mengkarantina diri #diru

on Apr 2, 2020
LAMB OF GOD, 2020

Skakmat! Lamb Of God Merilis Video Singel Baru Bersama Dramer Baru!

Lamb Of God, 2020 (Foto: Travis Shinn) Tonton video singel baru Lamb Of God yang berjudul Checkmate - musik baru pertama mereka dalam lima tahun - diambil d

on Feb 8, 2020