×
×

Search in Mata Mata Musik

Langkah BTS Rilis Ulang “Make It Right” Sangat Cerdas, Ini Alasannya

Posted on: 10/30/19 at 9:00 am

BTS kembali memasuki tangga lagu di sejumlah negara minggu ini dengan remix lagu mereka “Make It Right,” yang awalnya dirilis pada bulan April.

Baca juga: BTS Diam-Diam Selipkan Petunjuk Comeback di Konser Final? 

Pada 18 Oktober, BTS merilis ulang lagu yang populer dari album mereka yang keluar tahun ini dengan menambahkan satu verse baru dari Lauv, menjadikan lagu tersebut kolaborasi bilingual—taktik yang menjadi andalan grup ini untuk menorehkan pencapaian baru. 

Tapi yang banyak orang mungkin tidak sadari, perilisan ulang ini bukan hanya untuk menghibur fans atau sekadar seru-seruan, ini adalah langkah yang sangat cerdas untuk semua yang terlibat, khususnya BTS, bahkan jika ini bertentangan dengan cara biasa mereka melakukan sesuatu.

Biasanya, BTS mempromosikan satu lagu dari setiap proyek sebagai single yang ditonjolkan, dan lagu itu mendapat perhatian terbanyak dalam hal promosi radio, pemasaran online dan anggaran untuk hal-hal seperti video musik dan penampilan di publik berskala besar. 

Lagu-lagu ini biasanya dirilis pada waktu yang sama, atau sekitar waktu perilisan album/EP. Setelah beberapa bulan, saat popularitas lagu mereda, ketujuh cowok berbakat ini sering kali sudah siap dengan musik baru, dan siklus ini pun kembali berputar. 

Baca juga: BTS Konfirmasi Album Baru, ARMY Prediksi Rilis Tahun Depan

BTS melakukan sesuatu yang berbeda dengan “Make It Right,” karena lagu ‘baru’ ini hadir enam bulan setelah album di mana lagu ini awalnya ditampilkan, Map of the Soul: Persona, debut di No. 1 Billboard 200, menjadi album ketiga mereka yang memuncaki daftar. Antusiasme publik terhadap album itu sebagian besar telah menurun, dan album itu belum lama ini mengalami penurunan peringkat. 

Namun, benar saja. Saat Billboard 200 diperbarui pada 29 Oktober kemarin, Map of the Soul: Persona kembali naik ke No. 2, sebagian besar berkat kesuksesan “Make It Right,” yang juga berhasil menembus Hot 100 di No. 76. 

“Make It Right” membuat orang tetap tertarik dengan Map of the Soul: Persona, mungkin untuk beberapa minggu lagi. Bahkan jika album itu kembali menghilang dalam beberapa minggu, perilisan ulang ini sudah memenuhi ‘tugasnya’ dan bahkan mungkin berkesempatan menjadi lagu hit lainnya untuk BTS. 

Melihat jadwal rilis BTS biasanya, mereka saat ini dipastikan sudah bersiap meluncurkan album baru, tetapi mereka mungkin belum siap untuk memulai era baru. Septet ini baru-baru ini mengambil jeda yang cukup singkat, dan mereka sekarang sibuk mengerjakan proyek berikutnya. 

Perilisan ulang ini memberi mereka lebih banyak waktu untuk menciptakan mahakarya K-pop lainnya, bikin ARMY bahagia, memberi mereka setidaknya banyak jumlah streams dan penjualan, dan membuat mereka tetap menjadi bahan perbincangan. 

Baca juga: BTS dan Lauv Daratkan Remix “Make It Right”!

Di saat grup K-pop lainnya belum lama ini menyamai salah satu prestasi BTS dalam chart di AS (SuperM debut di No. 1 Billboard 200 lewat rilisan perdana mereka, menjadi grup kedua dari genre ini dengan pencapaian tersebut), sangat cerdas bagi BTS melakukan sesuatu untuk mengingatkan semua orang betapa populernya mereka, bahkan ketika mereka relatif anteng saat ini.

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lady Gaga

    Lady Gaga Rilis "Dawn Of Chromatica" Yang Sarat Gebrakan Baru

    Sampul album terbaru Dawn Of Chromatica Hari ini adalah hari yang spesial bagi Lady Gaga karena secara resmi album versi remix Chromatica dirilis. Versi rem

    on Sep 4, 2021
    Musisi Terkaya Tahun 2020

    40 Urutan Peringkat Musisi Terkaya Tahun 2020 Versi Billboard AS

    Billboard kembali dengan daftar tahunan Money Makers alias "Pencetak Uang" yang terdiri dari 40 artis musisi terkaya tahun 2020. Uang yang diraih dari berb

    on Jul 21, 2021
    Alicia Keys

    Alicia Keys Rayakan 2 Dekade Album Titik Balik Suksesnya Secara Perfec...

    Alicia Keys (Foto: Milan Zrnic). Alicia Keys menemukan cara sempurna untuk merayakan ulang tahun ke-20 Songs in A Minor. Album debutnya yang menjadikannya s

    on May 19, 2021
    Hybe

    HYBE Masuk Daftar 100 Perusahaan Paling Berpengaruh Di Dunia

    Perusahaan hiburan dan gaya hidup HYBE masuk dalam daftar 100 perusahaan yang paling berpengaruh versi majalah TIME. Dalam jajarannya juga terdapat sejumla

    on May 5, 2021