×
×

Search in Mata Mata Musik

'Last Christmas' Bawa George Michael Debut di Hot 100 Songwriters

Posted on: 12/12/19 at 7:26 pm

Mendiang George Michael debut di No. 8 tangga lagu Hot 100 Songwriters Billboard (tertanggal 14 Desember), berkat popularitas abadi lagu Natal klasik Wham! ‘Last Christmas’.

Lagu ini – yang ditulis dan diproduseri Michael sebagai bagian dari Wham! – melesat dari No. 46 ke No. 27 di daftar Billboard Hot 100 terbaru, semakin mendekati peringkat No. 25 yang diperoleh pada musim Natal tahun lalu.

Di kategori Streaming Songs, lagu ini naik dari posisi No. 49 ke No. 25, dengan peraihan jumlah streams yang meningkat 43 persen menjadi 18,1 juta streams di AS pada minggu yang berakhir tanggal 5 Desember, menurut Nielsen Music.

Baca juga: Mash-up Lagu Mariah Carey & Marilyn Manson Lengkapi Suasana Natal

‘Last Christmas’ pertama kali dirilis pada tahun 1984 (meskipun baru menembus daftar Hot 100 di 2016) dan sejak itu telah di-cover oleh berbagai artis mulai dari pemeran Glee hingga Ariana Grande, Taylor Swift dan banyak lainnya. George Michael meninggal dunia pada hari Natal tahun 2016 dalam usia 53 tahun.

Tangga lagu mingguan Hot 100 Songwriters dan Hot 100 Producers disusun berdasarkan total poin yang diperoleh oleh masing-masing penulis lagu dan produser untuk setiap lagu mereka yang muncul di Hot 100. Selain itu, tangga lagu untuk penulis lagu dan produser berbasis genre mengikuti metodologi yang sama berdasarkan tangga lagu genre yang diawali dengan kata “Hot”. 

Sama halnya dengan rekap tahunan Billboard, beberapa penulis atau produser berbagi poin untuk setiap lagu secara merata (dan pembagian poin kadang bisa memberikan hasil seri).

Baca juga: Kanye West Pimpin Opera Bertema Natal di Miami Bertajuk Mary

Mendiang musisi legendaris lainnya, Johnny Marks, memuncaki Hot 100 Songwriters untuk minggu kedua berturut-turut, berkat tiga lagu musimannya di Hot 100. ‘Rockin’ Around the Christmas Tree’ dari Brenda Lee naik 21 peringkat ke No. 8, mencatatkan peringkat tertingginya; Burl Ives meroket dari No. 48 ke No. 18 dengan ‘A Holly Jolly Christmas’; dan Gene Autry kembali memasuki tangga lagu dengan ‘Rudolph the Red-Nosed Reindeer’ di No. 44.

Menariknya, Marks adalah satu-satunya penulis yang tercantum di ketiga lagu. Ini membantu meningkatkan posisinya di Hot 100 Songwriters, karena ia tidak perlu berbagi poin di tangga lagu.

Sementara itu, Finneas terus merajai tangga lagu Hot 100 Producers untuk minggu keenam berturut-turut, berkat tiga entri di Hot 100 yang dibawakan oleh adiknya, Billie Eilish, dan diproduserinya sendiri. ‘Bad Guy’ yang sempat memuncaki Hot 100, kini memimpin di No. 21, disusul dengan ‘Everything I Wanted’ (No. 25) dan ‘All the Good Girls Go to Hell’ (No. 79).

Finneas dan Billie menulis bersama ketiga lagu itu, membuat mereka seri di peringkat No. 2 Hot 100 Songwriters.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

20 Lagu Cover Billie Eilish 'Bad Guy' Terbaik

Dooh! 20 Lagu Cover Billie Eilish 'Bad Guy' Paling 'Swag' Dengan Varia...

Billie Eilish 'Infinite Bad Guy' press photo. MV (Music Video) 'Bad Guy' Billie Eilish telah mencapai 1 miliar views alias penayangan di YouTube, dan untuk

on Nov 24, 2020
Billie Eilish

Performa Live Billie Eilish 'Therefore I Am' Di American Music Awards ...

FINNEAS dan Billie Eilish beraksi di American Music Awards 2020. Awal bulan November ini, Billie Eilish merilis single terbarunya, 'Therefore I Am'. Mega po

on Nov 23, 2020
BTS

BTS Toreh Sejarah Baru Dengan Menempati 2 Posisi Teratas Chart Billboa...

Selama tahun 2020 ini BTS memang sedang panen-panennya memecahkan rekor baru, dan setelah konser 2 hari mereka yang bertajuk Map of the Soul ON:E berjalan

on Oct 13, 2020
Billie Eilish

Fender Rilis Ukulele Seri Signature Billie Eilish, Kenapa Ukulele Ya?

Billie Eilish memegang ukulelenya di samping anjingnya, Shark. (Foto: Matty Vogel). Setiap bintang besar dimulai dari yang kecil, dan itu lebih berlaku untu

on Sep 9, 2020