×
×

Search in Mata Mata Musik

Led Zeppelin Menangkan Hak Cipta Bagian Riff Lagu 'Stairway To Heaven'

Posted on: 03/10/20 at 9:00 am

John Paul Jones, Robert Plant, Jimmy Page (Foto: Instagram.com/@ledzeppelin).

Band rock legendaris Led Zeppelin telah memenangkan sengketa hak cipta yang telah berjalan dari dulu setelah pengadilan banding Amerika Serikat (AS) memutuskan bahwa mereka tidak mencuri bagian riff pembuka pada lagu ikonis mereka, ‘Stairway To Heaven’.

Baca juga: Facebook Cabut Larangan Sampul Houses of the Holy Led Zeppelin

Para legenda rock asal Inggris ini dituduh menyontek lagu berjudul ‘Taurus’ oleh band asal AS, Spirit, pada tahun 2014 lalu. ‘Taurus’ ditulis pada tahun 1968, tiga tahun sebelum ‘Stairway To Heaven’ tercipta. Sekarang, Pengadilan Banding Sirkuit AS yang ke-9 di San Francisco telah menguatkan keputusan pengadilan tahun 2016 yang menyatakan bahwa Led Zeppelin tidak menyalin lagu tersebut.

‘Stairway To Heaven’ secara konsisten telah muncul di daftar lagu-lagu rock terbesar yang pernah ditulis, dan kasus ini telah menjadi salah satu perselisihan industri musik yang telah berjalan lama dan diawasi dengan ketat.

Para penulis lagu ‘Stairway To Heaven’, sang pentolan Led Zeppelin Robert Plant dan sang gitaris Jimmy Page, bisa saja menghadapi tagihan ganti rugi sebesar jutaan dolar jika mereka kalah dalam kasus tersebut. Lagu milik band Spirit ‘Taurus’ ditulis oleh sang gitaris band, Randy Wolfe, yang dikenal sebagai Randy California, yang telah meninggal pada tahun 1997 lalu. Kasus ini dibawa oleh Michael Skidmore, seorang wakil dari properti miliknya.

Led Zeppelin dan Spirit dulu pernah bermain live bareng setelah ‘Taurus’ ditulis, dan Michael Skidmore menyarankan bahwa Jimmy Page mungkin menulis bagian riff-nya setelah mendengar lagu ‘Taurus’ secara live. Dia mengklaim lagu-lagu itu memiliki pola nada yang mirip. Kasus ini dibawa ke pengadilan tingkat tinggi pada tahun 2016, di mana Jimmy Page dan Robert Plant menyediakan bukti atas pembelaan mereka. Juri menolak klaim Skidmore pada waktu itu, dan memutuskan bahwa kedua lagu itu “secara intrinsik tidak serupa”.

Namun, pada tahun 2018 lalu, Pengadilan Banding Sirkuit AS yang ke-9 memutuskan bahwa hakim pengadilan telah melakukan serangkaian kesalahan dan memerintahkan sidang baru.

Baca juga: Kerennya Led Zeppelin di Mata George Harrison

Pada hari Senin kemarin (9 Maret), sebuah panel yang berisi 11 hakim mengungkapkan keputusan mereka (9 banding 2) bahwa ‘Stairway To Heaven’ tidak melanggar hak cipta lagu ‘Taurus’ milik Spirit.

Dengarkan ‘Stairway To Heaven’ dan ‘Taurus’ di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Led Zeppelin

Tonton Konser Reuni Led Zeppelin ‘Celebration Day’ di YouTube Resm...

Led Zeppelin konser reuni, 2007. (Foto: Kevin-Westenberg-cMythgem-Ltd). Celebration Day, film konser yang menangkap momen reuni satu-satunya dari salah satu

on May 28, 2020
Led Zeppelin, 1969.

Artwork Asli Dari Cover Album Debut Led Zeppelin Akan Dilelang

Led Zeppelin (Jimmy Page, John Bonham, John Paul Jones, Robert Plant) circa 1969. (Foto: WireImage/Getty Images). Artwork asli dari cover album debut self-t

on May 10, 2020
Band Rock Metal

18 Band Rock & Metal Yang Stabil: Nggak Pernah Ganti Formasi Selama Ka...

Foto: Mark Tremonti, Tom Morello. Bagi kamu yang pernah main band serius, atau hanya sebagai pengamat musik, umumnya punya pemikiran sama. Bahwa sepertinya

on May 4, 2020
Led Zeppelin

Kerennya Led Zeppelin di Mata George Harrison

Tahun 1973, tidak ada band yang lebih besar daripada Led Zeppelin. Buat kalian yang masih ragu, band ini memecahkan rekor jumlah penonton konser yang dicetak T

on Nov 20, 2019