×
×

Search in Mata Mata Musik

Led Zeppelin Rayakan 50 Tahun Via Film Dokumenter Resmi Pertamanya

Posted on: 08/2/21 at 2:00 pm

Rayakan 50 Tahun, "Becoming Led Zeppelin" Film Dokumenter Resmi Pertama
Led Zeppelin circa 1971 (Foto: Jim Marshall).

Led Zeppelin merayakan ulang tahun ke-50 dengan sebuah film dokumenter terlisensi resmi untuk pertama kalinya. Penggarapan film dokumenter Led Zeppelin resmi ini pun dilaporkan telah selesai. Film ini diberi judul Becoming Led Zeppelin.

Baca juga: Rock Sudah Mati? Kecuali BTS, 10 Best Selling Album 2021 Adalah Rock!

Dilansir dari Variety, film dokumenter yang disutradarai Bernard MacMahon itu akan memberikan “akses yang belum pernah terjadi sebelumnya” ke sang raksasa rock 1970-an. Film ini pertama kali diumumkan pada tahun 2019 dan merupakan film dokumenter tradisional resmi pertama tentang band rock legendaris.

Becoming Led Zeppelin adalah film yang tidak seorang pun berpikir bisa dibuat,” kata MacMahon. “Kenaikan yang meroket band ini menjadi bintang sangat cepat dan hampir tidak terdokumentasi. Melalui pencarian intensif di seluruh dunia dan bertahun-tahun pemulihan arsip visual dan audio yang ditemukan, kisah ini akhirnya dapat diceritakan”.

Kiprah Awal Sang Legenda Rock Dunia

Rentetan dokumentasi Led Zeppelin sebelumnya terdapat dalam film konser rilisan tahun 1976 mereka, The Song Remains the Same. Film ini menampilkan momen di belakang layar dengan para anggota band. Dan sebagian besar berpusat pada serangkaian konser di Madison Square Garden, New York City. Sementara film garapan MacMahon akan menceritakan kiprah awal band kebangsaan Inggris ini.

Tanggal rilis masih belum ditetapkan oleh perwakilan film dari Altitude Film Sales dan Submarine Entertainment, meskipun beberapa detail telah diketahui.

Film ini menampilkan wawancara baru dengan gitaris Jimmy Page, vokalis Robert Plant, dan bassis John Paul Jones, serta wawancara arsip dengan mendiang John Bonham, yang meninggal pada tahun 1980. Film dokumenter ini dibangun oleh banyak rekaman dan foto arsip yang belum pernah dilihat sebelumnya. Seperti transferan audio berkualitas dari lagu-lagu Led Zeppelin.

Deskripsi resmi dari siaran pers awalnya berbunyi sebagai berikut. “Film dokumenter ini menelusuri perjalanan empat anggota band melalui dunia musik tahun 1960-an. Pertemuan mereka di musim panas 1968 untuk latihan yang akan mengubah masa depan rock. Dan memuncak pada tahun 1970 ketika album kedua mereka menjatuhkan The Beatles dari puncak tangga lagu dan mereka menjadi band nomor satu di dunia”.

Komentar Para Anggota Led Zeppelin

Anggota Led Zeppelin mengutip karya Bernard MacMahon di film dokumenter American Epic, sebuah kronikel tentang musik akar yang direkam pada 1920-an, sebagai alasan mereka memilih MacMahon untuk memimpin produksi film tersebut.

“Ketika saya melihat semua yang telah dilakukan Bernard baik secara visual maupun sonik pada pencapaiannya yang luar biasa yaitu American Epic, saya tahu dia akan memenuhi syarat untuk menceritakan kisah kami,” kata Jimmy Page setelah pengumuman awal film dokumenter Led Zeppelin.

Robert Plant menambahkan, “Melihat Will Shade, dan begitu banyak musisi Amerika awal yang penting lainnya, dihidupkan di layar lebar di American Epic mengilhami saya untuk berkontribusi pada cerita yang sangat menarik dan mengasyikkan”.

Dan John Paul Jones menimpali, “Waktunya tepat bagi kami untuk menceritakan kisah kami sendiri untuk pertama kalinya dengan kata-kata kami sendiri, dan menurut saya film ini akan benar-benar menghidupkan kisah itu”.

Baca juga: Nikki Sixx Siap Rilis Buku Memoar Baru Kehidupan ‘Pra-Rockstar’nya

Nantikan pembaruan lebih lanjut tentang film dokumenter Becoming Led Zeppelin setelah detail lebih lanjutnya diungkapkan. Tetap di MataMata Musik!

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Tom Morello

    Tom Morello & Bring Me The Horizon Party Bareng Di Lagu Yang 'PECAH'

    Foto: dok. artis. Tom Morello, penggemar rock siapa yang tidak mengenal gitaris ini. Gitaris sekaligus ikon rock pemenang dua penghargaan Grammy ini baru sa

    on Sep 23, 2021
    John 5

    John 5 Rilis Single Baru Fitur Dave Mustaine Dari Album Solo Mendatang

    John 5 (Foto: Matt Wilson), Dave Mustaine (Foto: David Brendan Hall). John 5 baru saja mengumumkan album solo barunya, Sinner, yang jadwal rilisnya bertepat

    on Sep 19, 2021
    Gene Simmons

    Gene Simmons Ungkap Siapa Pihak Yang Mematikan Industri Musik

    Gene Simmons KISS (Foto: Instagram @genesimmons). Gene Simmons, pencabik bass band hard rock legendaris, KISS, baru-baru ini kembali membuat suatu pernyataa

    on Sep 4, 2021
    DLR & NS

    David Lee Roth Menolak Ajakan Motley Crue Bergabung Di Stadium Tour

    David Lee Roth / Nikki Sixx (Foto: Philip Cosores). Stadium Tour adalah rangkaian tur yang disiasati pertama kali oleh band hard rock legendaris dari Inggri

    on Sep 1, 2021