×
×

Search in Mata Mata Musik

Legenda Hip-Hop Salah Satu Pendiri The Roots, Malik B., Meninggal Dunia

Posted on: 07/30/20 at 7:00 am

Legenda Hip-Hop Salah Satu Pendiri The Roots, Malik B., Meninggal Dunia
Malik B. (The Roots).

Malik B., legenda Hip-Hop asal Philadelphia, Amerika Serikat (AS) yang merupakan salah satu anggota pendiri band The Roots, telah meninggal pada usia 47 tahun.

Sebagaimana yang dilaporkan oleh EW, sepupu dari Malik B., Don Champion, pertama kali mengumumkan berita kematiannya di Twitter. Penyebab kematian musisi itu tidak diungkapkan.

The Roots sendiri kemudian mengkonfirmasi berita itu di akun Instagram mereka, dengan menulis, “Dengan hati yang berat dan mata yang berlinang air mata, kami dengan berat hati memberi tahu kalian tentang kematian saudara kami yang tercinta dan anggota lama The Roots, Malik Abdul Baset”.

“Semoga dia dikenang karena pengabdiannya pada (agama) Islam, cinta persaudaraannya yang penuh kasih dan inovasinya sebagai salah satu MC paling berbakat sepanjang masa,” tulis kelompok hip-hop legendaris itu pada pernyataan mereka.

Malik B. mendirikan The Roots bersama Ahmir “Questlove” Thompson dan Tariq “Black Thought” Trotter pada tahun 1987, dan muncul di empat album studio pertama band itu sebelum berpisah pada tahun 1999 untuk mengejar karier solo. Rapper itu kemudian bersatu kembali dengan The Roots pada album tahun 2006 mereka, Game Theory dan album lanjutannya pada tahun 2008, Rising Down.

Black Thought memposting pesan tribute tulusnya sendiri ke Instagram, dengan menulis, “Kami membuat nama dan mengukir jalur kami bersama ketika tidak ada jalur untuk dibuat. Kami membangkitkan sebuah kota dari abu, meletakkannya di punggung kami dan menyebutnya Illadelph”.

“Dalam persaingan yang bersahabat dengan lo sejak hari pertama, gue selalu merasa seolah-olah gue hanya memiliki sebagian kecil dari bakat dan potensi sejati lo,” tambah Black Thought. “Baja lo menajamkan baja gue ketika gue melihat lo membuat irama dari langit dan membebaskan mereka ke alam semesta untuk menjadi hukum puitis, menjadikan bahasa Inggris yang mendominasi lo. Gue selalu ingin mengubah lo, untuk entah bagaimana mencerdaskan pandangan lo dan membuat lo melihat bahwa ada lebih banyak pilihan daripada kehidupan di jalanan, hanya untuk menyadari bahwa lo dan jalanan itu adalah satu… dan nggak ada cara untuk memisahkan seorang pria dari dirinya yang sebenarnya”.

Di luar karyanya dengan The Roots, Malik B. merilis sepasang album solo, termasuk Unpredictable bersama Mr. Green pada tahun 2015, dan merupakan anggota kolektif rap asal Philadelphia bernama Beard Gang bersama rapper Freeway.

Dengarkan beberapa lagu The Roots yang menampilkan Malik B. di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    DMX

    Kembali Ke Def Jam, Album Final DMX "Exodus" Dirilis Secara Anumerta

    DMX (Foto: John Lamparski/Getty Images). Delapan belas tahun setelah rilisan terakhirnya di Def Jam Recordings. Sembilan tahun setelah album studio terakhir

    on May 13, 2021
    J. Cole

    J. Cole Dikontrak Rwanda Patriots Main Di Liga Bola Basket Afrika

    J. Cole bersama pelatih NBA Chris Joseph Brickley (Foto: via Instagram/cbrickley603). J. Cole telah lama mengejar impiannya sebagai atlit bola basket dengan

    on May 11, 2021
    Pop-Punk

    Pop-Punk Kembali Berjaya Berkat 'Crossover' Hip Hop & Aksi Viral TikTo...

    Pop-punk sepak terjangnya mengalami lonjakan selama setahun terakhir dan kemungkinan seterusnya. Terbukti subgenre punk rock ini kembali merayap ke banyak

    on May 10, 2021
    Polo G

    Polo G, Raja Rap Baru Yang Kuasai Billboard Hot 100 Via 'Rapstar'

    Polo G. (Foto: Daniel Prakopcyk). Polo G sedang ramai diperbincangkan. Rapper muda ini debut di peringkat 1 tangga lagu tertinggi Billboard Hot 100 lewat la

    on Apr 23, 2021