×
×

Search in Mata Mata Musik

Leslie West, Rocker Pendiri Mountain, Pelantun ‘Mississippi Queen’ Tutup Usia

Posted on: 12/23/20 at 4:00 pm

Leslie West. (Foto: via Dean Guitars).

Leslie West, vokalis merangkap gitaris legendaris dari salah satu band pionir hard rock, Mountain, meninggal dunia pada usia 75 tahun. Obituari alias berita kematiannya dikonfirmasi oleh Dean Guitars.

Baca juga: Little Richard, Sang Pionir Rock & Roll, Gurunya The Beatles Tutup Usia

“Dengan berat hati, kami berduka mendengar meninggalnya artis #Dean dan bagian dari keluarga Dean, Leslie West. Seorang legendaris dan satu-satunya. Rest In Peace,” bunyi tweet dari perusahaan gitar tersebut.

Menurut Rolling Stone, Leslie West terkena serangan jantung di rumahnya dekat Daytona, Florida, Amerika Serikat dan sejak itu nggak pernah sadar kembali.

Leslie West lahir dengan nama lengkap Leslie Weinstein di New York City pada 22 Oktober 1945. Leslie adalah pendiri Mountain pada 1969, dan sempat bubar pada 1972 dan kembali bersatu setahun kemudian hingga selama 50 tahun terakhir sisa masa hidupnya. Mountain telah mengantongi beberapa album selama lima dekade kariernya, dimulai dengan album debut tahun 1970 mereka, Climbing! yang menghasilkan lagu terkenal dari band ini, ‘Mississippi Queen’, yang sejak itu sering di-cover oleh banyak artis, termasuk Ozzy Osbourne.

Album terakhir Mountain adalah Masters of War tahun 2007, yang seluruh lagunya terdiri dari cover alias lagu-lagu ciptaan Bob Dylan dan menampilkan vokal tamu dari Ozzy Osbourne di lagu utama album tersebut.

Di antara sorotan karier Mountain lainnya adalah penampilan legendaris mereka di Woodstock Festival tahun 1969 yang menjadi salah satu titik balik kesuksesan band hard rock yang juga dianggap sebagai salah satu pengaruh cikal bakal terciptanya genre heavy metal selain Black Sabbath, Led Zeppelin, dan Deep Purple.

Sebelum merilis album debut Mountain, Lesli eWest sempat merilis album solo, berjudul Mountain, yang menampilkan single ‘Long Red’. Leslie memainkan lagu itu bersama band Mountain di Woodstock Festival dan aksi solo dram dari jeda penampilan konser mereka itu merupakan salah satu bagian musik yang paling banyak dijadikan sampel dalam musik hip-hop. Bahkan sampel itu telah digunakan di lebih dari 600 lagu, termasuk lagu oleh Eric B. & Rakim, EPMD, Jay-Z, Kanye West, Eminem, dan banyak lagi.

Pada hari-hari menjelang kematiannya, muncul laporan bahwa Leslie West dalam kondisi kesehatan yang buruk. Saudara laki-lakinya, Larry menulis di Facebook, “Hatinya menyerah dan dia menggunakan ventilator. Mungkin tidak bisa melewati malam ini”. Larry sejak itu mengonfirmasi bahwa Leslie telah tiada ke Rolling Stone.

Selama bertahun-tahun, Leslie West telah dikutip oleh puluhan musisi hard-rock dan heavy metal sebagai pengaruh utama musikalnya, termasuk mendiang Eddie Van Halen, yang pernah mengagumi nada gitar Leslie West dalam suatu wawancara dengan Rolling Stone.

Sebelum Leslie West meninggal, pentolan Twisted Sister Dee Snider men-tweet, “Jam-jam terakhir di dunia ini untuk Leslie West dari Mountain yang luar biasa. Sound dan gitarnya akan diheningkan tetapi musiknya akan hidup selamanya. Hati gue remuk, doa untuk dia dan istrinya yang luar biasa, “rock”-nya, Jenni”.

Pada 2011, kaki kanan bawah Leslie West telah diamputasi karena komplikasi penyakit diabetes.

Baru minggu lalu, vokalis Foo Fighters Dave Grohl membawakan lagu ‘Mississippi Queen’ bareng Greg Kurstin sebagai bagian dari acara penghormatan Hanukkah selama delapan malam kepada para musisi Yahudi.

Baca juga: Bassis dan Pendiri Legenda Hard Rock UFO, Pete Way Meninggal Dunia

Belasungkawa kami sampaikan kepada keluarga, teman, dan rekan band Leslie West selama masa sulit ini. Di bawah ini lo bisa tonton video penampilan klasik tahun 1970 dari Mountain membawakan lagu ‘Mississippi Queen’.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Powerslaves

    Powerslaves Rilis Versi Orisinil Lagu 'Bayang' Yang Berbahasa Inggris

    Kereta rock and roll kebanggaan kota Semarang Powerslaves belum kehabisan bahan bakar. Terus melaju, menembus batas, ruang dan waktu. Kali ini, Heydi Ibrah

    on Apr 11, 2021
    Deathgasm

    Studi Baru: Selera Musik Bisa Menentukan Kepribadian Seseorang

    Adegan ikonik film "Deathgasm" (2015). Artikel ini cukup menarik, terutama bagi lo yang sedang mencari pasangan tambatan hati alias pacar. Atau bahkan jodoh

    on Apr 6, 2021
    Sang Juara Turnamen Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik

    Sang Juara Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik

    Wahai Kaum ORI (Orang Rock Indonesia)! Akhirnya kita tiba di penghujung Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik setelah selama sebula

    on Mar 2, 2021
    Turnamen Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik Babak Final

    Babak Final: Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik

    Wahai Kaum ORI (Orang Rock Indonesia)! Selamat mendarat di Babak Final Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik! Setelah tiga hari

    on Feb 28, 2021